--> Skip to main content

Cara Mudah Perhitungan Bunga Deposito BCA Saat Ini

Perhitungan Bunga Deposito BCA

Anda pasti tidak asing mendengar jenis simpanan deposito di perbankan. Deposito adalah salah satu jenis investasi yang menjanjikan suku bunga tetap dalam jangka waktu tertentu. Dalam jangka waktu tertentu pemilik deposito sepakat untuk tidak mengambil uang yang telah masuk deposit. Pihak bank akan menawarkan jangka waktu, mulai dari 1, 3, 5, 12 atau 24 bulan dengan suku bunga kompetitif sesuai yang ditawarkan bank kepada nasabah.

Cara untuk perhitungan bunga deposito BCA hanya akan dilakukan  pada akhir periode investasi. Sedangkan rekening tabungan biasa, bunganya dihitung setiap hari dan diberikan kepada nasabah setiap akhir bulan.

Sudah banyak orang melakukan investasi dengan cara deposito. Apakah Anda juga berniat berinvestasi?

Bagi Anda yang ingin berinvestasi, deposito BCA bisa menjadi pilihan Anda. Di sana uang Anda akan bekerja dengan sendirinya. Deposito BCA menjadi pilihan investasi tepat dengan bunga yang kompetitif serta memiliki pilihan jangan waktu tertentu.


Baca Juga: Cara Mengubah Tagihan Kartu Kredit BCA Jadi Cicilan

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai berapa bunga deposito BCA serta cara perhitungannya.

Jika Anda memutuskan untuk melakukan investasi deposito di Bank BCA, Anda bisa melakukan perhitungan simulasi untuk mengetahui sejauh mana investasi deposito memberi keuntungan.

Anda bisa mengetahui berapa hasil yang didapat nantinya dengan menghitung komposisi antara jumlah uang yang telah di deposit, jangka waktu serta suku bunga deposito. Maka, sebelum berinvestasi deposito di BCA sebaiknya Anda melakukan simulasi deposito terlebih dahulu.

Deposito diyakini sebagai salah satu cara berinvestasi paling aman dan menguntungkan. Selain itu, suku bunga yang didapatkan pun lebih tinggi dibandingkan dengan rekening tabungan lainnya.

Untuk itulah deposito menjadi pilihan banyak kalangan, baik itu ibu rumah tangga pekerja muda. Oleh karena itu, memiliki deposito adalah cara terbaik daripada sekedar di rekening biasa.

Apalagi untuk Anda yang memiliki rencana jangka waktu tertentu menggunakan uang tersebut. Memilih deposito akan lebih baik, sebab akan ada imbal hasil yang akan Anda terima.

Namun, sebelum memulainya Anda harus mengetahui perhitungan bunga deposito BCA. Agar Anda mengetahui secara jelas hasil yang akan Anda dapatkan nantinya.

Apa Saja Syarat Membuka Deposito di BCA

Apakah Anda sudah siap membuka rekening deposito BCA? Syarat deposito BCA harus Anda ikuti sebelum membuka rekening deposito. Terdapat tiga poin syarat untuk membuka rekening deposito berjangka. Berikut ini adalah syarat yang harus Anda penuhi.

  • Mengisi formulir permohonan pembukaan rekening deposito secara lengkap.
  • Foto copy identitas diri Anda yang masih berlaku. Bisa menggunakan jenis identitas, seperti KTP, paspor atau NPWP bagi warga Indonesia dan kartu identitas atau paspor bagi warga negara asing.
  • Memenuhi uang setoran awal.

Syarat selanjutnya, yaitu harus membayar setoran awal. Adapun jumlah uang setoran awal sesuai dengan ketentuan dari BCA.

Nah, itulah ketiga syarat yang harus Anda penuhi agar bisa membuka rekening deposito BCA.

Berapa Minimal Setoran Awal Deposito di BCA

BCA memiliki limit setoran awal yang rendah jika dibandingkan dengan bank lainnya. Anda harus menyediakan minimal deposito BCA sebesar Rp 8 juta.


Baca Juga: Cara Menggunakan Kartu Kredit BCA

Di BCA Anda juga bisa membuka deposito Valas, yaitu deposito dalam mata uang asing. Bank ini menerima sembilan mata uang asing. Namun, setiap mata uang tersebut memiliki limit simpanan masing-masing.

Untuk dolar Amerika, membutuhkan dana minimal USD1000 dan yen Jepang sebesar 150.000 JPY. Membuka deposito Valas memang jauh lebih menguntungkan, namun nilainya sangat bergantung pada tingkat suku bunga di pasaran.

Perbedaan Deposito dengan Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka tentu berbeda dengan deposito. Kedua instrumen investasi ini memang memiliki mekanisme yang hampir sama. Namun, kedua jenis simpanan ini mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Dua faktor utama perbedaan antara deposito dengan tabungan berjangka, yakni suku bunga dan fleksibilitas.

Apabila Anda menabung di bank, Anda dapat mengakses uang Anda kapan pun dan di mana pun. Namun, bunga yang akan Anda peroleh sangat kecil, sekitar 0-5% per tahunnya.

Jumlah tersebut belum dipotong biaya administrasi per bulannya. Tabungan berjangka proses mendapatkan untungnya berbeda dengan deposito.

Untuk tabungan berjangka Anda diharuskan menyetor uang di awal. Kemudian menyetor setiap bulannya hingga tiba jatuh tempo yang sudah disepakati. Bunga yang ditawarkan setiap bank tentu bervariasi.

Perlu Anda ketahui, dalam tabungan berjangka, jika nasabah menarik tabungan sebelum tenggat waktunya, maka akan dikenakan penalti. Berbeda dengan deposito yang hanya mengharuskan Anda menyetor uang di awal.

Dalam rekening deposito, Anda tidak diperbolehkan menambah jumlah uang deposito yang sedang berjalan. Saat Anda ingin menghentikan deposito sebelum waktu jatuh tempo, Anda akan dikenakan penalti.

Namun, ada sebagian bank ada yang mengembalikan saldo awal tanpa bunga. Perbedaan lainnya, pajak dari bunga deposito lebih besar yakni 20%. Meskipun begitu, bunga tetap lebih tinggi daripada tabungan berjangka.

Keuntungan Membuka Rekening Deposito BCA

Tujuan utama seseorang berinvestasi dengan deposito pasti ingin mendapatkan keuntungan dan kemudahan. Di BCA Anda bisa mendapat keuntungan lebih.

Setelah mengetahui deretan kelebihannya dan mencoba melakukan perhitungan bunga deposit BCA, pasti Anda tidak akan ragu untuk segera berinvestasi. Berikut keuntungan membuka rekening deposito di BCA. 

  • Anda bisa memilih sendiri waktu deposito-nya.
  • Anda bisa menentukan apakah Anda ingin dalam jangka 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan.
  • Selain deposito rupiah, Anda juga bisa deposito menggunakan mata uang asing.
  • Bunga deposito yang didapatkan nasabah bisa ditransfer ke dalam rekening tabungan milik nasabah.
  • Non-Automatik Roll Over.
  • Ini adalah deposito berjangka yang akan berakhir pada akhir jangka waktu sesuai yang telah disepakati.
  • Automatik Roll Over.
  • Ini adalah perpanjangan deposito otomatis dalam jangka waktu yang sama tanpa pemberitahuan lebih lanjut dari pihak deposan.
  • Bunganya akan terus bertambah setiap kali melakukan perpanjangan waktu.

Langkah Perhitungan Bunga Deposito di BCA

Sebelum membuka rekening deposito BCA, Anda bisa melakukan perhitungan bunga deposito BCA sendiri. Caranya, asumsi kan Anda mendepositokan uang sebesar 15 juta rupiah selama dua belas bulan. 

Maka, berapa keuntungan yang akan Anda dapatkan? Anda akan mendapatkan bunga dari BCA saat ini sebesar 5,1% untuk deposito selama dua belas bulan. Anda juga akan dikenakan pajak atas bunga deposito sebesar 20%.

Adapun rumus nya sebagai berikut:

Suku bunga di kali jumlah deposito kali jumlah hari selama tenor kali persentase bunga deposito setelah pajak : jumlah hari setahun.

  • Suku bunga BCA dalam masa 12 bulan = 5,1 %
  • Jumlah deposito = 15 juta rupiah
  • Jumlah hari selama tenor = 365 hari
  • Persentase bunga deposito setelah pajak = 100% - 20% = 80%
  • Jumlah hari dalam setahun = 365 hari.
  • Maka, perhitungannya yaitu= 5,1% x 15.000.000 x 365 x 80% : 365 = Rp. 612.000,-

Nah, hasil perhitungan bunga deposito di bank BCA yang akan Anda dapat dengan pendapatan bersih sebesar Rp. 612.000 setelah jatuh tempo.

Menyimpan uang dengan cara deposito memang lebih menguntungkan daripada sekedar di rekening. Hal tersebut, karena deposito jangka panjang tidak dikenakan biaya administrasi.


Baca Juga: Cara Aktivasi PIN Kartu Kredit BCA

Sehingga uang Anda dapat bertambah, bukannya menyusut karena biaya bulanan. Anda pun tidak akan kena biaya jika sewaktu-waktu ingin menarik dana tersebut sebelum jatuh tempo.

Demikianlah mengenai deposito BCA dan perhitungan bunga deposito di bank BCA. Anda pun bisa menghitung bunga deposito melalui situs atau aplikasi yang disediakan oleh pihak ketiga. Namun, perhitungan secara manual lebih memuaskan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar