--> Skip to main content

Cara Sederhana Investasi Emas Di Pegadaian Secara Aman

cara investasi emas di pegadaian

Investasi emas merupakan salah satu cara sederhana untuk mencari keuntungan melalui cara menyimpan emas dalam jangka waktu tertentu. Kita tahu bahwa harga emas secara relative terus mengalami kenaikan tiap tahun seiring dengan kenaikan inflasi.

Hal ini tentu saja menjadi momentum baik bagi masyarakat yang ingin memperoleh keuntungan dari hasil investasi emas. Tetapi permasalahan yang biasanya muncul adalah masyarakat tidak tahu bagaimana cara untuk mendapatkan keuntungan tersebut dengan secara aman.

Cara Investasi emas di Pegadaian bisa menjadi pilihan tepat. Sebagai salah satu BUMN yang sangat besar di Indonesia saat ini, Pegadaian adalah tempat yang paling aman untuk menyimpan emas dan berinvestasi jangka panjang.

Memiliki aset investasi emas di Pegadaian ini tentu saja sangat mudah dan murah karena kita bisa membeli emas dalam nilai yang kecil. Hal ini pasti akan memberikan kemudahan bagi masyarakat menengah kebawah untuk bisa memiliki aset investasi berupa tabungan emas.

Namun, sebelum melakukan investasi emas di Pegadaian, sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu bagaimana cara memulainya. Hal ini penting agar tidak terjadi miskomunikasi di kemudian hari.

Jenis jasa yang diberikan oleh pihak Pegadian sendiri juga berbeda-beda. Pengetahuan tentang layanan jasa ini sangat penting agar dikemudian hari bisa mempermudah kita dalam proses investasi emas di Pegadaian.

Jika Anda sedang mencari informasi seputar cara berinvestasi emas di Pegadaian dengan aman, maka artikel ini akan membantu Anda untuk menemukan jawabannya.

Layanan Jasa di Pegadaian

Memilih Pegadaian sebagai tempat investasi emas adalah pilihan yang bijak. Kenapa demikian? Karena emas baik batangan maupun bentuk perhiasan rawan untuk dicuri orang. Oleh sebab itu jika Anda memiliki emas sebaiknya ditabung melalui Pegadaian.

Selain aman dari pencurian, menabung emas di Pegadaian menjadi cara sederhana untuk investasi jangka panjang dimana jika harga naik beberapa tahun ke depan maka nilai tabungan kita ikut bertambah.


Baca Juga: Persyaratan Gadai Emas di Pegadaian

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipahami sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi emas. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengetahui jenis-jenis jasa yang disediakan oleh pihak Pegadaian.

Tempat Penjualan Emas Batangan

Program jasa pertama yang ada di Pegadaian salah satunya adalah tempat penjualan emas batangan. Jadi tujuan dari progam ini adalah agar orang dapat memiliki emas batangan dengan mudah.

Anda dapat memiliki emas batangan dengan cara membeli secara langsung atau kredit. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan emas batangan melalui cara berkelompok seperti model arisan atau patungan.

Apabila melakukan pembayaran dengan cara lunas di muka, maka emas batangan langsung bisa di bawa pulang. Tetapi Untuk pembelian secara cicil bisa dilakukan dengan cara membayar uang muka sebesar lima belas persen dari harga beli.

Setelah itu bisa dibayar atau dicicil dalam kurun waktu mulai tiga bulan hingga tiga puluh enam bulan. Namun yang perlu dipahami di sini adalah emas batangan boleh di bawa pulang jika pembayaran telah lunas.

Pembelian emas batangan melalui Pegadaian bersifat legal, sehingga emas yang dibeli sah menjadi milik pembeli. Hal tersebut ditengarai dengan dengan diberikannya surat keterangan kepemilikan barang-barang berharga. Dengan surat berharga tersebut maka nanti emas bisa dijual kembali dengan sah.

Tabungan Emas Di Pegadaian

Jasa di Pegadaian selanjutnya adalah tabungan emas. Maksud dari menabung emas ini adalah memiliki emas dengan cara menabung terlebih dahulu. Anda bisa menabung mulai dari lima ribu rupiah saja.

Nanti dari hasil tabungan tersebut bisa ditukar dengan emas yang harganya sesuai dengan jumlah tabungan. Dengan menabung di Pegadaian, Anda bisa mendapatkan emas tanpa beban.

Keuntungan investasi emas di Pegadaian adalah terjaminnya fasilitas yang diberikan, dimana saat pemilik akan menjual emasnya kembali. Pemilik akan diuntungkan karena harga jual disesuaikan dengan harga emas yang berlaku pada hari penjualan tersebut.


Baca Juga: Cara Menabung Emas di Pegadaian

Jadi untuk mendapatkan laba, maka Anda bisa menjualnya saat harga emas sedang naik.

Tempat Konsinyasi Emas

Pegadaian juga memberikan kemudahan cara investasi emas di Pegadaian, karena mereka juga memberikan layanan konsinyasi emas. Jadi Anda bisa menitipkan emas pada Pegadaian untuk dijual.

Cara ini terbilang aman, selain untuk menghindari penipuan, dengan menjual melalui Pegadaian maka emas juga akan aman tersimpan. Nantinya hasil keuntungan akan di bagi menjadi dua, yaitu kepada pihak Pegadaian dan pihak pemilik emas.

Jadi Anda tinggal duduk santai di rumah, tidak perlu repot menawarkan emas yang dimiliki. Emas yang dijual dengan dititipkan ke Pegadaian juga akan lebih cepat terjual karena pihak Pegadaian akan mendahulukan emas dari investor terlebih dahulu.

Apabila emas Anda belum terjual dalam waktu tiga bulan, nanti akan dibuatkan perjanjian konsinyasi emas kembali, jadi sangat terpercaya bukan.

Untung Dan Rugi Investasi Emas di Pegadaian

Pertimbangan berikutnya sebelum kita melakukan investasi emas di Pegadaian adalah melihat dari sisi untung dan ruginya. Sehingga segala risiko yang terjadi sudah masuk dalam kalkulasi investasi kita.

Memiliki aset dengan cara investasi emas di Pegadaian tentu saja banyak keuntungan. Pertama dengan memilih Pegadaian, maka legalitasnya lebih terjamin.

Hal ini karena Pegadaian merupakan salah satu anak cabang dari BUMN, yang mana BUMN merupakan salah satu kemetrian yang sah di Indonesia. Kasus adanya penipuan yang dilakukan Pegadaian sampai saat ini juga belum ada.

Apalagi bagi Anda yang membeli emas dengan cara kredit, maka emas akan terjaga dengan aman oleh Pegadaian hingga emas tersebut selesai dilunasi.

Hal menarik lainnya adalah jika Anda membutuhkan uang, bisa menggunakan emas tersebut untuk melakukan pinjaman.

Nanti jika sudah ada uang, maka pinjaman bisa dilunasi dan angsuran cicilan emas bisa diteruskan. Sangat menguntungkan sekali ya.

Selain keuntungan di atas, tentu saja juga ada risiko investasi emas yang perlu diketahui.

Jika pada saat menabung atau membeli emas pada kondisi nilai tukar emas tinggi, maka hal ini dapat membuat rugi jika ingin menjualnya disaat harga masih rendah dari harga beli.


Baca Juga: Keuntungan Konsinyasi Emas di Pegadaian

Jika Anda membeli emas ketika harga tinggi maka jumlah emas yang Anda juga lebih sedikit dibanding jika membeli ketika harga turun.

Belum lagi Pegadaian juga mengenakan biaya administrasi jika ingin menarik sejumlah tabungan yang dimiliki.

Layanan Investasi Emas Secara Online

Seiring perkembangan zaman, kini untuk berinvestasi emas bisa dibilang sangat mudah, karena bisa dilakukan secara online. Anda tinggal mengunjungi toko online yang melayani jasa jual beli online, hal ini bisa Anda lakukan dengan cara download aplikasi investasi emas di Play Store.

Dengan membeli secara online tentunya akan lebih efisien, karena dapat menghilangkan biaya operasional. Anda tinggal melakukan pembayaran dengan transfer, jumlah emas yang di beli akan di catat dalam aplikasi atau toko online tersebut. Meskipun emas tersebut tidak Anda terima.

Investasi emas Antam online juga memiliki banyak kelebihan. Prosesnya yang cepat dan mudah bisa dilakukan di mana pun berada. Anda juga tidak perlu datang ke toko emas atau ke bank untuk menyimpannya.

Cara untuk Investasi cukup terjangkau dan ketika ingin menjualnya tinggal lakukan saja di toko online itu juga. Setelah itu uang dari hasil penjualan yang Anda peroleh akan langsung masuk ke rekening.

Melihat kondisi tersebut, lantas bagaimana perbandingan investasi emas di toko online dan pegadaian?

Dari segi legalitas dan keamanan, tentu saja cara investasi emas di Pegadain lebih memiliki jaminan hukum yang lebih kuat karena merupakan anak cabang BUMN yang resmi di Indonesia.

Selain itu outlet bisa dikunjungi secara langsung di setiap cabang di berbagai kota masing-masing, sehingga untuk konsultasi dan lain sebagainya jika terjadi sesuatu akan lebih mudah.

Keuntungan lainnya adalah biaya administrasi yang tergolong murah sehingga tidak terlalu membebani calon investor.

Tip Investasi Emas di Pegadian yang Aman dan Menguntungkan

Berikut ini beberapa tip yang bisa Anda jadikan referensi jika ingin mendapatkan keuntungan ketika ingin melakukan investasi emas di Pegadaian.

Prinsip dasar investasi adalah memperoleh aset di harga rendah dan menyimpan dalam kurun waktu tertentu dan menjualnya kembali ketika harga sudah mengalami kenaikan.

Faktor kenaikan harga ini biasanya dipengaruhi oleh kondisi ekonomi yang membaik atau kenaikan harga barang karena inflasi.

Hal ini tentu saja kita perlu cermat dalam menentukan harga beli emas di pegadaian dengan memperhatikan grafik pergerakan harga emas rata-rata dalam satu tahun.

Namun selain itu, poin apa lagi yang perlu menjadi pertimbangan agar investasi kita bisa berjalan lancar dan menguntungkan.

Memiliki Arah Perencanaan yang Tepat

Dalam investasi emas, biasanya dilakukan dalam jangka panjang dan tidak bisa diambil dalam kurun waktu asal-asalah.

Jadi agar cara investasi emas di Pegadaian ini berjalan dengan baik maka sebaiknya Anda menentukan tujuan perencanaan yang jelas.

Sebagai contoh jika investasi ini ditujukan untuk pendidikan anak di masa kuliah nanti, maka Anda sudah bisa menabung emas disaat anak masih di Sekolah Dasar secara bertahap.

Hal ini perlu dilakukan agar tabungan kita yang telah dikumpulkan sejak lama tidak tergerus pertumbuhan inflasi setiap tahunnya dan ketika dipakai saat anak masuk kuliah masih memiliki nilai yang sama.

Selain untuk kebutuhan jangka panjang, dengan perencanaan yang jelas maka kita bisa mengukur seberapa emas yang harus kita miliki untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang.

Investasi ini merupakan nilai tabungan yang kita sisihkan dari sebagian pendapatan yang kita miliki setiap bulannya.

Dengan fasilitas Pegadaian yang bisa mulai menabung emas dari nominal lima ribu rupiah maka kita lebih mudah untuk mengatur budget per bulan untuk investasi emas.

Menentukan Budget Secara Bijak

Investasi emas bukan kebutuhan untuk jangka pendek, oleh sebab itu Anda perlu menentukan budget secara bijak.

Kebutuhan pokok perbulan harus terpenuhi terlebih dahulu sebelum mengawali investasi emas agar tidak mengganggu ekonomi keluarga.

Secara bijak kita harus mengatur keuangan dalam jangka panjang, oleh karena itu pilihan menabung emas di pegadaian adalah cara yang paling tepat karena bisa dimulai dari modal kecil.

Bahkan dari tabungan tersebut, nantinya bisa dijadikan modal pinjaman jika ingin memulai usaha dan sebagainya.

Memilih Kesempatan yang Tepat

Investasi hendaknya dilakukan ketika keuangan keluarga sedang normal tidak dibebani oleh kebutuhan besar setiap bulannya.

Anda perlu memilih waktu yang tepat dimana investasi emas dijalankan ketika keuangan sedang surplus. Oleh sebab itu psikologi perlu diatur dengan baik.

Jangan sampai kita terburu nafsu untuk memaksakan diri sedangkan kebutuhan keluarga masih kurang. Kondisi ini jika dipaksakan bisa mengganggu investasi itu sendiri dan justru berakhir dengan kerugian.

Emas yang sedang ditabung justru terpaksa dijual ketika harga tidak sesuai dengan harapan semula. Dari sini Anda bisa bersabar atau memilih jumlah tabungan sesuai keuangan.

Memilih Alat Investasi yang Tepat

Cara investasi emas di Pegadaian merupakan alat investasi yang tepat saat ini karena selain aman, kita juga bisa memiliki beberapa pilihan cara untuk memiliki emas sebagai aset investasi.

Pegadain bisa memberikan pilihan dari nominal lima ribu rupiah sebagai cara untuk mendapatkan emas. Tentu ini sangat menarik dan perlu untuk dicoba.

Dalam kenyataan, saat ini banyak sekali cara atau alat investasi emas yang ditawarkan seperti aplikasi secara online.

Namun pertimbangan kita adalah harus memilih tempat yang aman dan terpercaya.

Menentukan Tempat Penyimpanan Aset yang Aman

Tips terakhir dari kami agar investasi emas ini bisa berjalan lancar dan aman adalah kita harus bisa memilih tempat yang paling terpercaya dan aman untuk jangka panjang.

Sebagai perusahaan BUMN maka pegadaian memiliki kredibilitas yang lebih terpercaya serta keamanan yang lebih terjamin. Jumlah outlet yang saat ini beroperasi cukup besar dan hampir ada di setiap kota di Indonesia.

Untuk pertanyaan yang lebih detail dan jelas mengenai investasi emasi ini bisa anda tanyakan langsung kepada custemer service di kantor pegadaian terdekat di kota Anda.

Cara Untuk Memulai Investasi Emas di Pegadaian

Seperti yang telah disampaian pada awal pembahasan tadi bahwa Pegadaian saat ini memberikan layanan untuk mempermudah kita dalam proses investasi emas.

Namun, sebagai langkah awal dalam sebuah investasi adalah kita memiliki aset itu terlebih dahulu. Dalam hal ini, Pegadaian memberikan beberapa pilihan seperti menabung, membeli langsung, kredit atau arisan.

Dari sini kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan kita.

  • Penitipan Emas
  • Cara pertama untuk investasi emas di Pegadaian adalah dengan cara menitipkan emas di Pegadaian. Bagi Anda yang memiliki emas bisa menitipkan emas agar lebih aman dan terjamin.

    Kondisi emas yang Anda titipkan akan diasuransikan sehingga lebih aman dan Anda tidak perlu khawatir selama dititipkan di Pegadaian.

    Biaya penitipan emas di Pegadaian tergolong murah yaitu sebesar Rp. 20.000,- per bulan tiap 100 gram. Jadi jika Anda memiliki emas 1kg dan ingin menitipkan di Pegadaian maka biaya perbulannya adalah Rp.200.000,-

  • Tabungan Emas
  • Cara kedua untuk memiliki aset investasi di Pegadaian adalah melalui tabungan emas. Anda bisa memulai tabungan tersebut dari 0,01 gr atau sekitar Rp. 5000,-.

    Hal ini tentu saja memberi kemudahan bagi masyarakat luas di Indonesia untuk bisa mengawali investasi dengan biaya yang murah.

    Setiap kita menabung, maka harga emas akan disesuaikan sesuai dengan harga saat itu sehingga hal ini memberikan rasa nyaman dan kita bisa menentukan sendiri kapan waktu tepat untuk menabung emas.

    Dalam proses tabungan emas ini, kita akan dikenakan biaya administrasi serta biaya penitipan per tahunnya. Namun nilai tersebut tergolong murah dibanding dengan tingkat keamanan yang kita dapatkan.

  • Membeli Secara Kredit
  • Cara selanjutnya untuk bisa mengawali investasi emas di pegadaian, kita bisa memperoleh emas secara kredit.

    Hal ini mempermudah kita jika ingin memiliki emas dalam berat tertentu kemudian diangsur setiap bulan. Harga awal saat terjadi transaksi adalah acuan cicilan yang kita pakai, sehingga nilai angsuran akan tetap dan tidak berubah setiap bulannya.

    Untuk mengawali kredit ini, tentu saja kita harus menyetor uang sebebasar 20-30% dari harga emas yang akan kita beli sebagai uang muka.

    Setelah cicilan selesai, maka emas tersebut bisa kita miliki atau simpan di Pegadaian. Cara ini cocok bagi Anda yang ingin memiliki aset emas dengan cara bertahap disesuaikan dengan kondisi keuangan saat ini.

  • Arisan Emas
  • Saat ini Pegadaian juga memberikan fasilitas arisan emas dimana kita bisa memiliki emas secara kolektif bersama komunitas yang kita miliki.

    Minimal kelompok yang kita miliki adalah 6 orang dan kemudian mengajukan permohonan di Pegadaian untuk mengadakan arisan emas.

    Harga yang ditetapkan untuk setiap anggota arisan bersifat flat sehingga tidak terjadi perubahan harga selama arisan itu berlangsung, dan harga emas ini ditentukan saat awal arisan dan minimal emas yang diundi sebesar 1 gram.

    Sebaiknya komunikasikan kepada anggota arisan tentang besaran emas yang ingin disepakati agar tidak menjadi kendala di kemudian hari.

Oke, sobat Jurnalforex itu tadi beberapa hal tentang cara investasi emas di Pegadaian yang bisa kamu coba. Cara ini sangat sederhana dan bisa diikuti oleh semua lapisan masyarakat dan semoga tulisan ini bisa membantu Anda dalam membuka wacana tentang investasi emas di Pegadaian.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar