Skip to main content

Sistem Arisan Emas di Pegadaian: Cara Mudah Investasi Bersama 2020

sistem-arisan-emas-pegadaian

Sistem arisan emas pegadaian adalah solusi bersama untuk memiliki emas secara bertahap. Sistem ini sama saja membeli emas dengan cara gotong royong. Setiap orang akan mendapatkan giliran untuk mendapatkan emas batangan.

Kita tahu bahwa produk investasi yang tergolong aman dan masih potensial di tahun 2020 adalah emas. Produk ini akan naik seiring dengan peningkatan inflasi dan cocok sebagai tabungan di masa mendatang.

Sebagai contoh untuk investasi pendidikan, emas bisa menjadi alternatif tabungan dalam jangka panjang. Tabungan emas bisa dipakai untuk mempersiapkan biaya sekolah anak di perguruan tinggi.

Jika kamu tertarik, maka baca artikel berikut ini: Cara Menabung Emas di Pegadaian Untuk Pelajar. Cara tersebut adalah langkah tepat untuk mempersiapkan masa depan si buah hati.

Pengaruh Inflasi Terhadap Harga Emas

Bisa dibilang harga emas selalu naik tiap tahun. Sebagai contoh saja sejak tahun 2011 sampai dengan 2019, harga emas telah naik hampir 2 kali lipat. Hal ini menunjukkan bahwa potensi kenaikan emas untuk beberapa tahun ke depan masih cukup tinggi.

Emas merupakan produk investasi jangka panjang minimal 5 tahun ke depan, jadi jika kamu menginginkan hasil maksimal dalam jangka pendek maka investasi emas kurang cocok.

Harga emas selalu mengikuti kenaikan inflasi. Ketika harga-harga barang naik maka harga emas juga ikut melambung, meskipun ada kondisi khusus yang bisa membuat harga emas naik lebih cepat.

Berikut beberapa hal yang mempengaruhi harga emas naik atau turun:

#1. Nilai Tukar Dolar

Sebagai aset safe haven, emas merupakan produk pilihan sebagai pengalihan aset ketika harga Dolar mengalami penurunan.

Ketika harga Dolar anjlok terhadap pasangan mata uang utama seperti EURO, GBP, JPY. Maka investor akan melarikan asetnya ke produk yang lebih aman yaitu emas.

Ketika permintaan emas meningkat maka harga emas ikut naik. Jadi jika harga Dolar mengalami penurunan kemungkinan harga emas akan mengalami kenaikan.

#2. Perubahan Inflasi.

Seperti disinggung di atas tadi bahwa inflasi juga memiliki pengaruh terhadap pergerakan harga emas. Jika tingkat inflasi naik maka muncul kemungkinan harga emas juga akan naik.

Dalam catatan ekonomi, digambarkan bahwa kenaikan inflasi selalu terjadi tiap tahun. Harga-harga bahan pokok ikut naik karena berbagai faktor seperti pengaruh persaingan pasar global dan kondisi ekonomi sebuah negara.

Maka dari itu ketika inflasi meningkat, emas bisa menjadi aset yang menjaga keuangan kita lebih terjaga.


Baca Juga: Ayo Menabung Emas di Pegadaian Terdekat


#3. Tingkat Supply dan Demand.

Kita ketahui bahwa stok emas memiliki keterbatasan. Jika permintaan meningkat maka harga emas akan naik. Hal ini berlaku seperti produk-produk bahan pokok yang melonjak ketika tidak terjadi keseimbangan stok dan pesanan.

Supply dan Demand merupakan faktor jangka pendek yang mempengaruhi kenaikan harga. Ketika keseimbangan itu telah terjadi maka harga akan kembali normal.

Menurut beberapa data, beberapa kebutuhan emas yang cukup tinggi adalah:
  • Industri Perhiasan
  • Industri peralatan medis dan kosmetik

#4. Kondisi Politik Dunia.

Kondisi geopolitik juga sangat mempengaruhi pergerakan harga emas. Seperti ketika terjadi perang di timur tengah maka nilai mata uang khususnya dolar akan sangat terpengaruh.

Hal ini tentu saja membuat para investor mencari aset yang paling aman termasuk emas. Permintaan yang meningkat otomatis berdampak pada kenaikan harga emas.

Selain itu ketika terjadi kondisi politik yang memanas terhadap negara-negara penghasil emas terbesar maka akan terganggu dalam hal distribusi. Kondisi ini bisa membuat stok di pasaran berkurang dan tidak sanggup memenuhi kebutuhan pasar sehingga harga akan naik.

Cara Paling Mudah Untuk Investasi Emas di Tahun 2020

Di zaman modern ini semua bisa dilakukan dengan mudah. Segala akses bisa dicapai dengan mudah termasuk dalam melakukan investasi emas di tahun 2020.

Ada berbagai produk yang memberikan tawaran mudah bagi masyarakat untuk memiliki investasi emas.

Pegadaian selaku perusahaan BUMN juga memberikan berbagai produk cara mudah investasi emas di tahun 2020.

Salah satu produk yang menarik adalah sistem arisan emas pegadaian secara berkelompok. Cara ini dinilai lebih efektif sebagai produk investasi daripada melakukan arisan dalam bentuk uang.

Emas bisa menjadi barang simpanan yang memiliki kemungkinan naik harganya seiring dengan berjalannya waktu.

Berikut Beberapa cara yang bisa dipakai untuk mendapatkan emas dengan mudah di tahun 2020.

#1. Tabungan Emas

Cara ini paling efektif untuk menabung emas mulai dari 0,01 gram dan bisa dilakukan kapan saja. Jika kamu saat ini belum memiliki investasi emas maka produk ini bisa kamu coba.

Dengan adanya aplikasi pegadaian, proses menabung emas menjadi lebih mudah dan cepat. Kamu tidak perlu lagi datang ke kantor cabang tetapi bisa melalui aplikasi dan transfer lewat ATM.

#2. Arisan Emas

Cara yang kedua yaitu melalui sistem arisan emas pegadaian. Kamu bisa mengumpulkan minimal 6 orang dan mengajukan untuk melakukan arisan dengan produk emas di pegadaian.

Cara dan syarat untuk mengikuti program arisan emas ini juga sangat mudah. Selain itu dengan sistem arisan maka proses untuk memiliki emas akan lebih efektif karena bisa dibayar secara bertahap.

#3. Konsinyasi Emas

Cara ketiga adalah dengan melalui program konsinyasi. Namun produk ini lebih cocok bagi kamu yang ingin berinvestasi dan menginginkan keuntungan dalam jangka pendek.

Secara sederhana, sistem konsinyasi ini merupakan titip-jual. Jadi kamu bisa membeli emas di pegadaian dan menitipkan untuk dijual ketika harga sudah naik.


Baca Juga: Syarat Gadai Emas di Pegadaian


Sistem Pendaftaran Arisan Emas di Pegadaian

Sebagai salah satu cara mudah untuk memiliki emas, arisan emas di pegadaian memiliki syarat pendaftaran yang cukup mudah.

Berikut sistem pendaftaran arisan emas pegadaian:
  • Kamu harus mengumpulkan minimal 6 orang dan maksimal 36 orang untuk ber komitmen melakukan arisan emas secara bertanggung jawab.

  • Arisan bisa di undi setiap bulan, jika anggota maksimal 36 orang maka arisan tersebut akan selesai selama 3 tahun.

  • Untuk mendaftar diperlukan KTP dan uang muda sebesar 10% - 15%. Untuk 10% maka emas bisa diambil setelah bulan ke-2 dan untuk 15% emas bisa diambil sejak bulan ke-1.

  • Sebelum memulai arisan maka perlu datang ke kantor cabang terdekat guna menentukan harga emas. Sebagai ilustrasi jika harga emas per gram Rp. 700.000,- dan ingin mengadakan arisan sebesar 10 gr maka total harga adalah Rp. 7.000.000,-. Dibagi dengan jumlah anggota arisan sehingga bertemu berapa iuran per bulan.
Lihat video berikut ini tentang tip cuan investasi emas:

youtube image

Poin Penting Dalam Membuat Arisan Emas di Pegadaian.

Untuk menghindari kejadian yang tidak diharapkan seperti anggota yang tidak mau membayar setelah mendapatkan emas maka berikut ini ada beberapa poin penting sebelum mendaftar di pegadaian.
  • Pastikan bahwa setiap anggota kamu kenal secara pribadi dan memiliki track record yang baik.

  • Lakukan pengumpulan dana atau penentuan tanggal pembayaran sebelum jatuh tempo.

  • Lakukan pengundian secara adil agar tidak menimbulkan konflik dalam kelompok tersebut.

  • Memberikan kesempatan lelang bagi orang yang membutuhkan dana cepat dari hasil penjualan emas tersebut.

  • Tetap menjalin komunikasi yang baik antar anggota. Mungkin bisa juga dengan mengadakan kegiatan lain agar tetap terjalin hubungan yang sehat.

Kelebihan dari Arisan Emas di Pegadaian.

Sebagai sarana investasi berjangka, sistem arisan emas di pegadaian tentu saja memiliki banyak keunggulan dan manfaat. Berikut ini beberapa diantaranya:
  • Proses pembelian emas menjadi lebih mudah karena dengan sistem arisan maka bisa di cicil tiap bulan.

  • Memiliki produk emas yang terjamin asli dan berkualitas.

  • Dengan mengikuti program arisan di pegadaian, maka kamu sudah memilih tempat yang mempunyai legalitas sah dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

  • Memiliki nilai buyback yang kompetitif. Jadi ketika kamu ingin menjual emas tersebut maka tidak perlu susah lagi karena pegadaian siap untuk menampung emas hasil arisan tersebut.

  • Sistem pembayaran arisan bisa dilakukan secara online atau transfer melalui ATM. Cara ini membuat proses pembayaran iuran semakin cepat dan mudah.
Baik sahabat JurnalForex sekalian, itu tadi gambaran tentang sistem arisan emas pegadaian. Cara ini merupakan langkah mudah untuk memiliki investasi emas di tahun 2020.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu menemukan produk investasi yang aman dan potensial untuk memberikan keuntungan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar