Potensi Bearish USDCAD Kembali Muncul dan Membentuk Dobel Top

Bearish USDCAD

Hari ini pasangan USDCAD mengalami penurunan 0,84% hingga mencapai 1.3160. Setelah harga merangkak naik sejak pertengahan September silam, kini harga menunjukkan koreksi setelah gagal melaju lebih tinggi diatas resistance bulan Mei 2018. Harga tidak berhasil mencapai 1.3386 sebagai resistance terkuat sejak Mei 2018.

Peluang bearish pada pasangan USDCAD sedikit memberi gambaran untuk terciptanya dobel top terhadap resistance 1.3386 pada bulan Mei 2018. Dimungkinkan harga akan kembali turun hingga 1.3100 untuk memberi kekuatan baru sebagai aksi jual hingga menuju harga terendah bulan September 2018 yaitu 1.2781.

Hari ini mata uang Canada menguat terhadap dollar setelah Amerika sepakat melakukan gencatan pasca perang dagang dengan Cina dan tidak memberlakukan pajak tinggi untuk produk Cina pada awal Januari 2019.

Berita fundamental ini juga berdampak untuk pasangan AUDUSD yang mana Dollar Australia mengalami lonjakan harga hingga 0.7393 terhadap Dollar Amerika.

Baca Juga: Analisis EURUSD

Secara teknikal dalam time frame D1, harga USDCAD sudah turun dibawah garis Kijun-sen serta Moving Average (5,10,20). Namun hal ini belum terkonfirmasi baik melalui indikator RSI dimana garis RSI belum berada di bawah level 50.

Meskipun sinyal teknikal belum muncul secara sempurna, namun aksi jual setidaknya bisa memberi potensi profit yang lebih besar. Namun hal ini juga perlu diperhatikan, mengingat pada bulan ini ada rumor untuk kenaikan suku bunga di Amerika Serikat.