Skip to main content

Cara Praktis Bermain Saham Tanpa Modal Untuk Pemula

cara-praktis-bermain-saham-tanpa-modal

Mendengar kata saham pasti pikiran kita langsung mengarah pada kata investasi. Namanya juga investasi, pasti hal pertama yang terpikir adalah modal. Bagi orang yang belum pernah bermain bisnis saham pasti berfikir bahwa modal investasi itu harus besar.

Mana mungkin ada orang dapat bermain saham tanpa modal di zaman sekarang ini. Semua bisnis pasti membutuhkan modal, kalau modal nol rupiah itu jelas omong kosong.

Apakah betul demikian?

Apakah orang yang tidak memiliki modal tidak bisa bermain saham?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, sebagai pemula maka coba kita lihat dahulu apa itu saham dan bagaimana cara memperoleh sampai bisa menghasilkan keuntungan.

Karena meskipun zaman sudah modern namun tentu masih banyak masyarakat yang belum paham betul apa itu saham dan bagaimana bisa dianggap sebagai produk investasi berjangka.

Keuntungan Bermain Saham.

Sebagai pemula wajar kalau kita bertanya tentang apa itu saham dan bagaimana orang bisa mendapatkan keuntungan. Saham adalah sebuah tanda penyertaan modal pada suatu perseroan terbatas atau perusahaan.

Ketika orang memiliki saham atas perusahaan, maka jika perusahaan tersebut maju dan menghasilkan keuntungan maka seorang investor yang telah menanamkan saham akan mendapatkan dividen atau bagi hasil atas keuntungan perusahaan.

Selain dalam bentuk penanaman modal, saham atas perusahaan juga bisa didapat melalui jual-beli jangka pendek. Melalui broker sekuritas orang bisa mendapatkan capital gain atau keuntungan karena harga jual lebih tinggi dari harga beli.

Apakah memiliki saham tidak memiliki risiko? Tentu saja setiap bisnis memiliki risiko. Orang yang memiliki saham bisa saja mendapatkan risiko jika perusahaan tersebut bangkrut. Pemilik saham akan kehilangan seluruh aset dan harus menanggung kerugian.

Kemudian apa keuntungan bermain saham? Dalam bisnis investasi, kita selalu berbicara jangka panjang dan mempertimbangkan sisi inflasi yang selalu muncul setiap tahun.

Keuntungan bermain saham adalah meningkatnya nilai aset kita seiring berjalannya waktu dan seiring dengan kemajuan perusahaan tempat kita meletakkan saham investasi. Sebagai investor kita tidak memiliki hak untuk mengatur perusahaan tetapi kita hanya bisa memantau dan menerima hasil keuntungan.

Bagi spekulan yang bergabung dalam broker sekuritas tentu saja bisa mendapatkan banyak keuntungan jika dia pintar dalam melakukan analisis karena dapat membeli saham dari berbagai perusahaan.

Bermain Saham Online.

Memiliki saham sekarang ini sebetulnya sangat mudah dan tidak perlu memerlukan modal yang besar, karena dengan modal 5 juta saja kita sudah bisa bermain saham. Melalui broker sekuritas yang bisa diakses secara online, calon investor bisa mencari keuntungan dengan transaksi jual beli jangka pendek.

Karena modal yang dibutuhkan sangat kecil, maka biasanya setiap broker menerapkan leverage atau daya ungkit agar nilai transaksi bisa mencukupi untuk pembelian saham berjangka.

Kondisi ini tentu saja membuat modal yang terbatas tadi bisa memiliki keuntungan namun jika salah dalam melakukan prediksi maka bisa saja aset modal yang dimiliki tadi habis karena penurunan harga yang terlalu tajam.

Prinsip perdagangan saham online tidak jauh berbeda dengan trading forex dalam hal analisis serta sistem volume trading dan leverage. Maka dari itu sebelum bermain saham online sebaiknya mendalami terlebih sistem analisis dan mendalami efek fundamental terhadap pergerakan harga saham.

Tip Bermain Saham Untuk Pemula.

Untuk bermain saham bagi pemula, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena bisnis ini sebetulnya memiliki risiko yang sangat besar. Meskipun demikian peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar tentu saja juga terbuka lebar.

Oleh sebab itu, bagi pemula perhatikan beberapa tip berikut sebelum terjun langsung ke transaksi saham secara online.

#1. Mempelajari Sistem Kerja Bermain Saham Secara Online.

Sebagai pemula tentu saja kita masih memiliki ilmu yang sedikit, banyak pertanyaan dan teknik yang belum dikuasai terutama dalam membaca peluang. Oleh sebab itu sebaiknya kita belajar terlebih dahulu bagaimana cara bermain saham secara online.

Hal terpenting dalam mempelajari permainan saham secara online adalah sistem keamanan aset dan bagaimana membangun sistem jual-beli yang benar tanpa risiko yang terlalu tinggi.

Banyak pemain saham pemula yang gagal pada tahap ini karena hanya tergiur dari pendapatan orang lain yang sudah sukses. Dengan melihat penghasilan yang menggiurkan, orang lantas ikut-ikutan terjun ke dalam bisnis ini dengan ilmu yang masih sedikit.

Hal konyol yang sering terjadi, justru mereka langsung membawa modal tabungan yang sebetulnya itu masih dipakai untuk kebutuhan sehari-hari dengan harapan bisa melipatgandakan dalam waktu singkat. Alhasil justru uang itu lenyap ditelan pergerakan harga yang sulit untuk di tebak.

Maka dari itu sekali lagi tolong pelajari dahulu sistem dan teknik dalam mencari peluang dalam membeli saham secara online.

#2. Pilih Broker Saham yang Memiliki Legalitas Resmi.

Saat ini negara memiliki otoritas untuk mengawasi dan membina perusahaan pialang berjangka seperti saham dan komoditas. Negara memiliki badan resmi bernama BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) yang memiliki tugas pengawasan tersebut.

Maka dari itu sebelum kamu menaruh investasi, sebaiknya pelajari broker sekuritas terlebih dahulu. Sebaiknya memilih broker yang sudah terdaftar secara resmi di BAPPEBTI karena itu akan menjamin keamanan aset.

Untuk melihat daftar broker yang resmi, kamu bisa berkunjung ke halaman resmi BAPPEBTI kemudian cari daftar broker yang sudah memiliki izin usaha.

#3. Bermain Dengan Akun Demo.

Pada umumnya setiap broker berjangka, mereka telah memiliki alat trading yang aman dan bisa diakses secara online. Untuk menjaga risiko dari kegagalan karena belum memiliki ilmu yang memadai maka sebaiknya mendaftar dengan akun demo.

Sebagai contoh kamu bisa mendaftar di GKInvest akun demo. Karena dari situ kamu bisa berlatih dahulu bagaimana cara membaca pergerakan harga saham serta membangun sistem trading yang benar.

Jangan paksa diri untuk masuk ke akun real ketika belum memiliki sistem trading yang memang sudah teruji secara benar.

#4. Jangan Membeli Saham Dengan Nilai Kapitalis Kecil.

Untuk mengingatkan kembali bahwa belum lama ini muncul istilah Saham Gorengan untuk menggambarkan pergerakan harga yang meletup dan ini biasanya dimainkan oleh bandar besar.

Sebagai ciri, saham gorengan memiliki nilai kapitalis yang kecil sehingga masih bisa dimainkan oleh para bandar guna mencari keuntungan sendiri. Harga akan sulit ditebak dan biasanya tidak sesuai dengan kondisi fundamental dari perusahaan itu sendiri.

Untuk lebih aman, sebaiknya bermain saham pada produk yang tergolong dalam kategori blue chip di mana memiliki kapitalis di atas 5 miliar dan pergerakan harga sudah stabil dan mudah untuk dibaca.

Perusahaan tersebut biasanya sudah terkenal dan memiliki faktor penggerak seperti kondisi ekonomi, inflasi dan produksi dari perusahaan tersebut.

Cara Mendapatkan Aplikasi Saham Online

Untuk mendapatkan aplikasi sebelum melakukan trading saham secara online,  maka kamu harus mendaftar pada broker saham seperti GKInvest atau PT Victory International Futures. Melalui broker yang sudah resmi terebut kamu bisa mendapatkan alat trading saham.

Untuk lebih jelas, kamu bisa baca artikel berikut ini: Cara Buka Akun Demo di GKInvest.

Langkahnya sangat mudah dan bisa kamu lakukan dengan cara yang singkat. Namun sebelum mendaftar sebaiknya siapkan terlebih dahulu seperti scan kartu tanda pengenal, identitas alamat rumah untuk aktivasi akun trading.

Cara Bermain Saham Online Tanpa Modal.

Kita sudah tahu bahwa syarat utama untuk bisa bermain saham adalah modal, maka tidak mungkin orang bisa bermain saham tanpa modal.

Tetapi jangan berkecil hati terlebih dahulu, sekarang ini ada cara praktis yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan modal trading saham secara gratis. Hal yang diperlukan adalah semangat dan kemauan.

Ada tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan modal gratis:

#1. Menjadi IB Saham.

IB atau Introducing Broker adalah program afiliasi yang bisa menghasilkan uang banyak jika kamu mau berupaya dan bekerja keras. Bahkan orang bisa sukses hanya dengan menjadi IB Saham tanpa harus terjun langsung dalam jual beli saham.

Untuk bisa memiliki akses afiliasi sebuah broker, maka kamu harus mendaftar terlebih dahulu hingga terverifikasi. Setelah itu kamu akan mendapatkan link afiliasi sebagai alat tempur untuk mendapatkan nasabah.

Setiap nasabah yang bergabung melalui link afiliasi kamu dan melakukan trading, maka kamu akan mendapatkan komisi yang cukup lumayan. Jumlah pendapatan sangat tergantung dari modal yang ditaruh oleh nasabah dan berapa banyak nasabah yang bergabung melalui afiliasi kamu.

Cara ini bisa dilakukan secara gratis dan semua tergantung usaha dan semangat kamu. Dengan hasil yang banyak maka kamu bisa pakai untuk bermain saham tanpa modal pribadi.

#2. Mencari Program Bonus No Deposit.

Cara ini memang gratis, tetapi tidak mudah. Meskipun cara pendaftaran sangat mudah namun kamu harus pintar dalam memainkan trading saham. Cara ini kami rekomendasikan bagi orang yang sudah mengerti dan punya sistem trading yang baik karena tanpa pengetahuan tentu saja akan sangat sulit.

Biasanya program ini diberikan para broker untuk menarik minat para investor guna mencoba alat trading yang mereka miliki.

Dari hasil trading bonus no deposit, maka profit yang diperoleh bisa dipakai untuk bermain saham tanpa menggunakan modal pribadi.

#3. Mengikuti Program Airdrop.

Langkah yang satu ini tergolong lebih mudah daripada program bonus no deposit. Bagi kamu yang sudah mengenal cryptocurrency pasti tidak asing dengan istilah airdrop.

Airdrop adalah bagi-bagi koin gratis yang akan masuk ke market. Untuk bisa mendapatkan koin yang banyak kamu harus mencari banyak anggota untuk mendaftar melalui link afiliasi yang kamu miliki.

Jangan sepelekan cara ini karena dengan cara yang baik dan benar, orang bisa memperoleh hasil hingga puluhan juta rupiah. Hasil tersebut bisa kamu pakai untuk bermain saham tanpa modal sendiri.

Dari ketiga cara di atas, hal yang perlu dipahami bahwa untuk memperoleh hasil yang banyak butuh fokus dan kerja keras. Tidak ada sesuatu yang gratis, semua perlu perjuangan.

Oke, Itu tadi cara bagaimana kita bisa mendapatkan modal gratis tanpa harus mengeluarkan dana tabungan. Dari modal tersebut bisa kamu kembangkan melalui jual beli saham online dan menambah keuntungan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar