--> Skip to main content

Tips Investasi Properti Menguntungkan Menambah Tabungan

Tips Investasi Properti

Properti menjadi salah satu kebutuhan yang penting dalam kehidupan manusia. Siapapun memerlukan tempat tinggal, karena kita tahu bahwa tempat tinggal seperti rumah dibutuhkan untuk tempat berkumpul keluarga dan tempat berlindung dari panas dan hujan.

Sekarang ini selain sebagai kebutuhan pokok, orang sudah mulai sadar bahwa rumah bisa menjadi instrumen investasi yang menguntungkan hingga menambah cuan tabungan.

Hal di atas disebabkan oleh nilai harga rumah dari tahun ke tahun terus meningkat. Apakah kamu juga tertarik untuk berinvestasi dalam bidang properti?

Nah, supaya lebih meyakinkan, mari lihat beberapa tips investasi properti berikut ini sehingga makin bersemangat untuk berinvestasi demi masa depan.

Banyak investor memilih tanam modal pada investasi di bisnis properti. Upaya itu dilakukan sebagai jalan menyelamatkan harta yang dimiliki dari "gerusan" inflasi. Menyebabkan banyak developer berlomba-lomba membangun properti.

Jenis investasi properti dapat berupa bangunan vertikal (apartemen) atau horizontal (rumah). investasi bisa pilih yang jangka pendek maupun jangka panjang.

Seseorang yang ingin terjun dalam investasi properti. Pasti harus mempertimbangkan berbagai hal agar tidak jatuh pada permasalahan yang akan merugikan.


Baca Juga: Cara Investasi Properti

Bukannya untung malah menanggung rugi. Jadi, ketika akan bekerja sama maupun memilih properti, maka lihat beberapa tips investasi properti yang bisa diperoleh dari berbagai sumber.

Jenis investasi properti termasuk pada pembelian aset, kepemilikan, penyewaan, pengelolaan dan penjualan properti/realestate untuk hasilkan keuntungan/profit.

Berniat untuk berinvestasi maka pertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan. Apalagi diketahui kalau investasi apapun tidak ada yang sempurna.

Ada kelebihan dan kekurangan investasi properti yang akan terjadi. Sehingga, pertimbangan diperlukan dan tidak lupa untuk berdiskusi serta bermusyawarah untuk lebih memantapkan dalam investasi.

Investasi Properti Punya Kelebihan dan Kekurangan

Tips investasi properti sangat perlu diketahui. Namun, sebelum itu penting mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam investasi properti. Agar bayang-bayang keraguan serta ganjalan pikiran bisa teratasi.

Apalagi dengan harga properti yang mahal pasti jadi pertimbangan. Diperlukan niat sungguh-sungguh dan perjuangan demi masa depan.

Investasi properti tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan karena itu bagian dari sifat investasi.

Properti menjadi target investasi supaya aset maupun harta menjadi bertambah bernilai. Pastinya aman dan nyaman untuk menopang kehidupan diri sendiri dan keluarga.


Baca Juga: Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Berikut kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui terlebih dahulu :

Investasi Properti Memiliki Risiko rendah

Investasi properti memiliki risiko rendah. Diketahui dari pergerakan nilai nilai properti yang cenderung stabil. Dibandingkan jika berinvestasi saham. Investasi di properti tidak berbeda jauh dengan investasi emas.

Dilihat dari kelebihannya investasi itu. Jadi, kalau ingin memulai investasi dan berisiko rendah pilih saja investasi properti.

#1 Nilai keuntungan meningkat dari tahun ke tahun

Keuntungan yang diperoleh dari investasi properti cukup menggiurkan. Tetapi, diperlukan pengetahuan mengenai investasi properti supaya mendapatkan keuntungan besar.

Properti menjadi salah satu investasi yang peminatnya terus meningkat karena banyaknya permintaan akan properti. Sehingga, nilainya terus mengalami lonjakan. 

#2 Bisa dijadikan agunan

Menambah investasi properti jenis properti lain. Properti yang dimiliki bisa dijadikan agunan guna mengajukan pinjaman lain.

Mengetahui jenis properti yang menguntungkan. Dilihat dari segi modal, jangka waktu balik modal, keuntungan yang didapatkan, dan perhitungan berapa tanggungan hutang yang harus dibayar dalam waktu tertentu.

#3 Terlihat secara fisik.

Investasi properti menguntungkan karena terlihat pasti bentuk fisiknya. Seperti jenis properti berupa rumah, apartemen, ruko/kios/toko, kos-kosan/kontrakan, dan tanah.

Dibandingkan dengan investasi saham dan emas yang tidak terlalu terlihat fisiknya. Investasi properti menjadi disukai oleh orang-orang.

#4 Modal Besar

Pada awal berinvestasi properti tentu akan mengeluarkan modal besar. Dipergunakan untuk membeli properti. Modal yang dikeluarkan sebenarnya disesuaikan dengan jenis properti.

Di sini mesti paham investasi properti agar modal yang dikeluarkan bisa mendatangkan keuntungan besar dan penhasilan bisa berlipat-lipat.

#5 Kekosongan Hunian

Siap promosi atau iklan properti  yang dimiliki. Tidak ragu dan terus belajar untuk pasang iklan melalui media sosial apapun agar orang mengetahui bahwa properti siap digunakan.

Waspadai ketika properti tidak dihuni/kosong tetap harus keluarkan biaya perawatan.

#6 Potensi Kerusakan Properti

Investasi properti berbentuk fisik, sehingga kerusakan akan mungkin saja terjadi. Kerusakan bisa dipengaruhi perubahan cuaca, kebakaran, perampokan, dan lainnya.

Diperlukan pengetahuan mengenai tips investasi properti sebagai pertimbangan yang berkaitan dengan biaya-biaya perawatan dan renovasi.

#7 Penghasilan Pasif

Investasi properti mempunyai penghasilan cenderung tidak sedikit. Akan tetapi penghasilan ini tergolong pasif. Artinya penghasilan yang diperoleh pada bulan ini belum tentu sama dengan bulan berikutnya.

Bisa jadi bulan ini mendapatkan penghasilan sedikit lalu bulan depan memperoleh penghasilan yang lebih besar.

Tips investasi properti agar membuat keuntungan pemilihan investasi properti mengingat bahwa properti mempunyai peluang besar untuk masa depan.

Peminat investasi properti makin banyak karena tahu menguntungkan dengan hasil besar. Apabila memutuskan investasi properti, jangan bosan belajar mengenai investasi properti supaya lebih paham tentang investasi properti.

Berfikir investasi properti dibutuhkan modal besar. Padahal, bisa dengan cara investasi properti modal kecil.

Seperti menjadi agen properti atau melalui sebuah situs Crowdfunding. Metode ini menjadikan bagian dari sekelompok orang mengumpulkan dana guna membeli sebuah aset properti.

Keuntungan yang didapat nantinya dibagi kepada penyumbang dana. Pilihlah situs Crowdfunding terpercaya. Berikut tips berinvestasi Properti.

Siapkan Modal

Hal utama dipersiapkan untuk memulai investasi tentunya modal.. Persiapan ini dilakukan agar dapat dipergunakan untuk membeli berbagai jenis properti, seperti tanah, apartemen, kantor kios, toko, rumah, dan gudang.


Baca Juga: Hukum Asuransi Dalam Islam

Diperlukan sedini mungkin untuk menyisihkan uang dengan membuat tabungan khusus.

Fokus Tujuan Utama Berinvestasi

Tips investasi di properti ini dengan menentukan jenis properti sesuai keinginan merupakan hal penting. Kemudian, tujuan dari investasi supaya mempunyai aset properti untuk bisnis.

Sehingga, properti memang untuk disewakan dan menghasilkan return. Maka, fokus pada tujuan dari investasi yang akan dilakukan.

Mulai Investasi Properti Kecil

Berinvestasi properti tidak langsung besar. Bisa mulai dari terkecil atau sederhana. Misalkan membeli tanah tidak terlalu luas, lalu dibangun kamar kos maupun kontrakan dan disewakan.

Ada lagi dengan membeli rumah second lalu direnovasi. Setelah itu dijual dengan harga tinggi, sehingga mendapatkan keuntungan dari penjualan. 

Tentukan Jangka Waktu

Menentukan jangka waktu termasuk tips investasi di properti sebab harus memiliki target berkaitan dengan investasi yang dilakukan.


Baca Juga: Main Saham di Reksadana

Mencapai target dapat dilakukan berapa lama waktunya. Menentukan target berpengaruh terhadap jenis investasi properti yang dipilih. Apakah nantinya akan memberikan keuntungan secara cepat atau tidak.

Buat Strategi Investasi

Keuntungan akan diperoleh jika membuat strategi investasi tepat. Mengetahui kapan waktu tepat membeli properti. Ada kalanya harga properti turun dan naik sebab dipengaruhi oleh perekonomian global.

Lakukan pemantauan selalu mengenai perkembangan terkini dari berita di media massa maupun bertanya pada orang lain.

Memilih berinvestasi properti selain dari tips investasi properti yang dibaca. Mulailah perbanyak diskusi serta meminta saran kepada orang yang sudah memiliki pengalaman dalam investasi properti. Tidak pernah bosan memantau dan mengecek perkembangan harga pada properti.

Sehingga tidak ketinggalan pemberitaan terbaru. Itulah tips berinvestasi dalam bidang properti yang perlu diketahui dan siapkan. Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar