Skip to main content

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Perusahaan Secara Online

cara-cetak-kartu-bpjs-kesehatan-perusahaan-secara-online

BPJS Kesehatan sebagai produk asuransi yang memiliki fungsi proteksi  terhadap kesehatan, saat ini telah diwajibkan oleh pemerintah untuk dimiliki seluruh rakyat Indonesia baik secara pribadi atau perusahaan.

Oleh sebab itu saat ini bisa dikatakan bahwa hampir seluruh masyarakat Indonesia telah memiliki kartu jaminan kesehatan baik dari kelas 1 sampai dengan kelas 3.

Setiap anggota akan mendapatkan kartu BPJS Kesehatan sebagai bukti keanggotaan dan berfungsi sebagai alat untuk melakukan klaim asuransi.

Sempat muncul pertanyaan di dalam masyarakat, bagaimana jika kartu tersebut rusak atau hilang, Apakah kartu tersebut akan diganti dengan kartu yang baru?

Kemudian Bagaimana caranya untuk mendapatkan kartu yang baru tersebut?

Kegunaan Kartu BPJS Kesehatan

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, perlu kamu ketahui apa saja kegunaan dari kartu BPJS Kesehatan.

Hal ini juga berhubungan dengan kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang mulai diberlakukan awal tahun 2020 ini.

Ada sebagian masyarakat yang merasa keberatan dengan kenaikan tarif iuran perbulan tersebut dan mereka berbondong-bondong untuk mengajukan penurunan level kelas BPJS Kesehatan.

Padahal kalau kita lihat lebih jauh, BPJS Kesehatan memiliki manfaat yang sangat  penting terutama ketika kita sedang jatuh sakit dan harus masuk rumah sakit.

Sedangkan untuk iuran BPJS perbulan bagi peserta mandiri, nilai tersebut sebetulnya jauh lebih murah dibandingkan dengan asuransi swasta yang ada sekarang ini.


Baca Juga: Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan


Sebagai bentuk layanan publik, BPJS Kesehatan berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Namun untuk saat ini mungkin masih ada kekurangan di beberapa sektor yang perlu perhatian khusus untuk ditingkatkan.

Untuk kartu BPJS sendiri memiliki kegunaan sebagai identitas keanggotaan dengan menyertakan nomor unik sebagai data peserta.

Kartu tersebut harus senantiasa dibawa ketika akan melakukan perawatan atau pengobatan di puskesmas dan rumah sakit.

Jika kartu tersebut hilang atau rusak, maka kamu harus mencetak kembali dengan cara online atau datang ke kantor BPJS terdekat. Cara ini tentu saja sangat mudah.

Cara Membuat Kartu BPJS Kesehatan

Saat ini pemerintah telah memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri sebagai anggota BPJS Kesehatan. Cara ini bisa dilakukan melalui online maupun offline.

Jika kamu ingin mendaftar melalui jalur offline, maka bisa langsung datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa beberapa berkas seperti: fotokopi KTP, fotokopi kartu keluarga, dan foto terbaru 3 x 4.

Selain itu kamu juga harus mempersiapkan uang iuran pertama sesuai dengan kelas yang ingin dipakai.

Untuk iuran per bulan, saat ini BPJS Kesehatan mengalami kenaikan yaitu:

  • Kelas 3 sebesar Rp 42.000,-
  • Kelas 2 sebesar Rp110.000,-
  • Kelas 1 sebesar Rp160.000,-
Jika kamu ingin mendaftar melalui jalur online, maka bisa mengunjungi website resmi BPJS Kesehatan atau download aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan.


Baca Juga: Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Tokopedia


Syarat yang dibutuhkan untuk pendaftaran secara online sama seperti ketika mendaftar melalui offline. hanya saja untuk sistem online dibutuhkan alamat email dan nomor telepon.

Melakukan pembayaran iuran pertama melalui transfer dan apabila menemukan kesulitan silakan hubungi customer service di nomor 1500  400.

Kartu BPJS Kesehatan Perusahaan

Di dalam BPJS Kesehatan, ada beberapa jenis keanggotaan yaitu:

  • Peserta penerima bantuan iuran ( PBI)
  • Peserta pekerja penerima upah ( PPU)
  • Peserta pekerja bukan penerima upah (PBPU)
  • Bukan Pekerja

Untuk peserta penerima bantuan iuran, data tersebut akan dikeluarkan oleh Badan Statistik Nasional sebagai peserta program pemerintah pusat.

Namun ada juga peserta penerima bantuan iuran melalui SK gubernur Sebagai peserta BPJS kesehatan dari pemerintah daerah.

Program tersebut ditujukan bagi masyarakat yang miskin dan kurang mampu sebagai wujud keadilan sosial.

Sedangkan untuk peserta pekerja penerima upah, akan melalui perusahaan masing-masing dan  biaya iuran akan ditanggung oleh perusahaan dan pekerja.

Untuk peserta pekerja bukan penerima upah, produk ini ditujukan bagi para pekerja jasa seperti konsultan, servis, dan sejenisnya.

Untuk peserta bukan pekerja, produk tersebut ditujukan bagi pelaku usaha yang memiliki karyawan.

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Secara Online

Menjawab pertanyaan di awal tadi yaitu bagaimana cara Cetak kartu BPJS Kesehatan jika kartu tersebut hilang atau rusak.

Cara tersebut bisa dilakukan secara online yaitu dengan cara:

Kunjungi website BPJS kesehatan atau klik link berikut ini: BPJS Kesehatan

  • Setelah terbuka silakan masukkan nomor ID dan password kamu
  • Kemudian cari “menu data” dan klik “cari data”
  • Masukkan nomor NIK  untuk mencari data
  • Jika sudah ketemu daftar peserta sesuai dengan NIK kamu, maka tinggal klik tombol “cetak kartu “

Kartu tersebut dapat kamu cetak dengan kertas biasa dan memiliki fungsi yang sama seperti kartu resmi dari BPJS Kesehatan.


Baca Juga: Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan


Jika kamu kurang puas dengan cara ini, maka sebaiknya datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan kartu pengganti jika pada kartu sebelumnya mengalami kerusakan atau hilang.

Oke sahabat JurnalForex, itu tadi cara mudah untuk cetak kartu BPJS Kesehatan secara online jika kamu membutuhkan secara tiba-tiba.

Semoga informasi ini membantu kamu dan memiliki manfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar