--> Skip to main content

Cara Mudah Investasi Emas Di Bank BRI

cara investasi emas di BRI

Investasi dilakukan oleh sebagian besar masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dalam periode tertentu. Beragam pilihan jenis investasi yang ditawarkan, salah satunya adalah investasi emas. Selain kemudahan dalam pembelian, emas juga memiliki resiko yang rendah. Banyak saluran untuk melakukan investasi emas, misalnya saja di lembaga perbankan seperti Bank BRI.

Cara investasi emas di Bank BRI cukup mudah, kita tidak memerlukan persyaratan khusus yang memberatkan. Kita tahu bahwa salah satu kesulitan masyarakat untuk berinvestasi emas adalah harganya yang cukup tinggi.

Namun tenang saja, permasalahan tersebut kini telah di respon positif oleh Bank BRI. Melalui program Kepemilikan Logam Mulia, masyarakat dapat memiliki emas sesuai dengan jumlah yang diinginkan secara bertahap.

Hati-Hati Penipuan Investasi Emas

Selain keuntungan, masyarakat juga perlu mengetahui resiko dalam melakukan investasi emas. Tidak sedikit masyarakat yang mengalami kerugian atas investasi yang telah dilakukan, karena banyak faktor.

Seperti krisis keuangan yang pernah terjadi di Indonesia dan pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Ada juga yang mengalami kerugian akibat penipuan. Hal ini perlu diwaspadai, karena banyak yang memanfaatkan momentum tersebut untuk tujuan kurang baik.


Baca Juga: Investasi Emas di Tokopedia

#1 Penipuan berkedok skema Ponzi

Maraknya program investasi emas yang ditawarkan kepada masyarakat, ternyata telah dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk kepentingan jahat. Salah satunya adalah penipuan investasi emas Antam dengan menggunakan skema Ponzi.

Skema investasi bertingkat, dimana investor awal memperoleh keuntungan dari setoran dana investor yang masuk setelahnya. Biasanya beberapa investor dipancing akan mendapatkan imbal balik yang tinggi jika bergabung dalam bisnis tersebut.

#2 Penipuan dengan cara menabung emas

Penipuan lainnya adalah menabung emas, namun pada waktunya tiba ternyata emas tidak kunjung dimiliki. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, banyak orang melaporkan bahwa mereka telah menjadi korban penipuan investasi emas.

Keuntungan Investasi Emas di BRI

Maraknya berbagai macam penipuan investasi emas tentu saja sangat meresahkan. Masyarakat perlu mengetahui keuntungan berinvestasi emas yang tepat tidak hanya omong kosong. Salah satu cara yang tepat adalah melalui lembaga yang resmi dan memiliki badan hukum yang jelas.

Cara investasi emas di Bank BRI mudah dan menawarkan berbagai macam keuntungan yang masuk akal dan sangat bermanfaat. Meskipun banyak juga lembaga perbankan dan pembiayaan lain yang menyediakan fasilitas serupa. Namun masyarakat perlu untuk mengetahui keuntungan investasi emas di Bank BRI. Apa saja itu, silahkan simak pembahasan berikut berikut :

#1 Keamanan Terjamin

Bank BRI merupakan lembaga keuangan yang dijamin oleh OJK sehingga tenang bagi masyarakat yang ingin berinvestasi emas disini. Terdapat fasilitas asuransi yang dijamin keberadaannya oleh pemerintah.Tempat penyimpanan yang aman tentu hal utama yang menjadi perhatian Bank BRI. Emas yang diinvestasikan oleh masyarakat dijamin aman baik dari kejahatan maupun kerusakan.

#2 Cara menabung emas di Bank BRI bisa dicicil

Masyarakat yang memiliki penghasilan rendah tidak perlu berkecil hati karena tidak bisa berinvestasi emas. Bank BRI memberikan kemudahan untuk dapat berinvestasi emas dengan cara menyetorkan sejumlah dana secara bertahap. Selain itu menabung emas dengan berat dan harga rendah yang tentu terjangkau.

#3 Keuntungan berinvestasi

Untuk memperoleh keuntungan berinvestasi, masyarakat sebaiknya membeli ketika harga emas sedang turun. Selain itu keuntungan juga bisa diperoleh ketika investasi emas di Bank BRI, yaitu dengan harga pembelian yang tetap meskipun harga emas di kemudian hari akan menguat.

Sistem cicilan mengikuti skema awal yang disepakati sampai lunas, bukan mengikuti harga yang saat ini. Cara menabung emas di BRI cukup menggiurkan bukan?


Baca Juga: Investasi Emas di Pegadaian

#1 Kemudahan proses

Proses berinvestasi emas sangat mudah, tidak memerlukan syarat yang memberatkan dan merepotkan. Cukup mendaftar dan membeli emas secara kredit maupun tunai sesuai dengan keinginan dan kemampuan.

Dapat melakukan dengan transfer untuk pembelian atau top up, baik melalui ATM atau internet banking. Jadi untuk Anda sebagai pemula tentu saja akan memberikan kemudahan tersendiri.

Perlukah Belajar Investasi Emas?

Menyikapi kasus penipuan investasi emas dan juga keuntungan dari investasi tersebut, masyarakat perlu belajar investasi emas. Mulai dari apa itu investasi emas, cara melakukan investasi, keuntungan yang diperoleh, sampai perspektif agama dalam investasi emas.

Sebenarnya apa saja yang menjadi pendorong masyarakat perlu melakukan pembelajaran mengenai investasi emas, berikut ulasannya :

#1 Memahami pengelolaan keuangan

Dengan belajar mengenai investasi emas, masyarakat mendapatkan informasi mengenai investasi. Salah satu cara pengelolaan keuangan di masa kini untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Memahami investasi emas membuat masyarakat mengelola keuangannya secara efisien.

#2 Cerdas berinvestasi

Cerdas dalam berinvestasi sangat diperlukan. Hal ini untuk meminimalkan resiko yang akan dialami dalam berinvestasi emas. Apakah untuk menghindari penipuan dari pihak yang tidak bertanggungjawab, atau untuk menghindari kerugian akibat kondisi ekonomi yang terjadi di negara kita.

Sehingga belajar mengenai investasi emas dibutuhkan untuk menjadikan masyarakat semakin cerdas dalam melakukan bisnis ini.

#3 Menghilangkan perasaan ketakutan dalam berinvestasi

Ketakutan terbesar masyarakat ketika berinvestasi adalah keamanan dana mereka. Pada investasi mana seharusnya uang mereka diinvestasikan. Investasi emas seringkali menakutkan karena tidak melihat wujudnya dan sebagainya. 

Berbagai ketakutan dapat dikurangi dengan memahami investasi emas itu sendiri. Kekhawatiran muncul salah satunya karena ketidaktahuan menjalankan bisnis tersebut secara benar.

Pandangan Investasi Emas Dalam Islam

Mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam, sehingga para lembaga keuangan tentu sudah melakukan kajian terhadap hal ini. Kebutuhan masyarakat akan berinvestasi secara halal, perlu dijawab dengan ketersediaan fasilitas yang sesuai dengan tuntunan hukum Islam.

Untuk itu pada bagian ini perlu mengulas mengenai Investasi emas dalam Islam, bagaimana Islam mengatur jenis investasi emas?

Menurut Ulama, emas merupakan jenis investasi yang halal. Investasi emas sangat dianjurkan dalam hukum atau syariat Islam mengingat investasi ini termasuk yang stabil dan naik dari masa ke masa. 

Bagaimana dengan investasi emas secara kredit, apakah diperbolehkan?

Investasi emas dengan cara kredit dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia hukumnya diperbolehkan dengan dipenuhi nya syarat dan ketentuan berikut ini :

Harga jual tidaklah bertambah

Harga jual emas tidak boleh bertambah selama jangka waktu perjanjian, walaupun ada perpanjangan waktu setelah jatuh tempo.

Emas dijadikan jaminan

Emas yang dibeli dengan pembayaran tidak tunai boleh dijadikan jaminan.

Emas tidak boleh dijadikan objek akad


Baca Juga: Menabung Emas di Pegadaian

Emas yang dijadikan jaminan tidak boleh diperjualbelikan atau dijadikan objek akad lain, yang menyebabkan perpindahan kepemilikan.

Cara Investasi Emas di Bank BRI

Berbagai tawaran kemudahan investasi hadir di tengah masyarakat, begitu juga dengan Bank BRI. Dengan kemudahan cara investasi emas di Bank BRI, tentu dapat membuat masyarakat tenang dan terjawab kebutuhannya.

Caranya sangat sederhana, dan tidak perlu menunda untuk berinvestasi karena sangat penting bagi masa depan masyarakat. Tentu yang terpenting adalah aman. Berikut cara sederhana tersebut :

#1 Daftar pembelian emas

Cukup dengan kartu identitas, masyarakat bisa melakukan investasi melalui petugas Bank BRI yang bertugas. Disini masyarakat akan mendapatkan skema cicilan emas atau menabung emas sesuai dengan nilai dan waktu yang ada.

Dapat dipilih sesuai dengan kemampuan dan keinginan. Kemudian akan mendapatkan kuwitansi mengenai berat emas yang dibeli dan jangka waktu pembelian.

#2 Pembayaran mudah

Pembayaran juga mudah bisa melalui ATM, datang langsung atau internet banking. Harga tetap sehingga tidak perlu khawatir jumlah pembayaran berubah-ubah. Cara investasi emas di BRI menjadi cukup mudah dengan adanya fasilitas ini.

Tunggu apalagi, manfaatkan kesempatan fasilitas yang memudahkan Anda dalam berinvestasi.

Tidak hanya itu, keamanan juga terjamin sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir dan tentu saja akan merasa nyaman dalam beristirahat tanpa memikirkan dana yang Anda investasikan. Cara investasi emas di Bank BRI sangat sederhana, mudah dan aman. Mari berinvestasi dengan cerdas.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar