--> Skip to main content

10 Cara Sederhana Membedakan Emas Asli dan Palsu

cara membedakan emas asli dan palsu

Sejak zaman dahulu, investasi emas memang selalu menjadi perhatian. Hal ini karena harga emas selalu naik setiap tahunnya dan membuat orang menganggap ini sebagai bisnis jual beli yang sangat menguntungkan. Selain itu, tampilan emas yang menggoda dengan bentuk yang indah, membuat emas selalu diburu banyak orang.

Sayangnya, banyak pula orang yang memburu emas dengan cara-cara yang tidak baik. Misalnya dengan melakukan pemalsuan emas dan menipu orang lain demi keuntungan pribadi.

Oleh sebab itu cara membedakan emas asli dan palsu perlu Anda pelajari agar tidak menjadi korban penipuan. Sayang jika Anda harus kehilangan uang ketika mendapatkan emas palsu di pasaran.


Baca Juga: Sistem Arisan Emas di Pegadaian

Membedakan kondisi emas yang palsu atau asli bisa Anda lakukan beberapa cara diantaranya 10 cara ini yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

10 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Cara membedakan emas asli dan palsu sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Cara paling mudah malah hanya menggunakan gigi saja yaitu dengan cara digigit.

Cara ini biasa digunakan oleh para atlet ketika mereka melakukan selebrasi saat menerima medali emas. Apa dan bagaimana cara selanjutnya untuk bisa membedakan emas asli dan palsu, berikut ulasannya.

#1 Gigit dengan Gigi atau Tekan dengan Kuku

Cara ini adalah salah satu langkah yang cukup efektif untuk membedakan apakah emas tersebut asli atau bukan. Karena emas merupakan logam yang unik, mengapa unik? Karena semakin tinggi nilai dari kemurnian emas itu sendiri, maka ia akan semakin lunak.

Jadi, apabila saat membuktikan emas, Anda cukup menggigit atau menekan kuat dengan kuku, jika ada bekas gigitan dan kuku, maka sudah bisa dipastikan emas tersebut asli.

Sebaliknya jika keras, maka ada kemungkinan emas tersebut palsu atau telah mengalami pencampuran logam lain, seperti emas yang digunakan untuk perhiasan.

Emas yang digunakan sebagai kalung, cincin, anting, gelang dan lain-lain, memang telah dicampur perak atau tembaga. Hal ini agar emas lebih kuat dan memiliki tingkat ketahanan lebih tinggi.

#2 Uji dengan "Diadu" Logam Lain

Cara kedua adalah dengan mengadu emas dengan logam lain seperti koin uang logam. Jika terdengar suara dengan nada tinggi dan dering yang panjang, maka emas tersebut asli. Sebaliknya jika nada terdengar pendek, maka bisa dipastikan emas tersebut palsu atau imitasi.

#3 Gosok dan Lihat Perubahan Warnanya

Menggosok permukaan emas merupakan cara membedakan emas asli atau palsu. Caranya cukup menggosok secara berulang di permukaan emas dengan menggunakan telapak tangan atau telunjuk. Kemudian lihat warnanya, jika memudar, maka emas tersebut adalah palsu. Namun jika tetap, maka itulah emas asli.

#4 Cek Menggunakan Kertas atau Keramik

Cara mengetahui emas asli yang satu ini juga terbilang cukup sederhana, yaitu dengan menggores emas pada kertas atau keramik. Emas yang asli tidak akan mudah tergores, tetapi emas yang palsu pasti akan langsung terlihat dengan jelas goresan-goresan kecil dan tentu saja warnanya pun berubah menjadi kehitaman.


Baca Juga: Cara Investasi Emas di Pegadaian

#5 Dekatkan ke Magnet Adalah Salah Satu Cara Membedakan Emas Asli atau Palsu

Salah satu cara untuk mengukur keaslian emas adalah dengan mendekatkan ke magnet. Mengapa? Karena emas adalah bukan logam magnetik yang jika didekatkan dengan magnet, maka ia akan tolak menolak dan tidak menempel sama sekali. Jadi, emas yang asli adalah emas yang apabila didekatkan dengan magnet, ia tidak akan menempel.

#6 Gunakan Asam Nitrat

Cara membedakan emas asli atau palsu ini memang harus didampingi oleh seorang profesional, karena jika tidak emas yang diuji dengan asam nitrat akan rusak. Pertama-tama, teteskan sedikit asam nitrat pada emas, kemudian lihat reaksinya beberapa saat kemudian. Jika terjadi perubahan warna, maka emas tersebut asli, namun jika tidak terjadi perubahan warna sama sekali berarti emas tersebut adalah palsu. 

#7 Gunakan Alat Pengukur Emas dan Aplikasi CertiEye

Alat ini memang bisa dibilang cukup mahal harganya dan hanya biasa digunakan di toko-toko emas. Namun, alat ini sangat efektif untuk menentukan dan mengukur keaslian dari emas. Nama alat tersebut adalah gold meter, alat ini tidak hanya mampu mengukur keaslian emas, tetapi juga dapat menilai kandungan lain dalam emas, apabila emas tersebut palsu atau merupakan emas campuran.

Selain menggunakan alat pengukur emas, Anda juga bisa menggunakan aplikasi CertiEye. Aplikasi ini adalah aplikasi resmi untuk pengecekan emas, milik emas batang Antam. Inovasi ini dibuat sebagai langkah antisipasi untuk keamanan dan keaslian produk emas Antam.

Cara untuk mendeteksi adalah dengan melakukan pemindaian terhadap "barcode" yang tertera di setiap produk emas batangan yang dihasilkan PT. Antam. Setelah pemindaian dilakukan, nantinya akan ada keterangan emas tersebut asli atau palsu. Jadi, jika Anda beli emas batangan PT. Antam perhatikan barcodenya ya.

#8 Rasakan Beratnya

Cara ini memang tidak bisa dilakukan oleh orang biasa, tetapi harus ada seorang yang profesional yang sudah terbiasa mengukur emas. Dengan merasakan berat emas, maka orang yang terbiasa mengukur emas akan tahu dengan sendirinya apakah emas tersebut palsu atau bukan

Jika emas terasa ringan, maka emas tersebut palsu. Sebaliknya, apabila terasa lebih berat, maka emas tersebut asli.

#9 Ukur Kepadatan Emasnya

Cara mengukur kepadatan emas yang satu ini memang bisa juga menjadi tolak ukur emas tersebut asli atau bukan, namun, cara ini ada rumusnya.

Pertama-tama, hitung secara digital dengan presisinya adalah satuan gram. Kedua, masukkan air ke dalam gelas ukur yang memiliki satuan ukur milimeter. Hal ini agar Anda dapat dengan mudah membaca volume air, saat sebelum dan sesudah dimasukkan emas.


Baca Juga: Cara Menabung Emas di Tokopedia

Ketiga, ikat emas dengan benang dan masukkan emas ke dalam gelas yang telah berisi air tersebut. Jangan lupa untuk melihat tingkat volume air sebelum emas tersebut dimasukkan.Setelah emas masuk ke dalam gelas, ukur kembali perubahan tingkat volume air. Nah, saatnya Anda menggunakan rumus.

Keempat, tambahkan rumus kepadatan emas, yaitu massa : volume. Misalnya berat emas adalah 38 gram, volume airnya adalah 2 mm, maka 38 gram : 2 mm = 19 gram/mm. Itulah kepadatan emas yang dihasilkan. Dengan cara ini, Anda bisa menilai apakah emas tersebut asli atau palsu. 

#10 Periksa Sertifikat Emasnya

Setiap emas murni, pasti memiliki sertifikat emas. Sertifikat emas yang asli akan terlihat tandanya di bawah sinar ultraviolet. Biasanya tanda ini terdapat pada emas batangan, maka akan terlihat garis minor warna warni, tanda ini sama seperti tanda di uang kertas asli.

Selanjutnya, lihat pula logo watermark dari perusahaan pencetak sertifikat emas asli tersebut. 

Demikian 10 cara membedakan emas asli atau palsu.Jangan ragu untuk mempelajarinya ya, agar Anda tidak mudah terkecoh oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ada baiknya untuk investasi jangka panjang, lakukan pembelian emas murni ditempat yang terpercaya seperti PT. Antam.

Sebaliknya jika hanya ingin menggunakannya untuk sehari-hari, maka Anda bisa membeli perhiasan emas yang dijual di toko emas.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar