--> Skip to main content

Keuntungan dan Manfaat Bisnis Online Yang Harus Kamu Tahu!

Keuntungan dan manfaat bisnis online

Saat ini membuka bisnis tidak hanya bisa dilakukan secara offline, tetapi justru lebih menguntungkan dengan membuka secara online. Kabar baiknya keduanya bisa dilakukan secara bersamaan. Sayang jika hanya menggunakan strategi pemasaran secara offline. Sedangkan internet telah menjadi gaya hidup masyarakat masa kini.

Banyak sekali manfaat bisnis online yang bisa kamu dapatkan ketika menjadikannya salah satu strategi pemasaran dalam bisnis yang kamu jalankan.

Selain itu, bisnis dengan cara ini juga bisa dilakukan oleh orang-orang yang tidak mampu membuka bisnis secara offline. Keuntungan bisnis online lebih besar serta jenisnya juga lebih variatif.

4 Keuntungan Menjalankan Bisnis Secara Online

Keuntungan bisnis online telah dirasakan oleh para pebisnis yang kini penjualannya sudah menjangkau pasar secara luas. Keuntungan yang mereka dapatkan tidak sedikit. Setidaknya ada empat keuntungan diantaranya:


Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online

Dapat Dilakukan Dengan Modal Kecil

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan dengan melakukan bisnis secara online yaitu dengan modal sedikit kamu sudah bisa bisnis. Karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membangun gedung sebagai tempat bisnis.

Selain itu, kamu tidak perlu stok barang di rumah, tetapi bisa menjadi seorang reseller. Menjual produk dari orang lain apabila telah ada yang memesannya. Dengan cara ini modal yang kamu keluarkan tidak banyak.

Jangkauan Pasar Lebih Luas

Saat menjalankan bisnis offline,  pembeli yang datang sangat terbatas. Biasanya hanya orang-orang disekitar bisnis itu yang dapat menjangkau tempat tersebut. Dengan demikian, jumlah pelanggan yang datang jumlahnya sedikit, sehingga keuntungan yang akan didapatkan juga relatif kecil.

Apabila bisnis yang kamu miliki dikembangkan secara online, maka jangkauannya lebih luas dan mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

Fleksibel

Berbeda dengan bisnis offline yang memberlakukan jam buka dan tutup, bisnis secara online bebas kapan saja. Bisnis dengan sistem ini bisa dilakukan sesuai keinginan pemiliknya. Tidak perlu kemana-mana cukup di depan laptop atau ponsel pintar, pemilik bisnis sudah dapat menjalankan bisnisnya.

Keuntungan Yang Lebih Tinggi

Bisnis online saat ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi. Bisnis dengan sistem ini telah dijalani oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. Tidak mengenal usia, ras atau suku. Semua orang dapat melakukan bisnis ini dengan mudah, bahkan hanya modal ponsel dan jaringan internet. 

6 Manfaat Bisnis Online Untuk Keberhasilan Bisnis

Bagi banyak perusahaan menggunakan sistem online adalah untuk menghemat biaya operasional perusahaan. Nah ini termasuk salah satu manfaat bisnis online yang telah dirasakan oleh pebisnis kelas kecil atau kelas kakap. Selengkapnya simak pembahasan berikut ini:

Mudah Mendapatkan Target Pasar

Menggunakan sistem online, para pebisnis dapat dengan mudah menentukan sendiri target market. Misalnya dengan menawarkan produk-produk tertentu sesuai dengan kebutuhan sebuah komunitas melalui forum maupun jejaring sosial.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan strategi bisnis online dengan google ads untuk memperluas jangkauan pasar.

Barang Dapat Dikelola Dengan Mudah

Apabila kamu seorang pebisnis yang menjual produk atau barang dengan memanfaatkan website, sistem ini sangat membantu. Pasalnya situs telah menyediakan cara pengelolaan barang dan pergudangan. Dengan demikian persediaan barang dapat dilihat dengan mudah. Bahkan bisa jadi kamu tidak membutuhkan etalase atau menjual barang sesuai pesanan konsumen saja.

Bisa Dilakukan Kapanpun

Manfaat bisnis online selanjutnya adalah tidak terbatas ruang dan waktu, bisa dilakukan kapan saja. Pelanggan bisa mengunjungi situs setiap waktu asalkan tetap terhubung dengan jaringan internet. Kamu juga dapat melayaninya dengan mudah karena tidak ada tawar sehingga transaksi lebih cepat.

Pelayanan Lebih Fokus

Untuk melayani pembeli sangat terbantu dengan sistem komputer yang memfokuskan kepada pengunjung yang akan melakukan pembelian. Karena sistem komputer ini dapat menampung semua pesanan dalam jumlah yang banyak. Sehingga kamu tidak akan khawatir lagi ada pelanggan yang terabaikan.

Hubungan Dapat Lebih Efektif

Manfaat bisnis online juga meliputi hubungan antara penjual dengan pembeli lebih efektif dan intens. Misalnya sebuah produk telah memiliki brand sendiri, kemudian membangun sebuah grup yang berisikan informasi tentang produknya.

Nah,  biasanya para konsumen ini akan langsung menghubungi penjual untuk membeli produk. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kelompok sosial untuk menjaring sebuah jaringan.

Mudah Dilihat Pengunjung

Saat ini internet adalah hal yang sudah biasa digunakan oleh masyarakat. Nah, dengan internet tersebut bisnis kita lebih mudah dilihat. Semakin banyak yang mencari perusahaan kamu, maka persentase kemungkinan mendapatkan untung lebih banyak. Apalagi jika yang kamu jual adalah produk terbaik.


Baca Juga: Manfaat Bisnis Online

Jenis-jenis Bisnis Online Yang Menguntungkan

Sayang apabila manfaat bisnis online itu terlewat begitu saja padahal teknologi semakin canggih. Pasalnya, kesempatan untuk berbisnis saat ini semakin terbuka lebar dengan adanya internet. Nah, apabila kamu masih bingung mau bisnis apa. Berikut ini jenis-jenis bisnis online yang bisa kamu coba!

Afiliasi Bebas Bayar

Selanjutnya bisnis online yang menghasilkan pundi-pundi rupiah adalah program afiliasi atau referral. Sistem dari bisnis ini yaitu kamu akan diberi komisi apabila berhasil mengajak konsumen untuk menggunakan produk yang telah disediakan program afiliasi.

Honor yang diberikan tergantung pada skala bisnis dan tingkat kesulitan untuk mengajak konsumen. Bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan mengajak dan jaringan yang luas.

Bisnis Online Shop

Salah  satu bisnis yang sudah familiar dilingkungan kita adalah bisnis online shop. Kamu bisa memanfaatkan akun-akun media sosial seperti Instagram, twitter, whatsapp, facebook dan beberapa platform jual beli online lainnya.

Sebenarnya strategi bisnis di Facebook dan akun media sosial lainnya tidak jauh berbeda. Seperti penggunaan google ads dan memanfaatkan komunitas-komunitas.

Pada dasarnya online shop tidak berbeda dengan toko offline yang ada. Yakni menyediakan produk atau jasa kepada konsumen. Namun, bedanya terletak pada media yang digunakan. Untuk online shop kamu hanya perlu ponsel atau PC serta jaringan internet. Sedangkan kalau offline kamu butuh tempat.

Dropshipping

Bisnis dengan sistem ini bisa dilakukan tanpa modal, hanya perlu koneksi internet dan ponsel atau PC. Bisnis ini bisa dimulai dengan cara mencari produk yang akan kamu jual kepada produsen dan produk yang akan kamu jual.

Bangun kerjasama yang mana kamu hanya bertanggung jawab sebagai dropshiper dan bertanggung jawab serta memasarkan produk.

Nah, apabila ada konsumen yang ingin membeli, kamu hanya meneruskan informasi tersebut kepada produsen. Barang akan dikirim langsung dari produsen ke konsumen, tanpa melalui kamu.


Baca Juga: Risiko Tidak Bayar Pinjaman Online

Jadi, kamu tidak perlu modal untuk bisnis dengan cara ini. Yang perlu kamu perhatikan adalah barang yang dikirim harus sampai ke tangan pembeli dengan selamat.

Nah demikianlah keuntungan dan manfaat bisnis online yang bisa kamu dapatkan. Apabila kamu bisa membuat jaringan yang luas dan kuat, bisnis ini sangat menjanjikan. Bisnis ini tidak hanya mudah, tetapi modalnya juga sedikit. Hanya dengan ponsel atau PC perusahaan sudah bisa dikelola dengan baik. Selamat mencoba!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar