Skip to main content

Cara Bermain Saham Gorengan Paling Menguntungkan

cara-bermain-saham-gorengan-yang-menguntungkan

Saham gorengan adalah istilah baru yang sedang trend saat ini, apalagi setelah muncul kasus PT. Jiwasraya yang membuat publik heboh terutama dunia investasi Indonesia karena perusahaan BUMN tersebut gagal bayar kepada nasabahnya yang melakukan klaim dari hasil investasi. Hal ini tentu saja sangat mencoreng nama baik perusahaan tersebut.

Usut punya usut, disinyalir bahwa penyebab gagal bayar tersebut diakibatkan oleh “Saham Gorengan” yang menjadi target perdagangan PT. Jiwasraya (sumber: cnbc indonesia 19/11/2019). Sebetulnya apa sih arti istilah kata itu dan bagaimana cara paling bagus untuk bermain saham gorengan agar bisa menguntungkan?

Banyak orang yang penasaran dengan istilah tersebut, bahkan ada yang berpendapat bahwa kondisi saham seperti itu dapat mengakibatkan kerugian besar dan patut untuk dihindari. Tetapi bagi sebagian trader, kondisi market seperti itu justru menjadi poin penting untuk mendapatkan keuntungan. Maka dari itu, pada kesempatan ini JurnalForex ingin mengulik sebentar tentang kelebihan bermain trading pada saham gorengan.

Apa Itu Saham Gorengan?

Saham gorengan adalah istilah sebutan untuk saham-saham yang bergerak sangat fluktuatif seperti gorengan yang meletup-letup karena minyak goreng yang panas. Istilah tersebut sebetulnya lebih mengarah kepada kata “sindiran” untuk produk saham yang bergerak tidak pada semestinya. Pergerakan tersebut berjalan bukan karena faktor fundamental, tetapi biasanya dipengaruhi oleh bandar-bandar besar, sehingga memiliki risiko tinggi bagi pemain trader yang belum memiliki kemampuan membaca market dengan baik.

Melihat pergerakan fluktuasi yang sangat tinggi dan bisa berubah tajam dalam hitungan hari maka jenis saham tersebut memang kurang cocok untuk jenis investasi jangka panjang apalagi untuk investor asuransi. Pergerakan seperti ini lebih bagus jika dipakai oleh spekulan yang setiap hari memantau pergerakan dan mengambil keuntungan dalam waktu cepat. Hal tersebut mungkin yang menjadi sumber permasalahan PT. Jiwasraya kemarin.

Saham gorengan sendiri memiliki beberapa ciri khusus yang membedakan dengan saham blue chip yang memang sudah memiliki pergerakan stabil, bisa diketahui faktor pergerakan dan merupakan perusahaan yang ternama. Ciri-ciri tersebut antara lain:

#1. Memiliki Fluktuasi Harga yang Tinggi.

Jenis saham seperti ini biasanya terjadi pada jenis saham lapis tiga atau nilai kapitalisasi di bawah 500 miliar. Saham dengan kapitalisasi rendah biasanya terjadi pada saham-saham yang baru muncul di bursa saham atau Saham IPO.

Bagi para spekulan, Saham IPO menjadi salah satu produk incaran karena harganya yang masih murah sehingga bisa membeli dalam jumlah besar. Biasanya bandar-bandar besar juga ikut memborong saham jenis ini sehingga harga naik dengan cepat. Namun begitu keuntungan dirasa sudah cukup, maka saham tersebut akan dilepas dan harga kembali jatuh.

Saham IPO juga belum memiliki faktor penggerak yang jelas. Faktor fundamental belum mampu terbaca dengan baik, maka bagi trader spekulan harian harus betul-betul memantau pergerakan dengan baik, karena kalau sampai lengah maka harga bisa anjlok setiap waktu tanpa faktor yang jelas.

#2. Volume Trading Bisa Naik-Turun Dengan Cepat.

Melihat Saham IPO yang memiliki kapitalisasi rendah, maka pergerakan masih bisa diatur oleh bandar besar. Volume trading bisa mendadak naik seolah banyak orang yang memborong saham tersebut. Malang bagi trader kecil yang ikutan masuk untuk mengadu nasib tanpa sadar bahwa dalam waktu dekat harga akan kembali jatuh.

Saham yang sudah memiliki nama dan jumlah kapitalisasi besar, mereka sulit sulit untuk digerakkan oleh segelintir orang. Harga akan terjadi tarik menarik yang kuat untuk menghadapi supply dan demand di pasaran. Maka dari itu, Saham yang tergolong pada saham blue chip akan lebih aman dan cocok untuk investor jangka panjang seperti asuransi.

Cara Untuk Bermain Saham Gorengan yang Menguntungkan.

Bermain pada saham gorengan bukan berarti tidak menguntungkan, tetapi justru bisa menjadi sumber profit harian jika dilakukan dengan benar. Namun untuk memperoleh hasil yang menguntungkan memang butuh kesabaran dan waktu untuk memantau pergerakan harga lebih intens.

Berikut ini langkah untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan ketika membeli saham gorengan:

#1. Usahakan Membeli Saham Pada Saat Pertama Terbit.

Sebagai spekulan saham IPO, biasanya mereka akan mengetahui daftar saham yang akan segera masuk bursa saham. Nilai saham yang ditawarkan biasanya memiliki harga yang murah sehingga ketika membeli pada awal terbit akan mendapatkan harga bawah dan diharapkan dalam beberapa hari akan naik karena ulah para bandar besar untuk menggerakkan pasar.

Jangan membeli ketika harga sudah terlalu tinggi, karena risiko harga kembali turun tajam lebih besar. Langkah ini sebetulnya lebih sulit karena eksekusi saat harga belum stabil akan susah untuk dilakukan. Jangan sampai kita terjebak pada harga yang telanjur tinggi dan harga saham kembali turun karena banyak bandar yang sudah meraup keuntungan dan kembali melepas sahamnya.

#2. Jangan Menahan Saham Lebih dari Dua Hari.

Mengingat harga saham IPO yang masih memiliki kapitalisasi kecil dan mudah digerakkan oleh pemodal besar, maka untuk kamu yang sudah mendapatkan keuntungan jangan sampai menahan saham lebih dari dua hari karena biasanya harga bisa kembali turun.

Urungkan niat untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya sampai lupa faktor risiko yang mengancam. Gunakan manajemen keuangan yang baik dan jangan serakah dalam mencari keuntungan di bursa saham.

#3. Harus Berani Menanggung Risiko.

Manajemen keuangan sangat penting dalam melakukan jual-beli saham gorengan karena dapat mengendalikan kerugian yang sangat besar. Jika sekiranya telah terjadi penurunan harga yang tajam, kamu harus berani melakukan cut loss dan tinggalkan sejenak market. Jangan sampai ada niatan untuk balas dendam dan ingin mengalahkan market saat itu. Biasanya psikologi trading akan sangat mempengaruhi.

Jika trader tidak mau melakukan cut loss, biasanya mereka akan mendapatkan kerugian yang lebih besar sehingga sulit untuk mengembalikan aset yang sudah hilang. Maka dari itu saham gorengan disarankan dimainkan oleh spekulan yang sudah mengerti sifat dan karakter permainan bandar besar dalam memanfaatkan momen saham IPO.

Itu tadi beberapa pembahasan tentang saham gorengan, semoga dengan penjelasan ini kamu lebih mengerti dan dapat bermain dengan bijak dan menguntungkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar