Cara Menutup Semua Posisi Order di Metatrader 5 PC atau Android

menutup semua order di metatrader 5

Cara menutup semua posisi order pada MetaTrader 5 di PC atau Android merupakan langkah mudah yang tidak semua trader tahu khususnya pemula.

JurnalForex.com - Cara close all order di MT5 pada Android atau PC bisa kita bilang sangat mudah dan cepat. Tetapi ternyata langkah itu belum semua trader tahu terutama bagi pemula yang baru pertama kali menggunakan MetaTrader 5.

Hal ini terlihat dari masih banyaknya trader yang mencari tahu bagaimana cara menutup semua order tertentu di PC atau Android.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kita akan membahas lebih lengkap cara menutup semua order sesuai kategori agar tidak tertinggal dari pergerakan harga.

Bagaimana sih cara mudah untuk menutup posisi yang masih terbuka atau pending order di MT5 PC atau Android?

Perbedaan MetaTrader 4 dan MetaTrader 5

Apa perbedaan MetaTrader 4 dan MetaTrader 5?

MetaTrader 4 (MT4) dan MetaTrader 5 (MT5) adalah dua platform trading yang sangat populer di pasar keuangan saat ini. Hampir semua broker rata-rata menggunakan platform ini untuk memberikan layanan bagi para klien dalam melakukan transaksi.

Meskipun keduanya dikembangkan oleh perusahaan yang sama, MetaQuotes Software Corp; tetapi terdapat beberapa perbedaan utama antara MT4 dan MT5.

Berikut adalah beberapa perbedaan penting antara keduanya:

  • Fungsionalitas: MT5 dirancang sebagai pengembangan dari MT4 dengan fungsionalitas yang lebih luas.MT5 menyertakan semua fitur MT4, tetapi juga menawarkan beberapa fitur tambahan, seperti kemampuan untuk melakukan trading saham dan derivatif lainnya. MT5 juga menawarkan lebih banyak jenis pesanan dan alat analisis teknis yang lebih canggih.Selain itu yang tidak kalah penting, saat ini MT5 sudah memiliki fasilitas untuk menutup semua order dalam satu klik melalui PC atau Android.
  • Pemrograman: Bahasa pemrograman di balik MT4 adalah MQL4, sementara MT5 menggunakan MQL5.Meskipun keduanya mirip dalam banyak hal, MQL5 memiliki beberapa perubahan dan peningkatan yang membuatnya lebih fleksibel dan kuat dalam mengembangkan sistem trading otomatis.
  • Waktu pemrosesan: MT5 memiliki kemampuan untuk melakukan pemrosesan lebih cepat daripada MT4.Ini berarti eksekusi order dan akses ke data pasar bisa lebih cepat dengan MT5.
  • Market Depth: MT5 menawarkan "Market Depth" yang memberikan informasi tentang likuiditas saat ini dalam bentuk order buy dan sell di berbagai level harga. MT4 tidak memiliki fitur ini.
  • Backtesting: MT5 memiliki sistem backtesting yang lebih canggih. Ini memungkinkan pengguna untuk menguji strategi trading mereka pada data historis dengan lebih banyak fleksibilitas dan kontrol dibandingkan dengan MT4.
  • Kompatibilitas: Karena perbedaan dalam bahasa pemrograman dan fungsionalitas, Expert Advisors (EA) atau indikator yang dibuat untuk MT4 tidak dapat langsung dijalankan di MT5.Ini berarti jika Anda memiliki EA atau indikator yang dibuat khusus untuk MT4, Anda harus mengkonversinya agar kompatibel dengan MT5.

Penting untuk kita catat bahwa meskipun MT5 menawarkan fitur yang lebih canggih, MT4 tetap menjadi platform yang populer dan banyak digunakan.

Banyak broker masih menyediakan dukungan untuk MT4 dan banyak trader yang telah membangun sistem trading mereka di platform ini.

Pilihan antara MT4 dan MT5 tergantung pada kebutuhan individu dan preferensi trader.

Cara Menutup Semua Posisi Order di MetaTrader 5 di PC

Bagaimana cara menutup semua order yang masih terbuka dan pending order di MT5 PC atau Laptop?

Untuk menutup semua atau sebagian order yang sudah profit atau masih loss sangat mudah kita lakukan di MetaTrader 5 melalui PC atau Laptop. Memang langkah ini tidak bisa kita lakukan di MetaTrader 4.

Tetapi dengan perkembangannya, MetaTrader 5 sudah memiliki fasilitas ini. Caranya sangat mudah yaitu sebagai berikut:

Buka MetaTrader 5

Langkah pertama adalah membuka MetaTrader 5 dan login sesuai data akun yang kita miliki. Jika kita belum memiliki akun silahkan masuk broker yang kita pakai dan download MetaTrader 5.

Melakukan Order

Setelah masuk ke akun MetaTrader 5, kita bisa melanjutkan dengan melakukan order atau pending order. Hal ini tentu saja dilakukan setelah melakukan analisis terlebih dahulu.

Menutup Semua Order

Langkah untuk menutup posisi order sangat mudah, kita buka toolbox di bagian bawah MetaTrader 5 kemudian klik kanan pada mouse dan akan muncul menu.

Dari menu tersebut silahkan pilih “Bulk Operations” dan tinggal pilih apakah mau menutup semua order, pending order atau mata uang tertentu.

close all order metatrader 5

Itu tadi cara singkat untuk menutup sebagian atau semua order dalam MetaTrader 5 melalui PC atau Laptop. Cara ini tidak memerlukan aplikasi atau indikator tambahan dari luar.

Kita cukup melakukan beberapa klik dan sudah bisa menutup posisi sesuai kebutuhan.

Dalam kegiatan trading, kadang kita butuh eksekusi cepat apalagi jika pergerakan sangat fluktuatif. Jika kita memiliki banyak order, maka dengan menutup satu per satu tentu saja akan memakan waktu.

Untuk itu tool ini sangat membantu terutama untuk kita yang melakukan trading dengan sistem scalping. 

Cara Close All Order di MT5 Android

Untuk cara kedua yang juga sering menjadi pertanyaan para trader adalah bagaimana cara close all order di MT5 Android. Hal ini wajar karena tool ini belum lama disematkan dalam MT5 Android.

Namun, meskipun masih baru kita tidak perlu bingung karena caranya sangat mudah dan cepat. Berikut langkah-langkah untuk menutup semua posisi terbuka atau pending order di MT5 Android.

Download MT5 di Play Store

Untuk kita yang belum memiliki MT5 di Android silahkan download terlebih dahulu di play store dan log in menggunakan akun kita. Sesuaikan broker yang kita pakai serta server, no id, dan password masing-masing.

Buka Pada Bagian Chart atau Grafik di MT5

Langkah ini untuk melakukan analisis sebelum transaksi. Langkah ini harus selalu kita perhatikan agar tidak terjebak pada pergerakan market sementara.

close all order mt5 android

Setelah kita membuka chart dan melakukan analisis, maka akan terlihat grafik seperti di atas ini.

Sebagai contoh, kami membuka pending order di pasangan mata uang NZDUSD time frame H4. Tetapi tool ini tidak hanya untuk menutup pending order, tetapi juga bisa close all order di MT5 Android sesuai kebutuhan kita.

Tekan Pada Bagian Order di MT5

Setelah kita melakukan beberapa order atau pending order di MT5 Android, maka untuk menutup semuanya atau sebagian berdasarkan kebutuhan kita maka langkah selanjutnya adalah klik pada bagian order agak lama hingga muncul menu baru seperti gambar di bawah ini:

menutup sebagian order trading di MT5 android

Setelah muncul menu baru tinggal pilih operasi massal. Ikuti langkah selanjutnya

Pilih Operasi Sesuai Kebutuhan

Langkah selanjutnya sebagai langkah terakhir untuk close all order MT5 di Android adalah sebagai berikut. Setelah tadi kita klik operasi massal maka akan muncul pilihan sebagai berikut:

operasi massal mt5 android

Dari gambar terlihat opsi pilihan yaitu:

Hapus Semua Order: Pilihan untuk menghapus order yang sedang aktif atau terbuka. Sebagai contoh jika kita membuka 3 posisi NZDUSD, EURUSD, dan GBPUSD maka semuanya akan tertutup secara otomatis.

Hapus Limit Order: Opsi ini berfungsi untuk menutup semua limit order yang masih aktif. Jika membuat limit order lebih dari satu pasangan mata uang, maka semua akan ikut tertutup bersamaan.

Hapus Order NZDUSD: Jika kita ingin menutup sebagian sesuai dengan kebutuhan, maka pilih pasangan mata uang yang akan kita tutup. Maka orderan tersebut akan tertutup secara otomatis.

Hapus Order NZDUSD Buy limit: Pilihan ini untuk menutup khusus untuk buy limit NZDUSD yang masih aktif.

Oke sobat sekalian, itu tadi cara menutup semua posisi order di MetaTrader 5 melalui PC atau close all order MT5 di Android. Semoga informasi ini bisa membantu teman-teman semua untuk mendapatkan hasil trading yang lebih maksimal.

Bagaimana Cara Menggunakan MT5 di Android

Untuk menggunakan MetaTrader 5 (MT5) di perangkat Android, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Unduh dan Install Aplikasi
    • Buka Google Play Store di perangkat Android.
    • Cari "MetaTrader 5" dan pilih aplikasi resmi yang dikembangkan oleh MetaQuotes Software Corp.
    • Tekan tombol "Install" untuk mengunduh dan menginstal aplikasi.
  • Buka Aplikasi
    • Setelah instalasi selesai, buka aplikasi MetaTrader 5 di perangkat Android. Langkah selanjutnya merupakan cara setting MT5 di android.
  • Pilih Server
    • Saat pertama kali membuka aplikasi, kita akan diminta untuk memilih server. Pilih server yang sesuai dengan akun trading (misalnya, broker yang kita gunakan).
  • Masukkan Data Login
    • Setelah memilih server, kita perlu memasukkan data login dari akun trading, seperti nomor akun, kata sandi, dan server trading.
  • Jelajahi Antarmuka
    • Setelah login berhasil, kita akan diarahkan ke antarmuka MT5. Di sini, kita dapat menjelajahi berbagai fitur, grafik, dan alat analisis yang tersedia.
  • Tambahkan Instrumen ke Daftar Pantau
    • Pilih ikon "Watchlist" (daftar pantau) di bagian bawah layar dan tambahkan instrumen trading yang ingin kita awasi dengan mengetuk tanda "+".
  • Buka Grafik
    • Pilih pasangan mata uang atau instrumen keuangan lainnya dari daftar pantau, dan buka grafiknya untuk analisis teknis.
  • Eksekusi Perintah Trading
    • Gunakan tombol "Trade" untuk membuka jendela eksekusi perintah trading. Di sini, kita dapat mengeksekusi order pasar, order tertunda, dan melakukan aktivitas trading lainnya.
  • Atur Take Profit dan Stop Loss
    • Saat membuka order, pastikan untuk mengatur level Take Profit dan Stop Loss sesuai dengan strategi trading.
  • Keluar dari Aplikasi
    • Setelah selesai menggunakan MT5, pastikan untuk keluar dari akun atau menutup aplikasi untuk keamanan.

Pastikan selalu menggunakan versi terbaru dari aplikasi MT5 dan mengikuti petunjuk penggunaan yang disediakan oleh broker kita. Semoga penggunaan MT5 Android berjalan lancar dan memberikan pengalaman trading yang baik.

Posting Komentar untuk "Cara Menutup Semua Posisi Order di Metatrader 5 PC atau Android"