--> Skip to main content

Siapa Pelaku Pasar Valuta Asing Sebetulnya?

pelaku pasar valuta asing

Meningkatnya kegiatan bisnis antar negara berimbas pada meningkatnya pertukaran mata uang asing. Kegiatan pertukaran mata uang asing ini diselenggarakan di pasar valuta asing atau sering di sebut juga sebagai bursa valuta asing.

Banyak pihak yang terlibat dengan berbagai kepentingan. Transaksi di dalam pasar valuta asing ini berlangsung selama 24 jam. Selama jam kerja dunia masih buka, kegiatan perdagangan mata uang asing ini tidak pernah berhenti.

Siapa saja sebetulnya pelaku dalam pasar valuta asing? Hal tersebut yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Valuta Asing Itu Apa?

Valuta asing itu apa? Valuta asing atau biasa disebut valas merupakan alat pembayaran internasional yang digunakan dalam perdagangan dunia yang berupa mata uang.


Baca Juga: Fungsi Pasar Valuta Asing

Pelaku dalam valuta asing dari berbagai negara telah menerima dan mengakui penggunaan mata uang tersebut. sering menggunakan mata uang suatu negara yang memiliki peran besar dalam perekonomian di banyak negara.

Fungsi Valuta Asing

Fungsi valuta asing adalah sebagai alat pembayaran antar negara sehingga melancarkan perdagangan internasional. Selain itu valuta asing juga berfungsi sebagai alat tukar internasional dan alat pengendali kurs.

Karena digunakan untuk pasar internasional nilai valuta asing cenderung berubah setiap waktu yang melibatkan pelaku dalam pasar valuta asing.

Bagaimana Cara Jual Beli Valuta Asing

Hal pertama yang harus dilakukan untuk melakukan jual beli valuta asing adalah menyiapkan kas yang digunakan untuk melakukan transaksi. Kemudian carilah broker yang menawarkan sebaran rendah.

Periksa terlebih dahulu situs induk sebelum membuat rekening untuk broker untuk memastikan situs terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan OJK. Anda sudah bisa memulai transaksi dengan broker dan dapat memantau perkembangan investasi.

Siapa Saja Pelaku Di Dalam Pasar Valuta Asing

Pasar valuta asing memiliki dua kategori yaitu pasar antar bank (inter bank market) dan pasar klien (client market). Pasar antar bank merupakan pasar yang lebih aktif dibanding pasar klien.


Baca Juga: Prinsip Dasar Bank Syariah

Transaksi dilakukan di dalam negeri maupun secara internasional dengan jumlah transaksi yang jauh lebih besar. Dalam pasar klien, bank bertransaksi dengan nasabah yang tidak memiliki akses antar bank. Berikut ini merupakan pelaku dalam pasar valuta asing.

Bank Sentral

Bank sentral memegang peran penting di dalam mekanisme pasar valuta asing, karena memiliki fungsi sebagai stabilisator di pasar valuta asing. Bank yang merupakan otoritas keuangan tertinggi dari sebuah negara ini, selalu berusaha mengendalikan suplai mata uang, suku bunga dan inflasi.

Terkadang cadangan devisa yang ada dimanfaatkan untuk jual beli mata uang domestik, sebagai usaha untuk membuat stabil kurs di pasar valuta asing.

Bank sentral terjun dalam pasar valuta asing agar kurs mata uang domestik berada di kisaran nilai terbaik dengan melakukan intervensi.

Nilai kurs mata uang domestik menjadi stabil dan bisa menguntungkan untuk pertumbuhan ekonomi negara. Kurs yang relatif stabil tersebut juga memberikan dampak positif pada laju perekonomian negara.

Bank Umum

Bisa dikatakan bank-bank umum bertaraf internasional menjadi pelaku utama yang menciptakan pasar valuta asing. Bank umum bertindak sebagai dealer di kedua kategori pasar valuta asing yaitu pasar klien dan pasar antar bank.

Selain melayani nasabah yang bertransaksi valuta asing, bank juga bertransaksi atas rekening sendiri untuk memenuhi kewajibannya dalam bentuk valuta asing.

Bank akan mendapat keuntungan dari selisih kurs jual dan beli, keuntungan akan menjadi sedikit karena persaingan ketat antar bank. Bank umum dengan skala internasional mendominasi sekitar 60 persen dari nilai transaksi seluruh dunia.

Pergerakan mata uang asing relatif lebih cepat saat pasar Eropa buka. Hal ini karena bank-bank Eropa menempati peringkat atas dalam nilai transaksi seluruh dunia.

Dunia Usaha

Salah satu pelaku dalam pasar valuta asing yang memiliki peran adalah dunia usaha. Beberapa perusahaan melakukan transaksi dalam aktivitas jual beli barang dan jasa dengan menggunakan mata uang asing.

Apalagi perusahaan yang melakukan ekspor dan impor barang, pasti akan membutuhkan mata uang asing untuk digunakan saat bertransaksi. Sebagai media transaksi pembayaran, dunia usaha memerlukan konversi dari mata uang satu ke mata uang yang lain.

Kebutuhan akan mata uang asing dari suatu perusahaan relatif lebih kecil di bandingkan dengan kebutuhan bank-bank besar. Transaksi yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan tersebut tidak memberikan pengaruh yang berarti terhadap perubahan kurs.

Namun, dalam jangka panjang perdagangan valuta asing dari dunia usaha merupakan faktor yang bisa mempengaruhi perubahan kurs.

Perusahaan Manajemen Investasi

Perusahaan manajemen investasi adalah sebuah perusahaan yang mengelola sejumlah rekening atas nama nasabah. Tujuan perusahaan ini melakukan transaksi di bursa valuta asing adalah untuk mendapatkan mata uang tertentu.

Mata uang tersebut kemudian digunakan untuk transaksi di luar negeri seperti, jual beli saham. Transaksi valuta asing yang dilakukan perusahaan manajemen investasi bukan tujuan utama untuk memperoleh keuntungan yang besar.

Pialang Mata Uang Asing

Pialang mata uang asing merupakan perusahaan yang melakukan kegiatan jasa perantara bagi nasabah di bursa valuta asing. Menghubungkan pembeli dan penjual dalam sebuah transaksi adalah tugas pialang.

Pialang bertindak atas nama nasabah, perorangan atau bank, dan mendapatkan kompensasi atas jasa yang dilakukannya.

Individu Sebagai Pelaku Dalam Pasar Valuta Asing

Ada beberapa hal yang menjadikan masyarakat atau individu menjadi pelaku dalam pasar valuta asing. Seperti, kegiatan spekulasi yang mengambil manfaat dari fluktuasi nilai valas untuk mendapatkan keuntungan.

Selain itu memenuhi kebutuhan konsumsi saat berada di luar negeri juga membuat individu melakukan transaksi menggunakan mata uang asing.

Misalnya, sebuah keluarga melakukan perjalanan wisata keluar negeri. Untuk biaya akomodasi selama di luar negeri mereka harus menukarkan mata uangnya dengan mata uang negara yang di kunjungi.

Sebagai contoh lain orang tua yang membayar sekolah anaknya di luar negeri harus menggunakan mata uang negara tempat anaknya bersekolah. Dan masih banyak lagi kegiatan individu sebagai pelaku valuta asing.

Dealer

Dealer yang biasa disebut sebagai market maker memiliki fungsi sebagai pihak yang membuat pasar valuta asing lebih bergairah. Umumnya dealer lebih fokus pada mata uang tertentu saja dan menentukan persediaan mata uang tersebut.


Baca Juga: Cara Main Saham Reksadana

Keuntungan dealer di peroleh dari selisih harga jual beli mata uang asing di bursa valuta asing. Biasanya yang menjadi dealer adalah bank di seluruh dunia dan ada beberapa yang non-bank.

Spekulan Dan Arbitrator

Berbeda dengan dealer arbitrator dan spekulan bertindak atas nama sendiri, tidak diharuskan melayani pembeli dan tidak menjamin kelangsungan pasar. Arbitrator adalah pihak ketiga yang bisa memaksakan suatu kesepakatan untuk mendapat keuntungan dari perbedaan harga di berbagai pasar. Sedangkan Spekulan adalah orang yang melakukan spekulasi perubahan nilai valas tertentu untuk mendapatkan keuntungan dari fluktuasi harga di bursa valas.

Pemerintah Dan Institusi

Institusi yang dimaksud di sini adalah institusi-institusi keuangan yang memiliki investasi internasional. Seperti perusahaan asuransi, bank investasi, mutual fund dan dana pensiun. Sedangkan tujuan pemerintah masuk ke pasar valuta asing adalah mencari keuntungan agar menambah pendapatan nasional. Pendapatan yang di peroleh dari pasar valas nantinya akan ditukar ke mata uang negara tersebut.

Demikian tadi ulasan mengenai siapa saja pelaku pasar valuta asing. Dalam ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa setiap yang melakukan transaksi menggunakan mata uang asing merupakan pelaku dalam pasar valuta asing. Seperti individu, perusahaan, perbankan dan lain-lain. Semoga ulasan tadi bermanfaat untuk menambah wawasan ekonomi Anda.

Comment Policy: Trading Forex, Saham dan Cryptocurrency adalah bisnis yang memiliki risiko tinggi. Pastikan kamu memiliki pengetahuan yang cukup sebelum menjalankan bisnis ini. Kami tidak bertanggung jawab atas segala risiko dalam trading kamu. Kami hanya memberikan informasi dasar mengenai bisnis trading. Apa yang kami tulis belum tentu memberikan kebenaran 100%. Silahkan kamu mencari referensi lain tentang apa yang kami tulis jika kamu rasa kurang sempurna.