Skip to main content

Cara Menabung Investasi Emas di Pegadaian Untuk Pelajar

cara-mudah-menabung-emas-di-pegadaian-untuk-pelajar

Menabung emas atau investasi logam mulia pada zaman dahulu mungkin hanya dilakukan oleh kalangan menengah keatas, di mana mereka sudah terbebas secara finansial. Namun hal itu kini tidak berlaku, karena sekarang sudah ada program tabungan emas di pegadaian untuk umum dan pelajar.

Cara menabung atau memiliki investasi emas di pegadaian bagi pelajar sebetulnya sangat mudah, namun mungkin dari sebagian pembaca JurnalForex masih banyak yang belum tahu tentang program ini bahkan tidak mengerti apa manfaat serta keuntungan dari investasi emas untuk jangka panjang.

Orang menganggap emas hanya bisa dimiliki oleh mereka yang berduit banyak, bahkan mungkin juga berfikir bahwa menyimpan emas sangat merepotkan. Padahal saat ini cara memiliki emas itu sudah sangat praktis dan tidak perlu disimpan dalam rumah karena bisa berisiko hilang atau dicuri.

Pegadaian mengeluarkan program “Tabungan Emas” dengan tujuan untuk menjadi jembatan bagi orang menengah ke bawah agar bisa memiliki investasi emas.

Sebagai perusahaan BUMN yang cukup besar di Indonesia, Pegadaian tidak hanya menjadi tempat untuk sumber dana finansial tetapi juga memiliki tanggung jawab meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui investasi logam mulia.

Apa Itu Tabungan Emas di Pegadaian?

Program tabungan emas di pegadaian sebetulnya sudah diluncurkan sejak akhir 2015 namun belum banyak orang mendengar. Tetapi beberapa tahun terakhir, produk ini menjadi perbincangan karena masyarakat sudah mengerti manfaat tabungan logam mulia dibandingkan dengan tabungan uang.

Dengan adanya inflasi tiap tahun, maka uang kertas akan selalu mengalami penurunan nilai. Namun hal itu tidak terjadi pada logam mulia seperti emas. Dalam catatan sejarah diperlihatkan bahwa harga emas cenderung naik setiap tahun. Sehingga ketika memiliki investasi emas, justru akan semakin untung karena nilainya akan terus bertambah.

Sebagai bentuk investasi, emas dinilai memiliki risiko yang kecil karena kecenderungan naik tiap tahun selalu ada. Dari risiko kerusakan, melalui sistem tabungan emas ini maka tentu saja keamanan akan lebih terjamin dan tidak perlu lagi menyimpan dalam almari besi yang tentu saja sangat merepotkan.

Apakah Tabungan Emas di Pegadaian Itu Penipuan?

Sebagai perusahaan BUMN milik negara, tentu saja untuk dapat menjalankan program ini harus melalui izin resmi sehingga keamanan dan keabsahan sangat terjaga. Menabung emas melalui pegadaian memiliki keamanan yang terjamin daripada mengikuti program investasi lainnya tanpa kejelasan izin usaha dan risiko.

Sebagai bukti bahwa ini bukan bentuk money game atau perputaran uang, Tabungan Emas di Pegadaian memberikan fasilitas bagi nasabahnya untuk mencetak emas batangan tersebut sesuai kategori berat yang ditentukan.

cara-menabung-emas-di-pegadian-untuk-pelajar

Menabung dalam bentuk emas juga menghindarkan orang dari bentuk riba karena hasil investasi merupakan keuntungan dari harga nyata pada saat emas tersebut akan dijual.

Memiliki produk investasi logam mulia akan merasakan hasilnya jika dipakai untuk jangka panjang, maka dari itu menabung investasi di pegadaian sangat cocok bagi pelajar di mana pada saat nanti mau masuk perguruan tinggi akan membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Sehingga pilihan investasi emas adalah keputusan yang tepat.

Bagaimana Sistem Menabung Emas di Pegadaian?

Untuk bisa memiliki emas batangan tersebut melalui pegadaian, maka ada beberapa cara yang bisa dipakai seperti sistem beli langsung, sistem cicil dan arisan. Untuk pelajar, sistem yang paling ideal adalah sistem cicil karena menyesuaikan dana yang dibutuhkan.

Pembelian emas di pegadaian dimulai dengan berat minimal 0,01 gram. Tentu saja sistem ini akan sangat membantu bagi pelajar. Sebagai contoh jika harga emas hari ini Rp. 697.600 per gram, maka tabungan untuk pelajar bisa dimulai dari Rp. 6.976 rupiah.

Karena melalui sistem cicil, maka pada tahap pertama kali mendaftar calon nasabah harus menentukan berapa gram yang akan dibeli dengan selisih kelipatan 0,01 gram dan tenor waktu cicilan 1 - 12 bulan.

Karena sistem cicil yang dipilih, maka sebaiknya ambil tenor yang pendek sehingga harga yang diperoleh tidak terpaut jauh. Selain itu semakin cepat memiliki emas maka kemungkinan untuk mendapatkan hasil investasi yang maksimal akan semakin besar.

Usahakan membeli emas ketika harga sedang turun agar nilai investasi yang diperoleh dalam jangka panjang juga semakin besar.

Cara Mudah Menabung Emas di Pegadaian Untuk Para Pelajar?

Saat ini sudah ada aplikasi pegadaian yang bisa di download melalui google play store, namun untuk membuka buku tabungan emas di pegadaian bagi pelajar ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Langkah pertama adalah mendatangi outlet pegadaian terdekat atau unduh aplikasi pegadaian untuk melakukan pendaftaran secara online. Jangan lupa untuk menyertakan kartu keluarga dan kartu pelajar.

Untuk dapat mencetak buku tabungan maka harus datang ke outlet pegadaian terdekat dan lakukan verifikasi. Jika kamu mendaftar melalui aplikasi pegadaian, maka ada batas waktu maksimal yaitu 6 bulan setelah pendaftaran untuk datang ke outlet guna menerbitkan buku tabungan.

Jika dalam batas waktu tersebut tidak juga segera datang ke outlet maka akun tersebut akan dinonaktifkan secara otomatis.

Untuk biaya pembukaan, ada beberapa pilihan tergantung dari lokasi pembukaan rekening tabungan emas. Berikut ini daftar harga tersebut:

cara-menabung-investasi-emas-di-pegadaian-bagi-pelajar

Berikut tadi beberapa hal tentang cara membuka tabungan emas di pegadaian untuk para pelajar. Untuk informasi lebih lanjut bisa datang langsung ke kantor cabang pegadaian terdekat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar