Apakah Tutup AXA Mandiri Uang Akan Kembali?

Tutup axa mandiri apakah uang bisa kembali? sebuah pertanyaan umum untuk para nasabah.

JurnalForex.com - Investasi di AXA Mandiri adalah cara cerdas untuk menentukan masa depan yang lebih terjamin. Namun tidak menutup kemungkinan orang yang sudah mendaftar memutuskan untuk menutup karena alasan tertentu.

Pertanyaan umum yang sering muncul adalah "Apakah ketika tutup polis AXA Mandiri maka uang akan kembali?"

Pertanyaan ini sangat wajar karena setiap nasabah yang sudah terlanjur menaruh dananya ingin mengetahui nasibnya. Mereka tidak ingin mengalami kerugian karena informasi yang mungkin kurang tepat atau alasan lainnya.

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kami ingin bertanya terlebih dahulu apakah kamu ikut AXA Mandiri tersebut untuk investasi atau asuransi?

Apa sih perbedaan asuransi dan investasi? Jika kamu masih bertanya demikian itu artinya belum paham betul manfaat dan tujuan dari kedua produk tersebut.

Apa itu Asuransi dan Investasi

Maraknya orang protes dengan hasil investasi yang justru berkurang dibandingkan dengan tabungan biasa, membuat kami perlu untuk menulis artikel ini. Hal ini bertujuan untuk meluruskan persepsi yang salah antara asuransi dan investasi.

Perlu diketahui bahwa asuransi itu sangat berbeda dengan investasi. Asuransi adalah bentuk proteksi diri terhadap suatu dampak seperti penyakit, kecelakaan, pensiun, kematian dan lain sebagainya.

Sedangkan Investasi adalah bentuk penanaman modal dengan harapan uang tersebut akan berkembang dalam jangka waktu tertentu. Namun yang tidak disadari banyak masyarakat adalah bahwa AXA Mandiri sedang menjual produk asuransi disertai investasi.

Bukan sebaliknya, sehingga ketika orang pertama kali mendaftar maka seharusnya memiliki fokus pada produk asuransi. Mengapa demikian? karena selama periode pembayaran premi, maka sebagian besar dana tersebut akan dialokasikan untuk asuransi setelah itu baru pada produk investasi. Sehingga wajar jika pada saat proses cicilan asuransi, dana tersebut akan berkurang banyak.

Sebagai Ilustrasi, kali ini kami akan mengambil contoh produk AXA Mandiri Perlindungan Sejahtera. Produk asuransi ini adalah proteksi jiwa disertai dengan investasi.

Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera memiliki masa berlaku yaitu sampai tertanggung berumur 100 tahun. Selama umur itu, Tertanggung akan mendapatkan asuransi sebesar nilai kontrak awal dan akan diberikan kepada ahli waris yang ditunjuk. Jadi produk utama AXA Mandiri Perlindungan sejahtera adalah asuransi jiwa, bukan investasi.

Namun karena produk ini memiliki batas waktu sampai umur 100 tahun di mana artinya ketika tertanggung berumur 100 tahun lebih maka asuransi tersebut akan berakhir dan setoran asuransi selama ini akan hangus.

Oleh karena itu perlu investasi tambahan agar ketika hari tua nanti ada uang yang diperoleh.

Sehingga dalam AXA Mandiri Perlindungan Sejahtera ditambahkan investasi unit link di mana harganya bisa naik maupun turun.

Namun dengan estimasi profit, maka dalam kurun waktu hingga tertanggung berumur 100 tahun lebih maka nilai investasi akan berkembang beberapa kali lipat dari total premi yang di bayar.

Pertanyaan berikutnya bagaimana jika tertanggung meninggal sebelum umur 100 tahun?

Maka tertanggung akan menerima uang untuk ahli waris sesuai dengan kontrak awal ditambah dengan tabungan investasi yang terkumpul.

Sebagai contoh jika kontrak awal asuransi jiwa senilai Rp. 50.000.000,- plus investasi dengan premi per bulan Rp. 350.000,- selama 10 tahun, maka ketika tertanggung meninggal di usia 70 tahun akan mendapatkan santunan asuransi jiwa Rp.50.000.000,- ditambah hasil investasi.

Jadi disitulah manfaat yang didapatkan dengan mengikuti asuransi jiwa. Jumlah total premi yang di setor akan lebih kecil dari hasil asuransi dan investasi.

Persyaratan Pendaftaran AXA Mandiri Perlindungan Sejahtera

Untuk mengikuti AXA Mandiri Perlindungan Sejahtera ada beberapa syarat yang harus diikuti antara lain:
  • Usia pemohon 15 hari - 70 Tahun
  • Mata uang dalam bentuk Rupiah atau Dolar
  • Masa Pertanggungan sampai dengan 100 Tahun
  • Premi minimum 3,6 juta per tahun

Untuk lebih lengkapnya silakan kunjungi website resmi AXA Mandiri atau hubungi pihak marketing di kantor cabang terdekat.

Apakah Tutup AXA Mandiri Uang Akan Kembali?

Apakah jika ingin tutup asuransi AXA Mandiri Perlindungan Sejahtera uang akan kembali?

Jika penutupan sebelum 14 hari sejak polis di buka maka uang akan kembali.

Namun jika lebih dari itu maka pertanggungan asuransi jiwa akan hangus dan nilai investasi akan dihitung sesuai harga saat itu dipotong dengan biaya administrasi dan finalti.

Maka dari itu perhatikan baik-baik manfaat dari asuransi ini sehingga kamu tidak berkeinginan untuk menutup asuransi AXA Mandiri.

Banya produk asuransi yang ditawarkan oleh AXA Mandiri sebagai pilihan. Pelajari dengan baik manfaat dan tujuannya sehingga mendapatkan manfaat yang sesuai dengan tujuan awal.

Cara Untuk Menutup AXA Mandiri

Kita sudah mendapatkan jawaban apakah ketika menutup asuransi AXA Mandiri uang akan kembali. Selanjutnya berikut langkah-langkah jika ingin menutup polis asuransi AXA Mandiri.

Untuk menutup asuransi AXA Mandiri, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Persiapkan Dokumen

Pastikan kamu memiliki semua dokumen terkait asuransi, termasuk polis asuransi, identitas diri, dan dokumen pendukung lainnya.

2. Hubungi Agen atau Kantor Cabang

Komunikasikan niatmu untuk menutup asuransi kepada agen asuransi AXA Mandiri atau kunjungi kantor cabang terdekat. Mereka akan memberikan informasi lebih lanjut dan membantu proses penutupan.

3. Isi Formulir Pembatalan

Penuhi semua persyaratan pembatalan yang diminta oleh AXA Mandiri. Ini mungkin melibatkan pengisian formulir pembatalan dan menyertakan dokumen pendukung.

4. Proses Klaim (Jika Ada)

Jika terdapat klaim yang sedang berlangsung, pastikan untuk menyelesaikan klaim tersebut sebelum menutup asuransi. Hal ini untuk memastikan bahwa segala hak dan kewajiban terpenuhi.

5. Periksa Kebijakan Pembatalan

Pelajari kebijakan pembatalan yang berlaku pada polis asuransi AXA Mandiri. Beberapa produk asuransi mungkin memiliki aturan pembatalan tertentu, termasuk kemungkinan biaya pembatalan.

6. Periksa Pengembalian Premi (Jika Ada)

Pastikan untuk mengetahui apakah ada pengembalian premi yang dapat diperoleh setelah pembatalan. Ini juga dapat menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan.

7. Konfirmasi Pembatalan

Setelah mengikuti semua prosedur, pastikan untuk mendapatkan konfirmasi tertulis tentang pembatalan asuransi dari pihak AXA Mandiri. Simpan dokumen ini sebagai bukti.

Ingat, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan agen asuransi atau pihak AXA Mandiri untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan sesuai dengan produk asuransi yang kamu miliki.

Kesimpulan: Tutup AXA Mandiri Apakah Uang Kembali?

Sebagai kesimpulan, perhatikan baik-baik sebelum kita bergabung dalam produk asuransi apapun. Pastikan kita telah memahami terutama perbedaan Asuransi dan Investasi berjangka.

Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman kedepan seperti pada asuransi AXA Mandiri. Kita tidak perlu lagi bertanya apakah tutup AXA mandiri uang akan kembali jika mempelajari syarat dan ketentuan terlebih dahulu.

Pastikan juga apa yang akan kita ambil akan memberikan manfaat di masa depan. Jangan sampai kita mengambil produk asuransi yang tidak kita pahami sebelumnya. Baik, semoga informasi ini dapat membantu dan menjadi pertimbangan di kemudian hari.