Skip to main content

Cara Mudah Investasi atau Menabung Emas di Tokopedia

cara-investasi-emas-di-tokopedia

Investasi emas atau menabung emas adalah sesuatu yang sangat menguntungkan. Banyak orang berupaya untuk mendapatkan emas sebagai barang investasi kebutuhan di masa yang akan datang.

Saat ini kemajuan zaman sudah semakin canggih di mana orang bisa mendapatkan emas secara online seperti melalui Tokopedia.

Cara mudah investasi atau menabung emas di Tokopedia merupakan   kemajuan yang bisa dirasakan masyarakat saat ini. Hanya dengan modal yang sangat minim orang bisa membeli emas tanpa harus mengantre di toko perhiasan.

Meskipun orang bisa menabung emas melalui Pegadaian, tetapi saat ini ada alternatif lain yaitu melakukan investasi atau menabung emas melalui Tokopedia.

Beberapa waktu lalu JurnalForex sudah membuat artikel cara menabung emas di Pegadaian. Jika kamu ingin mengetahui caranya, silakan baca di: cara menabung emas di pegadaian untuk pelajar.

Investasi emas melalui Tokopedia adalah pilihan yang tepat, saat ini Tokopedia sudah bekerjasama dengan Pegadaian dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).   Hal itu menunjukkan bahwa legalitas dari fasilitas jasa jual beli emas di Tokopedia sudah mendapatkan izin resmi dari pemerintah.

Sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai kasus penipuan yang terjadi saat ini melalui program-program tidak berizin resmi. Seperti kasus yang saat ini sedang mencuat yaitu  investasi Memiles.

Investasi Emas Secara Online

Salah satu cara terbaru dan paling efektif untuk memiliki emas adalah melalui online. kita tidak perlu ber antre  untuk mendapatkan emas.

Hanya dengan melakukan beberapa langkah dan transfer maka sudah bisa mendapatkan emas dengan cepat.

Salah satu contoh investasi emas secara online yang paling terpercaya saat ini adalah melalui Tokopedia.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membeli emas yaitu melalui  transfer  ATM, m-banking, saldo Tokopedia, Ovo cash, dan sistem pembayaran lain  yang berlaku di Tokopedia.

Berikut kelebihan yang dirasakan ketika kita membeli emas melalui online:

  • Kita tidak perlu datang ke toko atau tempat pembelian emas, sehingga lebih efisien waktu dan tidak mengganggu jam kerja.
  • Cara pembayaran yang mudah melalui transaksi online seperti transfer ATM, m-banking, saldo Tokopedia,  atau Ovo cash.
  • Hasil investasi dapat dipantau secara langsung selama 24 jam
  • Sistem penjualan hasil investasi juga sangat mudah karena bisa dilakukan secara online.
  • Investasi emas dapat dicetak menjadi bentuk fisik melalui jasa pencetakan emas batangan.

Melihat kelebihan tersebut, maka investasi emas di zaman sekarang ini merupakan bentuk tabungan masa depan yang paling cepat.

Bentuk Investasi Emas Batangan

Investasi emas melalui Tokopedia yang sedang kita bicarakan saat ini merupakan salah satu bentuk investasi emas batangan. jadi transaksi jual beli yang kita lakukan melalui Tokopedia merupakan bentuk digitalisasi dari jual beli emas batangan.

Emas batangan memiliki harga yang stabil dan proses penjualan lebih mudah.  untuk harga buyback juga sangat kompetitif.

Untuk saat ini, setiap investasi emas yang kita beli melalui Tokopedia bisa dicetak melalui jasa PT Antam dengan menambah uang cetak sesuai berat emas yang kita inginkan.

Namun jika kita tidak ingin mencetak emas tersebut, maka kita bisa mendiamkan tabungan emas di Tokopedia sampai  harga naik dan mendapatkan keuntungan.

Proses jual emas melalui Tokopedia juga sangat mudah sekali karena sudah difasilitasi melalui plafon aplikasi Tokopedia dengan harga  harga buyback  yang cukup kompetitif.

Keuntungan investasi emas di Tokopedia

Selaku jasa investasi emas melalui platform online, Tokopedia berupaya memberikan fasilitas yang paling mudah sehingga memberikan nilai keuntungan bagi investor.

Berikut ini beberapa keuntungan melakukan investasi emas di Tokopedia:

  • Emas dapat dibeli dengan modal yang sangat kecil yaitu Rp500,-
  • Penjualan dapat dilakukan melalui aplikasi yang sama
  • Pendaftaran dapat dilakukan dengan cepat tanpa melalui berkas yang rumit 
  • Sistem pembayaran yang praktis dan mudah
  • Harga yang kompetitif mengikuti harga pasar
  • Dapat melakukan transfer ke rekening orang lain atau sebagai kado emas
  • Tidak perlu menyimpan emas di rumah karena berisiko hilang atau rusak

Keuntungan ini merupakan nilai lebih bagi kamu yang ingin melakukan investasi emas untuk jangka panjang.

Tetapi melalui aplikasi ini kamu juga bisa melakukan jual beli jangka pendek untuk mendapatkan keuntungan sehingga investasi emas tersebut bisa menjadi passive inkam yang menguntungkan.

Cara Investasi Emas di Tokopedia

Setelah tadi kita membahas tentang investasi emas online, bentuk investasi emas batangan, dan keuntungan investasi emas di  Tokopedia maka selanjutnya pembahasan ini kita lanjutkan mengenai cara investasi emas di Tokopedia.

Cara ini bisa dibilang sangat mudah karena aplikasi Tokopedia juga memberikan tampilan serta user experiment yang sangat baik.

Apalagi aplikasi ini ini dijalankan melalui Android di mana  hampir setiap orang sudah memiliki perangkat tersebut dan sangat familier.

Untuk melakukan investasi emas di Tokopedia tidak jauh berbeda seperti kita akan melakukan transaksi online melalui aplikasi tersebut. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah registrasi dengan mengisi data seperti nama, nomor HP, dan data pribadi lainnya.

Setelah itu tinggal melakukan verifikasi kemudian melakukan pengisian dana atau deposit ke saldo Tokopedia.

Cara pembelian emas juga bisa menggunakan alat pembayaran seperti Ovo cash atau transfer melalui ATM.

Setelah kita memiliki akun Tokopedia, maka tinggal log in dan cari menu beli emas. Setelah dibuka maka kamu tinggal memasukkan uang modal untuk membeli emas.

Setelah data sudah benar maka tinggal melakukan pembayaran dan pembelian emas selesai.

Jika kamu kurang jelas maka silakan lihat video berikut ini:

youtube image

Tip Melakukan  Investasi Emas

Jika kamu ingin melakukan investasi emas, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak mengalami kerugian atau membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan keuntungan.

  • Sebaiknya melakukan investasi emas menggunakan dana yang  bebas atau bukan merupakan uang kebutuhan pokok per bulan.  Uang tersebut harus bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama minimal 5 tahun.
  • Sebaiknya membeli emas ketika harga sudah jenuh jual, jika memiliki modal yang yang tidak terlalu besar maka bisa dilakukan secara bertahap dan rutin setiap bulan. contoh membeli emas dengan  modal Rp300.000 per bulan.
  • Investasi emas harus dilakukan dalam jangka panjang karena pergerakan harga emas cenderung stabil dan mengikuti inflasi. sehingga jika dipakai untuk investasi jangka pendek maka akan mendapatkan hasil yang kecil atau memiliki risiko yang besar.
  • Jika investasi emas sudah terkumpul cukup banyak maka bisa di alihkan ke bentuk investasi yang lain dengan nilai keuntungan yang lebih cepat seperti tanah atau properti. Hal itu bertujuan untuk mempercepat hasil investasi.

Jika kamu melakukan transaksi pembelian emas melalui Tokopedia maka perlu memperhatikan keamanan dalam proses transaksi.

Jika kamu menerima kode OTP melalui SMS maka sebaiknya jangan dikasihkan kepada orang lain.

Jika kamu menerima OTP tanpa mengetahui transaksi yang dilakukan maka sebaiknya abaikan dan jangan diberitahukan kepada ada orang  lain. Atau  bisa juga kamu melapor ke pihak jasa yang bersangkutan.

Jika kamu tidak tahu apa itu OTP, maka bisa baca artikel berikut ini: Apa Itu OTP Kartu Kredit?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar