--> Skip to main content

Cara Main Saham Yang Aman Di Reksadana

cara main saham yang aman

Dewasa ini, menginvestasikan uang untuk mendapatkan profit melalui bermain saham sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Investasi dalam bentuk saham ini memiliki keuntungan yang besar. Namun sebanding dengan keuntungannya, resiko investasi saham juga tinggi.

Cara main saham yang aman diperlukan agar cuan yang didapatkan tinggi dan resikonya dapat diminimalisir. Cara-cara ini bisa dilakukan sejak memutuskan untuk terjun dalam bidang investasi saham. Selain itu, informasi terkait dengan saham juga perlu kamu gali. Nah, berikut ini beberapa informasi yang dapat dijadikan acuan sebelum mulai investasi saham.

Bagaimana Cara Main Saham yang Menguntungkan

Setiap calon nasabah tentu saja ingin mendapatkan keuntungan dengan cara bermain saham secara aman dan benar. Hal tersebut memang sesuatu yang dicari. Dengan menginvestasikan sebagian uang yang dimiliki untuk mendapatkan return yang banyak. 


Baca Juga: Cara Bermain Saham Gorengan

Sebagai pemula biasanya masih belum begitu memahami apa saja keuntungan dalam bermain saham ini. Yang ada dalam pikirannya adalah keuntungan yang besar dengan cepat dan mudah. 

Memang tidak salah bahwa investasi dalam bentuk saham dapat memberikan keuntungan yang besar. Tetapi keuntungan tersebut berbanding lurus dengan kesabaran. 

Meskipun bermain saham itu mudah namun harus bisa membaca pasar bursa efek. Kapan harus menjual saham dan kapan harus membeli. Seiring berjalannya waktu keahlian tersebut akan terasah sendiri. 

Tentunya investor pemula dengan kelas kakap tidak bisa disamakan. Namun, sebagai pemula bisa meniru cara bermain saham yang aman seperti yang telah dilakukan investor kelas kakap. Agar keuntungan yang didapatkan tinggi. Nah, untuk keuntungan bermain saham diantaranya:

  • Capital Gain. Yang dimaksud dengan capital gain adalah keuntungan yang diberikan oleh perusahaan kepada pemegang saham.
  • Perhitungan tersebut mengacu pada harga beli dan harga jual saham. Dalam hal ini harga beli saham harus lebih rendah dari harga jualnya.

    Adanya capital gain tentu saja mengikuti aktivitas perdagangan yang ada dalam pasar bursa efek.

    Misalnya harga beli satu lembar saham adalah Rp. 1.000, lalu Anda menjualnya di angka Rp.2.000. Nah, dari sini Anda mendapatkan keuntungan berupa capital gain dengan nilai Rp. 1.000 dalam tiap lembarnya.

  • Dividen. Yang dimaksud Dividen adalah pembagian keuntungan dari pihak perusahaan kepada pemegang saham. Keuntungan yang dibagikan tersebut berasal dari income perusahaan.
  • Sementara itu, dividen ini terbagi menjadi dua jenis yaitu dividen tunai dan dividen saham. Dividen tunai yakni keuntungan yang diberikan berupa uang tunai dari setiap lembar saham yang dimiki pemegang saham.

    Sedangkan dividen saham adalah pihak perusahaan akan memberikan saham kepada pemegang saham. Itu artinya jumlah kepemilikan saham dari setiap pemegang saham bertambah.

  • Mendapatkan Hak Ikut RUPS. Cara main saham yang aman tidak hanya mendapatkan keuntungan dividen dan capital gain, tetapi juga berhak mengikuti RUPS. Maksudnya setiap pemegang saham berhak mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).
  • Investasi Aman dan Transparan. Keuntungan lain saat bermain saham adalah bisnis ini aman dan sangat transparan. Pasalnya, seluruh kegiatan jual beli hanya dilakukan pada satu wadah yakni bursa efek. 

Baca Juga: Cara Bermain Saham Tanpa Modal

Apakah Main Saham Halal?

Pertanyaan yang seringkali dilontarkan oleh calon nasabah adalah apakah main saham itu halal? Pasalnya ada sebagian orang yang beranggapan bahwa saham termasuk perjudian.

Yakni mempercayakan sejumlah uang dengan harapan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda dalam waktu singkat.

Sebenarnya investasi saham ini pernah dibahas oleh MUI terkait hukum halal haramnya. Setelah mempertimbangkan pasar modal ikut andil dalam pembangunan ekonomi negara, maka main saham halal dilakukan. Hal ini berdasarkan fatwa MUI yang bernomor 80/DSN-MUI/III/2011. 

Yang perlu digaris bawahi adalah jual beli saham short selling. Nah, dalam fatwa tersebut jual beli saham seperti ini diharamkan karena sifatnya yang spekulasi dan dianggap tidak membantu perekonomian negara.

Cara Main Saham Secara Online

Saat ini cara main saham yang aman mudah dilakukan yakni dengan sistem online. Cara ini dapat menghemat waktu, lebih murah dan lebih cepat dalam melakukan transaksi jual beli saham. 

Sebelum main saham online, ada 9 langkah penting yang harus Anda lakukan yaitu: 

  • Menentukan broker saham. Terdapat banyak sekali pilihan broker yang terdapat dalam bursa efek. Pilihlah broker yang memiliki  aplikasi saham online yang bagus serta dapat diandalkan.
  • Buka rekening saham. Langkah kedua adalah membuka rekening saham. Ini wajib dilakukan bagi setiap calon investor. Karena jika tidak, Anda tidak akan bisa melakukan transaksi jual beli saham.
  • Buka Rekening Dana Nasabah (RDN). Selain membuka rekening saham, Anda juga harus membuka rekening dana nasabah. Rekening ini dibuat oleh bank untuk menyimpan dana transaksi jual beli saham.
  • Setor modal. Nah, setelah RDN dan rekening saham Anda miliki, saatnya setor modal ke RDN. Jumlah yang disetorkan tersebut tergantung dengan transaksi saham yang akan dilakukan.
  • Membeli saham online. Dalam membeli saham secara online Anda harus menentukan saham. Ingat kodenya agar lebih mudah. Untuk lebih efektif pasang harga beli sama dengan harga penjualan terendah. Namun, apabila menginginkan harga terendah lagi, Anda bisa pasang di harga paling rendah. Tunggu hingga ada yang menjual saham setara dengan pembelian Anda.
  • Menjual saham secara online. Selain membeli, Anda juga dapat menjual saham secara online. caranya pilih saham yang akan Anda jual beserta jumlahnya. Jika ingin segera laku, pasang harga tertinggi dari harga pasar saat itu. Tetapi jika ingin mendapatkan harga yang lebih tinggi, Anda dapat menaikkannya. Namun, konsekuensinya akan lebih lama.
  • Penyelesaian transaksi. Dalam jual beli saham pembayaran harus dilakukan saat transaksi berlangsung. yakni ada uang ada barang. 
  • Biaya transaksi saham. Dalam jual beli saham, Anda harus melakukan pembayaran atas transaksi yang Anda lakukan kepada broker yang melayani pesanan transaksi Anda.
  • Diversifikasi. Nah, langkah terkahir yaitu mendiversifikasin saham yang Anda miliki ke beberapa saham. Tujuannya saat harga salah satu saham anjlok, Anda masih memiliki stamina untuk bertahan.

Baca Juga: Cara Sukses Trading Saham

Cara Main Saham Reksadana Yang Aman

Beberapa cara main saham yang aman bisa di mulai dari berdiskusi hingga menelusuri kualitas produk pilihan Anda. Pasalnya dalam suatu produk  bisa jadi mengalami beberapa kasus yang membuat nasabah khawatir atas dana yang telah diinvestasikannya. Cara untuk menghindari kasus tersebut diantaranya:

  • Berdiskusi dengan agen atau petugas reksa dana tempat Anda menabung reksa dana
  • Cek portofolio investasi saham. Apakah saham tersebut memiliki likuiditas yang tinggi atau tidak.
  • Cermati reputasi dan pengalaman yang telah dimiliki oleh manajer investasi serta siapa saja yang mengelola saham.
  • Ketahui apakah produk investasi tersebut hanya berpusat pada investor tertentu atau beragam investor
  • Setelah keempat langkah di atas sudah Anda lakukan. Saatnya kembali menelusuri kualitas cara main saham reksadana dari produknya, isi portofolio hingga reputasi manajemen investasi. Hal ini dilakukan untuk menambah keyakinan diri Anda sebelum melakukan investasi pada sebuah produk.

Setelah mengetahui keuntungan, hukum hingga cara main saham secara online, mungkin Anda sudah dapat memutuskan untuk memulai investasi saham. Bisnis ini memang menguntungkan apabila Anda menerapkan cara main saham yang aman.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar