--> Skip to main content

Cara Investasi Properti: Tip Agar Tidak Rugi Untuk Pemula

Cara Investasi Properti - Langkah hati-hati dalam menjalankan investasi agar tidak rugi. Langkah ini perlu menjadi perhatian bagi pemula. Apalagi untuk anak muda yang pertama kali menggeluti bisnis properti.

JurnalForex.com - Memiliki tabungan masa depan seperti investasi adalah cita-cita setiap orang. Mereka rela untuk menahan keinginan sesaat demi memiliki aset berharga untuk masa depan. Terlebih bagi pasangan muda, investasi properti adalah hal yang paling mereka idamkan. 

Selain sebagai kebutuhan pokok, properti dalam bentuk rumah pribadi adalah tabungan yang bernilai untuk masa depan.

Ada beberapa jenis properti yang bisa menjadi investasi. Tetapi hunian adalah sebuah kebutuhan yang wajib kita miliki khususnya untuk pasangan baru. Kita harus tinggal dan beraktivitas dalam hunian tersebut.

Maka dari itu, anak muda menjadi target utama bagi developer properti untuk memasarkan produknya.

Cara paling mudah dalam investasi antara lain properti. Selain nilainya yang selalu naik, pengelolaan investasi properti tergolong lebih mudah. 

Melihat kenyataan tersebut, maka pada kesempatan ini kita akan membahas tip cara investasi properti agar tidak rugi untuk pemula.

Pengertian Investasi Properti

Investasi properti bukan merupakan hal baru lagi. Cara ini sudah lama berkembang dan menjadi pilihan favorit banyak orang. Tetapi untuk lebih jelas lagi, kita perlu mengerti arti sebetulnya investasi properti. 

Investasi properti adalah pembelian aset dalam bentuk bangunan seperti rumah, ruko, atau real estate. Investasi ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari sewa tempat atau penjualan kembali. 

Contoh umum investasi properti adalah membeli rumah, ruko atau real estate dan menjualnya kembali beberapa tahun kemudian setelah nilai harganya sudah naik. Dengan peningkatan inflasi dan kebutuhan properti mengakibatkan harga naik.


Baca Juga: Cara Investasi Emas di Tokopedia

Tetapi semua investasi properti tidak selalu berlaku demikian.  Ada beberapa faktor yang mengakibatkan terjadi penurunan harga. 

Faktor utama yang membuat harga properti turun adalah bencana alam dan kerusuhan. Biasanya harga akan jatuh jika di daerah tersebut terjadi bencana alam yang berdampak pada kerusakan aset. 

Selain itu kerusuhan juga bisa membuat orang enggan untuk membeli properti di daerah tersebut karena takut dengan ancaman kerusakan aset.

Maka dari itu untuk menghindari risiko kerugian, kita perlu tahu cara investasi properti yang benar agar tidak rugi khususnya bagi pemula.

Berikut artikel yang sudah kami tulis mengenai risiko investasi properti: Risiko Investasi Properti

Manfaat Investasi Properti di Tahun 2022

Sebagai pemula tentu saja kita perlu mengetahui manfaat investasi. Ada beberapa penjelasan tentang investasi properti.

Tetapi pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan 7 manfaat investasi properti yang perlu kamu ketahui.

Tujuh manfaat dari investasi properti tersebut adalah sebagai berikut:

  • Harga properti cenderung naik setiap tahun
  • Memiliki capital gain yang relatif besar
  • Bisa menjadi bentuk investasi jangka panjang
  • Merupakan aset tabungan masa depan
  • Dapat disewakan sebagai pendapatan jangka pendek
  • Merupakan bentuk investasi sebagai penghasilan pasif 
  • Bisa menjadi barang agunan untuk mendapatkan dana tambahan 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kebutuhan properti selalu meningkat. Hal ini berhubungan erat dengan tingkat pertumbuhan penduduk.

Indonesia sebagai negara yang memiliki penduduk 200 juta lebih, tentu memiliki pertumbuhan yang cepat. Maka dari itu kebutuhan properti selalu meningkat setiap tahun.

Kebutuhan yang selalu meningkat ini berdampak pada harga properti. Setiap tahun harga properti selalu naik dan memberi keuntungan bagi para investor properti.

Karena harga properti yang cenderung mahal, maka investasi ini bisa memberikan “Capital Gain” yang cukup besar. Hal ini sangat berhubungan dengan modal awal yang cukup besar. Maka dari itu kita perlu berhati-hati agar tidak rugi dalam investasi properti.


Baca Juga: Cara Investasi Emas di Pegadaian

Properti biasanya menjadi produk investasi jangka panjang. Orang akan membeli dan menjualnya kembali setelah sekian tahun karena keuntungannya akan lebih terasa. Maka tidak heran jika orang menjadikan aset properti sebagai tabungan masa depan.

Selain sebagai investasi jangka panjang , aset properti bisa menjadi pendapatan jangka pendek melalui penyewaan. Orang bisa menyewakan aset properti yang mereka miliki kepada orang lain untuk mendapatkan pemasukan jangka pendek.

Hal ini merupakan pendapatan pasif yang menguntungkan. Sambil menunggu kenaikan harga dalam beberapa tahun kedepan, investor properti sudah bisa menikmati hasil melalui penyewaan aset. Tentu ini merupakan pasif income yang menguntungkan.

Manfaat lain dari investasi properti yang bisa kita rasakan adalah sebagai jaminan pinjaman kredit. Orang bisa menjadikan aset properti sebagai jaminan pinjaman modal atau untuk memenuhi kebutuhan mendesak.

Banyak layanan jasa yang memberi kemudahan untuk mendapatkan dana cepat melalui agunan sertifikat aset properti.

Dengan begitu banyak manfaat investasi properti, maka orang tertarik dengan bentuk investasi ini. Tetapi catatan utama adalah kita harus tahu cara investasi properti yang benar agar tidak rugi.

Tips Investasi Properti Agar Tidak Rugi Khususnya Bagi Pemula

Setiap investor pasti menghindari kerugian. Mereka tidak mau aset yang mereka miliki Mengalami penurunan harga. Karena itu akan membuat tabungan yang mereka miliki menyusut dalam bentuk investasi.

Maka dari itu ada beberapa tip yang bisa kamu pakai dalam investasi properti supaya tidak mengalami kerugian. Hal ini ter khusus bagi para pemula yang baru mengawali bisnis investasi.

Berikut ini adalah tip cara investasi properti agar tidak rugi khususnya bagi pemula. Ini sangat berguna untuk menjadi dasar pemahaman dalam investasi. Berikut 9 tip dalam investasi properti:

  • Menentukan tujuan awal investasi
  • Tepat dalam memilih lokasi
  • Memiliki dana investasi yang aman
  • Memilih pihak pengembang yang terpercaya
  • Melakukan cek harga pasar sebelum investasi
  • Mengetahui fasilitas internal dan eksternal
  • Mampu memprediksi potensi bencana alam
  • Mengetahui tingkat risiko kejahatan
  • Mencari informasi perhitungan pajak tahunan

Menentukan Tujuan Awal investasi

Sebagai investor pemula, kita harus mengetahui tujuan awal untuk investasi. Apakah investasi tersebut bertujuan untuk jangka pendek atau jangka panjang. Apakah investasi tersebut akan menjadi  aset investasi utama atau sekunder.

Banyak hal yang menjadi pertimbangan kita sebelum melakukan investasi. Pertimbangan tersebut harus sudah matang sebelum menjalankan investasi tersebut. Karena hal ini sangat berhubungan erat dengan perjalanan pada beberapa tahun kedepan.


Baca Juga: Cara Investasi di Indodax

Setiap investasi pasti mengalami naik turun harga. Jika kita tidak memiliki tujuan yang jelas dalam investasi, maka hal itu akan mengganggu proses perjalanan dari harga aset tersebut. Bisa jadi kita akan menjual karena kebutuhan mendesak sehingga tidak sesuai dengan tujuan awal.

Hal itu bisa jadi menjadi sumber kerugian dalam investasi properti. Maka dari itu pastikan kamu sudah mengerti dan mempunyai tujuan yang jelas sebelum berinvestasi.

Tepat Dalam Memilih Lokasi Investasi Properti

Ketepatan dalam memilih lokasi investasi properti adalah salah satu faktor utama keberhasilan. Usahakan sebelum melakukan investasi kamu melakukan riset terlebih dahulu.

Carilah informasi tentang rencana pembangunan kedepan di daerah tersebut. Apakah ada rencana dari pemerintah mengenai rancangan pembangunan seperti jalan, sekolah, pasar, atau lain sebagainya.

Ketika kamu bisa membeli daerah yang masih murah dan memiliki rencana pengembangan kedepan dari pihak pemerintah, maka biasanya harga akan naik ketika rencana tersebut terealisasi.

Jadi pastikan kamu bisa memilih lokasi yang tepat!

Memiliki Dana Investasi yang Aman

Kecenderungan dari investasi properti biasanya membutuhkan waktu yang lama. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita harus rela menyimpan aset tersebut dalam waktu beberapa tahun.

Maka dari itu sebaiknya kamu menggunakan modal dari simpanan terencana yang terpisah dari kebutuhan pokok. Kamu bisa melakukan tabungan berencana untuk membeli aset properti. Sehingga ketika kamu sudah memiliki aset tersebut, kamu tidak mengganggu kebutuhan pokok sehari-hari.

Untuk investasi properti sebaiknya kamu tidak menggunakan dana pinjaman yang berisiko tinggi. Seperti bunga pinjaman yang terlalu besar. Hal itu akan menjadi beban berat dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga menjadi bisnis investasi yang tidak sehat. 

Tepat Memilih Pihak Pengembang yang Terpercaya

Salah satu cara investasi properti yang sering dilakukan adalah melalui kredit KPR. Tetapi hal ini ini bukan merupakan pilihan yang terbaik. Kerana melalui pinjaman KPR maka harga akan naik hampir 100% jika tenor yang kita ambil terlalu lama.

Namun jika ini menjadi pilihan kamu, maka sebaiknya pilih pengembang yang terpercaya. Pastikan kamu mendapatkan spek bangunan yang berkualitas sesuai dengan harga beli.

Pantau selalu dalam proses pembangunan untuk memastikan bahwa kualitas bangunan sudah sesuai dengan spek awal kesepakatan. 

Melakukan Cek Harga Pasar Sebelum Berinvestasi Properti

Dalam berinvestasi hal terpenting adalah kita mendapatkan harga yang tepat.  Jangan sampai kita mendapatkan harga yang terlalu tinggi sehingga susah untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang.

Maka dari itu melakukan cek harga pasar sebelum berinvestasi adalah langkah penting yang harus kita lakukan. Jangan sampai kita membeli aset properti dengan harga terlalu tinggi. Melakukan penawaran secara maksimal untuk mendapatkan harga terendah adalah langkah yang tepat.

Mengetahui Fasilitas Internal dan Eksternal

Tip dalam berinvestasi properti selanjutnya yaitu mengetahui fasilitas internal dan eksternal. Pastikan kamu mempelajari fasilitas internal di dalam bangunan tersebut sebelum membeli. Pikirkan nilai lebih dari fasilitas internal tersebut.

Selain itu faktor eksternal juga menjadi pertimbangan. Seperti akses jalan dan jarak dengan fasilitas umum. Faktor ini menjadi nilai tambah dalam aset investasi. Hindari aset properti yang tidak memiliki dukungan faktor eksternal.

Mampu Memprediksi Faktor Bencana Alam

Faktor bencana alam adalah penyebab risiko kegagalan dalam investasi. Sebagian besar aset investasi akan mengalami penurunan nilai jika terjadi bencana alam.

Untuk itu pastikan kamu mengenali daerah tersebut  dengan baik. Apakah  daerah tersebut sering terjadi bencana alam seperti banjir, angin topan, dan gempa bumi. 

Hindari daerah yang memiliki potensi tinggi terjadi bencana alam. Karena hal tersebut akan merugikan investasi di masa mendatang. 

Mengetahui Tingkat Risiko Kejahatan

Daerah yang memiliki risiko tingkat kejahatan yang tinggi biasanya akan dihindari banyak orang. Mengetahui tingkat risiko kejahatan adalah langkah awal yang tepat untuk menentukan lokasi aset investasi.

Lakukan survei tentang kondisi daerah tersebut. Apakah daerah tersebut aman atau tidak. Sebaiknya kamu menghindari daerah yang sering terjadi kerusuhan atau kejahatan seperti tawuran dan pencurian.

Mencari Informasi Perhitungan Pajak Tahunan

Pajak tahunan adalah kewajiban yang harus kita bayar setiap tahun. Dalam investasi, biaya tersebut menjadi pengeluaran wajib yang harus kita bayar. Maka dari itu mengetahui nilai perhitungan pajak tahunan adalah hal yang penting.


Baca Juga:Cara Investasi Emas di Bank BRI

Hal itu untuk menyesuaikan perhitungan kita dalam investasi terhadap hasil di kemudian hari. Kita harus bisa menyesuaikan harga jual dengan biaya pengeluaran dalam hal pajak. Jangan sampai pengeluaran kita terlalu tinggi sehingga menjadi beban dalam investasi.

Cara Investasi Properti Untuk Pemula 

Untuk memiliki aset investasi properti ada beberapa cara. kita harus bisa menyesuaikan dengan budget yang kita miliki. Jangan sampai hal tersebut justru menjadi beban dalam kebutuhan kita sehari-hari.

Investasi properti adalah jenis investasi jangka panjang. Menentukan dana investasi yang tepat jadi bagian kesuksesan. Maka dari itu berikut beberapa cara untuk investasi properti:

  •  Beli secara cash
  •  Membeli aset secara bertahap
  •  Mengajukan kredit KPR

3 cara tersebut harus menjadi pertimbangan sebelum berinvestasi. Kemampuan untuk memiliki aset investasi harus menjadi pertimbangan awal. Dengan cara apa kita bisa memiliki aset investasi adalah pertimbangan penting. 

Oke sobat sekalian, itu tadi beberapa tip cara investasi properti agar tidak rugi untuk pemula. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin berinvestasi khususnya di bidang properti.

Kami sarankan untuk selalu berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam memiliki aset investasi. Agar di kemudian hari kamu tidak mengalami kerugian. 

Sumber Foto: Freepik

Comment Policy: Trading Forex, Saham dan Cryptocurrency adalah bisnis yang memiliki risiko tinggi. Pastikan kamu memiliki pengetahuan yang cukup sebelum menjalankan bisnis ini. Kami tidak bertanggung jawab atas segala risiko dalam trading kamu. Kami hanya memberikan informasi dasar mengenai bisnis trading. Apa yang kami tulis belum tentu memberikan kebenaran 100%. Silahkan kamu mencari referensi lain tentang apa yang kami tulis jika kamu rasa kurang sempurna.