Skip to main content

3 Cara Cepat Cek Tunggakan BPJS Kesehatan

cara-cek-tunggakan-bpjs-kesehatan

Memiliki keanggotaan di BPJS Kesehatan memang merupakan nilai lebih tersendiri karena ini merupakan perusahaan BUMN dan dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, BPJS juga sudah bekerjasama di berbagai layanan kesehatan baik itu rumah sakit pemerintah maupun swasta.

Namun bagi pemilik mandiri, mereka harus melakukan pembayaran premi tiap bulan secara rutin.

Jika kalian pernah mengalami lambat bayar maka perlu melakukan cek agar ketika dibutuhkan tidak menjadi kendala.

Cara untuk cek tunggakan BPJS Kesehatan bisa dibilang mudah dan cepat. Kamu hanya perlu melakukan beberapa cara berikut dan sudah bisa mengetahui berapa tunggakan yang harus di bayar.

Sebagai warga negara Indonesia, kita wajib berbangga karena negara sudah memberi fasilitas asuransi kesehatan yang sangat murah.

Apalagi asuransi ini bisa membiayai rawat jalan dan rawat inap meskipun dikelompokkan menjadi 3 kelas.

Namun setidaknya dengan proteksi ini, masyarakat akan merasakan keringanan ketika mengalami sakit dan tidak terlalu terbebani biaya pengobatan yang cukup mahal.

BPJS kesehatan

Melihat singkat sejarah bahwa pada tahun 2014 PT. Askes berubah menjadi BPJS Kesehatan dan menyentuh seluruh masyarakat baik itu PNS, TNI, POLRI maupun pegawai swasta dan wiraswasta.

BPJS berubah menjadi layanan umum untuk memberi perlindungan jaminan kesehatan melalui fasilitas rawat jalan dan rawat ini.

Seluruh masyarakat diwajibkan memiliki kartu BPJS sebagai bukti keanggotaan. Bagi masyarakat yang kurang mampu maka negara wajib untuk menanggung sebagai wujud keadilan sosial.

Namun bagi yang mampu mereka akan dikenakan biaya premi per bulan melalui pemotongan gaji atau bayar sendiri melalui beberapa cara seperti transfer via ATM.

Untuk peserta yang dibayar bersamaan dengan perusahaan tempat mereka bekerja biasanya tidak banyak menemukan kendala karena sistem pembayaran secara otomatis.

Namun bagi peserta perorangan yang harus membayar sendiri setiap bulan bisa jadi mengalami lupa atau keterlambatan.

Sehingga sebelum mereka melanjutkan pembayaran harus cek kembali tunggakan BPJS Kesehatan yang mereka miliki.

Iuran BPJS Kesehatan Naik

Sempat menjadi perbincangan hangat di awal tahun ini bahwa iuran BPJS mengalami kenaikan dua kali lipat dibanding iuran sebelumnya.

Hal ini untuk menanggulangi defisit selama ini yang dialami oleh BPJS Kesehatan.

Namun dibandingkan iuran asuransi kesehatan lainnya, BPJS masih tergolong sangat murah dengan nilai manfaat yang menanggung biaya inap, obat dan rawat jalan.

Berikut ini kenaikan iuran BPJS Kesehatan:

  • Untuk Kelas I Rp. 160.000,-
  • Untuk Kelas II Rp. 110.000,-
  • Untuk Kelas III Rp. 42.000,-

Untuk peserta mandiri bisa melakukan pembayaran melalui tokopedia atau transfer via ATM.


Baca Juga: Cara Membayar BPJS Kesehatan Melalui Tokopedia

Syarat Membuat BPJS Kesehatan

Untuk kamu yang ingin mendaftar BPJS Kesehatan secara mandiri atau tidak melalui perusahaan maka bisa datang langsung ke kantor BPJS terdekat.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan sebelum mendaftar.

Berikut ini beberapa berkas yang perlu kamu persiapkan:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi Buku Tabungan
  • Pasfoto Ukuran 3x4.

Jika kamu ingin mendaftar untuk 1 keluarga maka lengkapi semua data dari anggota yang ada dan cukup menggunakan 1 buku rekening.

Meskipun nanti berkas yang dikumpulkan hanya fotokopi namun sebaiknya berkas yang asli juga dibawa untuk mempermudah verifikasi.

Pada saat pertama mendaftar, maka otomatis harus membayar iuran bulan pertama, oleh sebab itu jangan lupa untuk mempersiapkan dana pendaftaran.

Untuk pembayaran premi selanjutnya kamu bisa menggunakan fasilitas ATM atau Tokopedia.


Baca Juga: Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan dengan KTP

Cara Cek Tunggakan BPJS Kesehatan

Sekarang bagaimana jika dalam perjalanan pembayaran premi sempat tertunda sehingga muncul tunggakan. Hal pertama adalah melakukan pembayaran agar kartu tersebut tetap aktif dan bisa digunakan.

Cara untuk mengecek jumlah tunggakan bisa dilakukan dengan cepat melalui beberapa langkah berikut ini:

#1. Menggunakan Website Resmi BPJS

Cara pertama untuk cek tunggakan BPJS Kesehatan adalah menggunakan website resmi. Cara ini cukup cepat dan mudah.

Kamu tinggal buka halaman resmi di: https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/

Dari situ kamu tinggal isi form nomor kartu, tanggal lahir, serta angka validasi kemudian klik CEK.

Tidak lama kemudian akan muncul daftar peserta BPJS Kesehatan dalam satu keluarga dan biaya iuran serta denda keterlambatan atau tunggakan.

#2.  Cek Tunggakan BPJS Kesehatan Menggunakan SMS

Cara untuk mengetahui jumlah tunggakan tagihan BPJS Kesehatan adalah melalui SMS Gateway. Layanan ini untuk mempermudah anggota BPJS yang belum terhubung dengan jaringan internet.

Mereka bisa mengirim SMS ke 08777 5500 400 dengan kode Tagihan (spasi) Nomor Kartu BPJS Kesehatan.

Setelah itu kamu akan mendapatkan rincian biaya asuransi BPJS beserta tunggakan dan denda berjalan. Cara ini sangat efektif dan tidak perlu capek datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan.

#3. Cek Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan Dengan Aplikasi Mobile JKN

Cara selanjutnya untuk melihat tunggakan adalah dengan menggunakan aplikasi mobile JKN. Aplikasi ini bisa diunduh melalui android di google play store.

Setelah itu tinggal registrasi dan masuk ke aplikasi untuk cek tagihan bulan berjalan. Dari situ akan kelihatan tunggakan pembayaran BPJS Kesehatan.

Oke sahabat JurnalForex, itu tadi penjelasan sedikit tentang cara cek jumlah tunggakan BPJS Kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjawab pertanyaan kamu.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar