--> Skip to main content

Begini Cara Investasi Properti Yang Wajib Dicoba

Cara Investasi Properti

Apa yang terlintas dalam pikiran saat mendengar istilah investasi properti, sepertinya sudah tidak asing lagi bukan? Mungkin sebagian orang bahkan sudah mencoba untuk melakukannya.

Investasi Properti merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan apalagi di zaman yang tidak menentu seperti sekarang ini.

Bagi seseorang yang menginginkan kebebasan keuangan di masa yang akan datang maka berinvestasi dalam bidang properti layak diperhitungkan.

Saat ini ada berbagai macam jenis investasi yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah investasi properti. Investasi jenis ini sebenarnya tergolong menguntungkan meski membutuhkan uang dalam jumlah besar.


Baca Juga: Cara Investasi Emas di Tokopedia

Namun keuntungannya juga berbanding lurus dengan jumlah modal investasi. Karena properti merupakan benda yang dapat dapat dijual dengan harga yang relatif stabil bahkan cenderung mengalami peningkatan.

Oleh sebab itu pada kesempatan ini kita akan membahas cara investasi properti yang wajib kamu coba.

Apa Yang Disebut Dengan Investasi Properti?

Saat ini investasi properti merupakan sebuah pilihan terbaik dalam berinvestasi. Karena investasi ini tidak terlalu terpengaruh oleh kenaikan nilai tukar uang. Sehingga sangat cocok sebagai salah satu pilihan investasi jangka panjang.

Selain karena alasan keamanan, jenis investasi ini juga memiliki nilai yang relatif stabil dari tahun ke tahun bahkan cenderung mengalami kenaikan harga.

Investasi jenis ini merupakan salah satu investasi yang banyak digemari. Karena selain aman investasi ini sangat menguntungkan. Lalu apa sih sebenarnya pengertian investasi properti ini?

Investasi properti merupakan salah satu jenis investasi yang dilakukan seseorang dengan cara membeli, menjual, mengelola atau menyewakan "real estate" yang dapat menghasilkan keuntungan.

Untuk jangka waktunya investasi ini sangat fleksibel tergantung bagaimana investor akan memilih jangka waktu pendek maupun jangka waktu lama. Keduanya tetap dapat menghasilkan keuntungan yang aman.

Investor dapat menjual properti tersebut untuk jangka waktu lama namun untuk jangka pendeknya masih tetap mendapatkan keuntungan dari hasil sewa properti tersebut.

Sedangkan untuk kategori jangka waktu pendek bila investor akan menjual properti tersebut dalam waktu yang lebih cepat setelah pembelian. Misalnya  setelah renovasi properti tersebut sudah terjual artinya investasi sudah menghasilkan keuntungan.

Untuk kepemilikan investasi jenis ini bisa dilakukan oleh siapa saja baik badan maupun perorangan yang penting mampu untuk dapat membeli properti tersebut sebagai alat investasi. 

Properti Adalah Alat Terbaik Untuk Berinvestasi

Memilih berinvestasi dalam bidang properti berbeda dengan memilih jenis investasi yang lainnya karena investasi jenis ini tidak terpengaruh pada penurunan nilai investasi.


Baca Juga: Cara Investasi Emas di Pegadaian

Sedangkan investasi dalam bentuk lain seperti produk bank yaitu deposito, tabungan, saham atau emas  memiliki penurunan terhadap nilai investasi. Lalu bagaimana cara terbaik berinvestasi properti?  Berikut beberapa properti terbaik sebagai pilihan dalam berinvestasi:

Investasi Gedung Kantor

Dengan melakukan investasi pembelian gedung kantor akan mendapatkan hasil keuntungan investasi properti  lebih besar dari pembelian properti yang lain. Karena gedung kantor biasanya memiliki letak yang strategis.

Selain itu permintaan kebutuhan gedung kantor biasanya lebih mudah dan cepat laku bila dijual. Selain itu properti gedung kantor bisa juga disewakan untuk memenuhi kebutuhan kinerja sebuah usaha.

Investasi Properti Untuk Tempat Tinggal

Cara investasi properti yang paling aman adalah dengan melakukan pembelian properti untuk tempat tinggal. Selain aman, investasi jenis ini lebih banyak menghasilkan keuntungan.

Meskipun kondisi perekonomian saat ini kondisinya sedang tidak baik namun kebutuhan akan rumah tinggal tetap meningkat karena rumah tinggal pada dasarnya menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang.

Properti rumah tinggal menjadi alternatif sebagai salah satu properti terbaik untuk investasi. Sehingga investor dapat memperoleh keuntungan rutin karena sewa properti jenis ini dapat dilakukan secara bulanan maupun tahunan tergantung dari kesepakatan yang dilakukan oleh kedua pihak.

Yaitu antara penyewa dengan investor dalam hal ini adalah pemilik properti rumah tinggal tersebut.

Properti rumah tinggal yang berukuran besar bisa juga digunakan sebagai tempat kos bagi karyawan, karyawati maupun bagi mahasiswa.

Apalagi bila properti rumah tinggal tersebut lokasinya dekat dengan kampus atau perkantoran. Investor tinggal melengkapi dengan berbagai fasilitas yang diperlukan agar nilai sewanya lebih mahal. Seperti tempat tidur, kulkas, AC, tempat parkir yang memadai dan fasilitas yang lainnya.

Properti Untuk Gudang

Sebenarnya terdapat banyak cara untuk melakukan investasi properti yang yang dapat menghasilkan keuntungan berlipat. Salah satunya dengan memiliki sebuah bangunan gudang yang berada pada lokasi yang strategis.

Selain mempunyai nilai jual yang tinggi biasanya banyak pengusaha ritel yang membutuhkan properti gudang untuk menunjang kelancaran usahanya.

Para pengusaha ritel ini biasanya membutuhkan properti gudang dengan beberapa kriteria seperti lokasi yang strategis, fasilitas infrastruktur yang mendukung, tingkat kepadatan penduduk dan penghasilan warga sekitar yang baik dan lainnya.

Dengan demikian investasi properti gudang dapat memberikan penghasilan yang lebih besar dari properti rumah tinggal maupun perkantoran. Apalagi bila pada sewa sebelumnya ternyata usahanya melebihi target.

Bagaimana Tips Untuk Memulai Berinvestasi?

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi dan informasi, saat ini investasi dalam bidang properti dapat dilakukan secara offline dan juga online. Selain itu pemilihan jangka waktu investasi juga sangat fleksibel.

Apakah menggunakan jangka panjang atau jangka pendek. Berikut beberapa contoh investasi properti yang layak dicoba.

Membeli Properti untuk disewakan

Berinvestasi dengan menggunakan cara ini investor dapat melakukan pembelian properti seperti rumah tinggal, gudang, apartemen, gedung kantor atau yang lainnya.

Kemudian bila diperlukan lakukan renovasi agar kondisi dan penampilan terlihat lebih baik. Setelah itu properti bisa langsung ditawarkan untuk disewakan.

Namun sebelum menyewakan sebaiknya ada beberapa hal yang perlu investor perhatikan. Seperti memeriksa bagaimana latar belakang seseorang yang akan menyewa properti, membuat perjanjian sewa secara; tertulis antar kedua belah pihak, membuat kesepakatan dan peraturan yang dituangkan dalam perjanjian sewa dan sebagainya.

Menjalankan Bisnis Properti Jangka Pendek

Menjalankan bisnis atau usaha dalam bidang investasi properti jangka pendek contohnya seperti flip properti. flip properti ini merupakan bisnis atau usaha  yang mengutamakan pelayanan dengan memberikan panduan kepada seseorang tentang bagaimana cara dan proses yang harus dilakukan  agar dapat memiliki sebuah properti, renovasi dan menjualnya kembali dengan cepat.


Baca Juga: Investasi Bitcoin di Indodax

Caranya dengan mencari properti yang akan dijual cepat dengan harga yang relatif murah namun masih tetap mendapatkan keuntungan karena penjual membutuhkan uang cash secepatnya.

Transaksi jual beli ini akan memberikan keuntungan baik kepada pembeli atau investor maupun penjual sebagai pemilik properti. Usaha atau bisnis flip properti ini dapat dilakukan oleh siapa saja.

Berinvestasi Dalam Bidang Properti Secara Online

Untuk melakukan investasi dalam bidang properti secara online ini caranya investor melakukan penanaman modal pada platform online yang sudah terhubung dengan property asset manager dan juga para investor yang lain.

Investasi secara online ini adalah gabungan para investor yang menanamkan uangnya dalam pembelian properti. Pada properti online ini terdapat berbagai macam pilihan properti dengan harga yang terjangkau.

Demikian beberapa informasi mengenai cara investasi properti, semoga dapat memberikan inspirasi bagi yang ingin mencoba berinvestasi khususnya dalam bidang properti.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar