Skip to main content

Begini Cara Bayar BPJS Kesehatan di Tokopedia

cara-bayar-bpjs-kesehatan

Setelah kemarin kita berbicara perbedaan BPJS Ketenagakerjaan dengan BPJS Kesehatan melalui artikel Rencana Perubahan Nama BPJS Ketenagakerjaan, maka pada kesempatan ini kita akan membahas tentang cara mudah untuk membayar BPJS Kesehatan melalui e-commerce yang cukup ternama di Indonesia yaitu Tokopedia.

Cara bayar BPJS Kesehatan di Tokopedia memang sangat cepat dan mudah. Apalagi untuk mengisi saldo di e-commerce tersebut juga sangat mudah sekali. Namun tidak ada salahnya kalau JurnalForex menulis hal ini  karena siapa tahu masih ada masyarakat yang bingung untuk praktik secara langsung.

BPJS Kesehatan Terkenal dengan Kartu Indonesia Sehat.

Sekarang ini masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan istilah BPJS Kesehatan apalagi Kartu Indonesia Sehat. Dengan adanya kartu ini, maka seluruh rakyat indonesia memiliki jaminan kesehatan di mana negara ikut bagian dalam memberikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Negara yang sehat adalah negara  yang kuat, maka kesehatan menjadi tanggung jawab negara agar seluruh rakyat mendapatkan jaminan yang baik.

Meskipun negara menjamin kesehatan seluruh rakyat Indonesia, namun dalam penyelenggaraannya tidak semuanya ditanggung penuh, namun sebagian menjadi tanggung jawab pribadi masing-masing penduduk. Kebijakan ini tentu saja sesuai dengan asas keadilan bersama seluruh rakyat Indonesia.

Secara umum masyarakat menganggap bawah BPJS Kesehatan dan KIS (Kartu Indonesia Sehat) adalah produk yang sama dan semua rakyat berhak untuk mendapatkan secara gratis. Namun sebetulnya dua produk tersebut memiliki perbedaan dan peruntukannya.

Menurut Undang - Undang No 24 tahun 2011 yaitu tentang badan penyelenggara jaminan kesehatan, BPJS diciptakan sebagai badan resmi milik negara untuk mengelola dan mengatur jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat indonesia dan warga negara asing yang sudah bekerja minimal 6 bulan di Indonesia melalui mekanisme iuran tiap bulan dengan persentase antara pemberi kerja dan pekerja sesuai peraturan yang berlaku.

Sedangkan KIS (Kartu Indonesia Sehat) adalah produk jaminan kesehatan yang ditujukan bagi rakyat miskin dan tidak mampu sesuai dengan program kerja Presiden Jokowi. Iuran Kartu Indonesia Sehat bagi rakyat tidak mampu ditanggung negara sebagai wujud jaminan dan keadilan sosial. Saat ini pengelola manajemen KIS tersebut diserahkan kepada BPJS Kesehatan. Sehingga ada dua produk yang dikelola oleh BPJS Kesehatan yang memiliki kemiripan manfaat namun beda objek peruntukannya.

Memiliki BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat memang memiliki banyak keuntungan apalagi ketika tubuh sedang sakit dan membutuhkan perawatan di Rumah Sakit. Dengan adanya Kartu Indonesia Sehat maka setiap warga yang sakit akan mendapatkan asuransi kesehatan untuk menjamin obat dan biaya penginapan. Kita tahu bahwa biaya kesehatan itu tidak murah, jadi jika diri kita mempunyai jaminan kesehatan maka pikiran akan menjadi lebih tenang dan proses penyembuhan akan semakin lebih mudah.

Cara Mudah Bayar BPJS Kesehatan di Tokopedia

Untuk pemilik BPJS Kesehatan atau JKN, mereka diwajibkan untuk membayar iuran tiap bulan melalui kantor BPJS Kesehatan atau melalui media lain seperti ATM atau Tokopedia seperti yang akan kita bahas kali ini.

Cara untuk membayar BPJS Kesehatan melalui Tokopedia bisa dibilang mudah. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Pertama yang harus kamu lakukan adalah download aplikasi Tokopedia melalui smartphone dan lakukan registrasi. Langkah ini sangat mudah dan bisa kamu lakukan dengan cepat dalam waktu beberapa menit.

  • Jika sudah melakukan registrasi awal di Tokopedia, maka langkah selanjutnya adalah masuk dengan memasukkan email dan password.

  • Setelah masuk silakan pilih menu BPJS Kesehatan dan masukan nomor virtual account BPJS Kesehatan kamu dan keluarga kemudian tinggal klik Bayar BPJS.

  • Untuk menghindari kekeliruan dalam membayar BPJS Kesehatan di tokopedia, cek kembali apakah daftar nama, nomor virtucal account, dan jumlah tagihan sudah sesuai. Jika sudah benar tinggal klik lanjut.

  • Untuk kamu yang memiliki saldo TokoCash di Tokopedia, maka bisa langsung melakukan pembayaran melalui saldo kamu. Namun jika tidak memiliki bisa memilih sistem pembayaran melalui transfer bank, kantor pos atau merchant Indomaret.

  • Setelah melakukan notifikasi sistem pembayaran, maka langkah selanjutnya tinggal melakukan pembayaran dan proses selesai.


Baca Juga: Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan


Itu tadi cara mudah untuk bayar BPJS Kesehatan di Tokopedia tanpa ribet harus antre di kantor BPJS Kesehatan.

Selain kemudahan dan akses yang cepat, melakukan pembayaran melalui Tokopedi juga memberikan beberapa keuntungan seperti bonus promosi atau cashback yang diberikan oleh Tokopedia setiap melakukan transaksi pembayaran BPJS Kesehatan. Tentu saja ini menjadi nilai poin tersendiri daripada orang harus antre dan membayar ongkos parkir atau transportasi.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar