--> Skip to main content

Apa Saja Persyaratan Gadai Emas di Pegadaian Terdekat 2020

persyaratan-gadai-emas-di-pegadaian

Pegadaian emas atau sering disebut sebagai Kredit Cepat dan Aman (KCA) merupakan solusi bagi masyarakat yang membutuhkan dana cepat tanpa harus menjual barang berharga. Seperti apa syarat untuk menggadaikan emas di pegadaian?

Persyaratan untuk gadai emas di pegadaian terdekat tahun 2020 juga tergolong sangat mudah, apa saja itu?  Mari kita bahas syarat tersebut dengan sekalian membahas beberapa hal tentang pegadaian saat ini.

Apakah pegadaian menerima gadai emas tanpa surat? Mungkin banyak hal yang terlintas dalam pikiran kita. Maka dari itu rugi jika kamu tidak membaca artikel ini sampai selesai.

Pegadaian sebagai salah satu perusahaan BUMN terbesar selalu memberikan inovasi baru untuk mengikuti perkembangan zaman.

Di zaman digitalisasi ini, segala sesuatu bisa berubah dengan cepat. Munculnya generasi milenial menambah kemajuan yang begitu cepat terhadap transformasi pelayanan jasa keuangan seperti pegadaian.

Kita harus setuju bahwa kaum milenial sekarang ini lebih pintar mencari peluang terutama bisnis berbasis teknologi. Jadi ke mana hasil tersebut harus di investasikan?

Sekarang ini di Pegadaian sudah ada sistem tabungan emas yang sangat bagus. Kamu bisa menabung dari jumlah yang kecil yaitu 0,01 gram.

Peluang ini semestinya ditangkap oleh kaum milenial untuk menaruh hasil kerja kerasnya ke dalam investasi aman dalam jangka panjang.

Sistem Pegadaian Emas di Tahun 2020

Apakah kamu sudah tahu tentang sistem pegadaian saat ini? Perlu diketahui bahwa pegadaian emas saat ini bisa menerima jaminan barang dalam bentuk emas murni, perhiasan, dan tabungan emas.

Jangan salah, dengan memiliki tabungan emas selain bentuk investasi menguntungkan dalam jangka panjang, investasi tersebut juga bisa dipakai sebagai jaminan pegadaian.

Jadi kamu tidak perlu repot lagi menyimpan perhiasan beserta surat nota. Untuk menggadaikan emas tinggal membawa buku rekening serta tanda pengenal seperti KTP.

Selain itu tabungan kamu aman dan tidak berkurang. Sistem ini sangat menguntungkan sebagai bentuk investasi dan memenuhi kebutuhan mendesak.

Namun jika kamu ingin menggadaikan barang perhiasan seperti emas untuk mendapatkan uang cepat maka caranya tinggal datang ke pegadaian dengan membawa persyaratan tertentu.

Saat ini pegadaian juga menerima sistem konsinyasi emas. Apa itu konsinyasi emas di pegadaian?

Jadi sistem konsinyasi adalah bentuk kerja sama di mana kamu bisa membeli, menyimpan, dan menjual emas di pegadaian.

Baca Juga: Syarat Utama Mengajukan Pinjaman Briguna Karya di Bank BRI

Ketika kamu membeli emas di pegadaian, maka ketika harga naik kamu bisa menjualnya kembali untuk mendapatkan keuntungan. Jadi sistem ini lebih aman karena kamu tidak perlu repot menyimpan emas di rumah.

Sistem konsinyasi ini berjalan dalam bentuk kontrak minimal 3 bulan, jika emas tersebut laku maka keuntungan akan dibagi dengan pihak pegadaian sebagai bentuk bagi hasil.

Ada beberapa keuntungan dengan sistem konsinyasi pegadaian emas di tahun 2020:

#1. Emas menjadi lebih aman dalam penyimpanan

Dengan melakukan konsinyasi emas maka barang tersebut akan lebih aman dari pencurian dan kebakaran. Selama emas tersebut berada di pegadaian maka sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak pegadaian.

Bayangkan jika kamu menyimpan emas di rumah dan ditinggal keluar kota. Maka ada perasaan was-was jika barang tersebut akan dicuri oleh orang lain. Maka dari itu sistem konsinyasi ini sangat menguntungkan nasabah.

#2. Emas Tersebut Akan Dijual Ketika Harga Sudah Naik.

Sistem konsinyasi sebetulnya adalah sistem trading yang lebih konvensional. Kamu akan membeli emas ketika harga sedang turun, dan ketika harga sudah naik maka bisa dijual kembali.

Dengan sistem konsinyasi ini tentu saja kamu tidak perlu memonitor harga setiap waktu, tetapi bisa bekerja sama dengan pihak pegadaian untuk memberikan informasi jika harga sudah naik.

Menurut catatan history harga emas selama sepuluh tahun terakhir, harga emas selalu naik tiap tahun mengikuti nilai inflasi.

#3. Melakukan Investasi yang Aman dan Teregulasi

Sebagai perusahaan BUMN, Pegadaian tentu saja sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan legalitas yang dimiliki, maka pegadaian adalah tempat investasi yang aman serta teregulasi.

Hal ini penting bagi para investor yang ingin menyimpan uang dengan aman sehingga terhindar dari investasi bodong yang marak di masyarakat. Apalagi di zaman digitalisasi ini orang banyak tergiur dengan iming-iming hasil yang besar tanpa melihat legalitas serta risiko yang akan terjadi.

#4. Bisa Dimulai Dengan Modal yang Kecil

 Kerja sama sistem konsinyasi di pegadaian tentu saja sangat menguntungkan karena bisa dimulai dengan modal kecil. Minimal untuk melakukan konsinyasi maka hanya perlu membeli emas minimal 5 gram atau setara 3,5 Juta rupiah.

Dengan nilai keuntungan yang bisa dihasilkan dari investasi ini tentu saja sistem konsinyasi bisa menjadi salah satu pilihan investasi.

Gadai Emas di Pegadaian Tanpa Surat

Untuk saat ini, peraturan yang berlaku dalam menggadaikan emas atau barang berharga lainnya memang diperlukan kelengkapan surat dan bukti kepemilikan.

Hal itu sudah menjadi persyaratan umum bagi penyedia jasa keuangan karena demi keamanan bersama. Pegadaian juga tidak ingin menerima barang bermasalah atau masih dalam sengketa.

Baca Juga: Bahayakah Pinjaman Online Langsung Cair?

Maka dari setiap pembelian emas perlu dilengkapi dengan nota pembelian sebagai barang bukti kepemilikan sah.

Kita tahu bahwa saat ini banyak sekali model penipuan yang marak di masyarakat termasuk jual beli barang palsu. Maka dari itu dengan otentikasi barang seperti sertifikat atau nota pembelian akan memberikan jaminan keaslian barang serta jauh dari barang ilegal.

Bunga Pegadaian Emas Per Bulan

Selain persyaratan gadai emas di pegadaian terdekat, hal penting lainnya yang mesti diketahui sebelum melakukan gadai emas adalah memahami sistem bunga pegadaian emas perbulan.

Saat ini, pegadaian menerapkan bunga kredit cepat dan aman (KCA) sebesar 0,75% per 15 hari. Sistem pegadaian memberi batas waktu pinjaman maksimal 120 hari atau 4 bulan. Jika jatuh tempo maka bisa diperpanjang kembali dengan membayar biaya sewa modal saja.

Setiap emas yang mau di gadaikan akan melalui proses taksiran dan dana maksimal yang bisa dicairkan adalah 92% dari nilai taksiran tersebut.

Sebagai ilustrasi, jika emas yang ingin digadaikan memiliki nilai taksiran Rp. 10.000.000,- maka pinjaman maksimal yang bisa dikeluarkan adalah sebesar Rp. 9.200.000,-.

Untuk saat ini, pegadaian melayani pinjaman dari Rp. 50.000,- sampai dengan Rp. 5.000.000.000,-

Persyaratan Gadai Emas di Pegadaian

Seperti jasa keuangan lainnya, pegadaian juga memiliki persyaratan administrasi untuk gadai emas di pegadaian.

Syarat ini mutlak harus dilengkapi agar proses pencairan dana dapat berjalan dengan lancar. Apa saya persyaratan untuk gadai emas?

  • Fotokopi kartu identitas seperti KTP atau yang lainnya.
  • Menyerahkan barang sebagai Jaminan dalam hal ini berbentuk Emas.
  • Menyertakan surat bukti kepemilikan seperti sertifikat atau nota pembelian.
  • Calon nasabah mengisi dan menandatangani surat bukti kredit (SKB).

Syarat ini sangat mudah dan proses pencairan bisa berjalan dengan cepat. Jika kamu memiliki tabungan emas di pegadaian juga bisa menjadi jaminan pinjaman.

Langkah yang kedua ini tentu saja lebih praktis dan mudah, apalagi saat ini sudah ada aplikasi pegadaian yang bisa di download melalui aplikasi google play store.

Cara Gadai Emas di Pegadaian

Cara untuk gadai emas di pegadaian juga sangat mudah, berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu persiapkan:

  • Pertama adalah mempersiapkan syarat untuk mengajukan KCA seperti kartu identitas dan nota pembelian barang.
  • Kedua adalah mempersiapkan barang yang akan dipakai sebagai jaminan pengajuan dana KCA di pegadaian terdekat.
  • Ketiga adalah mendatangi kantor pegadaian terdekat yang melayani kredit cepat dan aman (KCA).
  • Keempat mengisi formulir pengajuan kredit cepat dan aman (KCA) dan menyerahkan barang jaminan.
  • Kamu juga bisa melakukan pendaftaran awal melalui aplikasi pegadaian.

Langkah ini sangat simpel dan  cocok dipakai untuk kamu yang membutuhkan dana cepat untuk pendidikan, atau membayar sesuatu.

Perlu diingat bahwa penggadaian menerima masa gadai maksimal 4 bulan, maka dari itu perlu memperhatikan cara untuk menebus barang tersebut. Jika jatuh tempo dan belum bisa menebus maka bisa diperpanjang atau barang tersebut akan dilelang.

Berikut video ilustrasi pengajuan kredit cepat dan aman (KCA) di pegadaian:

youtube image

Tabungan pegadaian emas

Selain tempat untuk menggadaikan emas dengan persyaratan yang mudah, pegadaian juga bisa dipakai sebagai tempat tabungan emas.

Cara ini juga sangat mudah sekali, jika perlu informasi yang tepat maka bisa datang langsung ke kantor cabang pegadaian terdekat.

Tabungan emas ini bisa dipakai untuk jaminan pegadaian tanpa kita harus membawa barang. Kamu akan lebih mudah karena produk tabungan emas merupakan salah satu paket unggulan di pegadaian.

Jika kamu ingin tahu cara menabung emas di pegadaian maka bisa baca artikel berikut ini: Cara Menabung Emas di Pegadaian Untuk Pelajar.

Berikut video mengenai tabungan emas di pegadaian:

youtube image

Oke sahabat JurnalForex, itu tadi beberapa hal tentang persyaratan gadai emas di pegadaian terdekat. Untuk informasi selanjutnya bisa datang langsung ke kantor pegadaian.

Namun setidaknya artikel ini dapat memberi gambaran awal. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar