7/04/2018

Cara Melihat Breakout Palsu dan Belum Terkonfirmasi

cara melihat breakout palsu dalam trading forex
EURUSD H1


Ada beberapa kasus dimana harga sudah breakout, tetapi harga tidak segera bergerak dengan baik sesuai rencana. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan mencoba mepelajari serta mencatat beberapa pertimbangan open posisi melihat breakout yang belum terkonfirmasi sehingga menghasilkan sinyal palsu.

Catatan Agar Tidak Terjebak Pada Breakout Palsu atau Belum Terkonfirmasi.

Belajar dari beberapa kasus, maka momen yang baik untuk memanfaatkan posisi breakout adalah dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut:

Market Sedang Buka/Ramai.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kondisi market sedang buka atau tutup. Sebagai contoh pasangan EURUSD, apakah salah satu dari dua mata uang tersebut sedang tutup atau buka. Biasanya ketika market tutup, maka pergerakan akan sangat sideways dan posisi breakout menjadi tidak berfungsi dengan baik karena pergerakan harga yang tidak jelas.

Moving Avergare Sudah Berpotongan atau Belum.

Indikator ini juga bisa menjadi konfirmasi bagi posisi breakout, ketika brekaout ke bawah tetapi MA 5 dan 10 belum berpotongan maka ada kemungkinan harga akan kembali naik untuk menguji resistance. Jika menggunakan H1 sebagai trend jangka panjang, maka perhatikan posisi breakout di area M15. Contoh trading: H1 sebagai trend utama dan M15 sebagai level entry

Area Support dan Resistance.

Ketika harga belum menembus support atau resistance kuatnya maka sebaiknya tunggu sampai konfirmasi yang valid. Rencana trading kita adalah mencari momen yang paling tepat untuk melakukan eksekusi, jadi jangan terburu-buru dan serakah.

Indikator Oscillator Sudan Mendukung atau Belum.

Indikator oscillator sendiri yang saya pakai adalah stochastick oscillator, perhatikan indikator di M15, M30 dan H1 apakah sudah selaras dan mendukung pergerakan yang sama? Jika belum maka jangan terburu-buru untuk masuk market. Bagi yang ingin melihat trading dengan stochastik multiple timeframe baca artikel ini: Strategi trading menggunakan multiple stochastick oscillator.

Itu tadi beberapa pertimbangan konfirmasi indikator dan sinyal trading agar tidak terjadi banyak kesalahan. Menunggu perpotongan MA adalah poin penting pertama setelah breakout. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa memberi tambahan ilmu bagi kita semua.



Terimah kasih atas kunjungan Anda.
Silahkan tulis komentar Anda sesuai dengan tema artikel pada kolom di bawah ini:
EmoticonEmoticon