10/03/2017

Pernyataan Philip Lowe Gubernur Reserve Bank of Australia

Pernyataan Gubernur Reserve Bank of Australia Philip Lowe
Philip Lowe © www.alchetron.com

Pada pertemuan kali ini (3/10/2017), Dewan menetapkan untuk tetap mempertahankan tingkat suku bunga 1,5%.

Keadaan ekonomi global secara umum sudah mulai membaik, peluang lowongan pekerjaan di beberapa negara maju semakin meningkat di atas perkiraan, walaupun belum begitu pasti. Kondisi ekonomi China dipengaruhi oleh meningkatnya pengeluaran dan pembangunan infrastruktur serta properti. Meningkatnya jumlah hutang terus memberikan risiko jangka menengah. Kondisi perdagangan Australia diprediksikan akan mengalami penurunan dalam beberapa periode ke depan meskipun masih dalam tingkat yang relatif lebih tinggi.

Tingkat pertumbuhan upah pekerja relatif rendah di beberapa negara bagian, begitu juga dengan inflasi inti. Keadaan inflasi inti secara umum lebih rendah dibanding pada awal tahun, secara umum memperlihatkan penurunan harga minyak dibanding tahun sebelumnya.

Di Negara Amerika Serikat, The Fed telah memberikan sinyal bahwa akan memberikan proses normalisasi neraca mulai bulan oktober dan kemungkinan akan menaikkan suku bunga pada akhir tahun. Di negara-negara maju lainnya, sudah kecil harapan untuk pelonggaran moneter tambahan. Market keuangan sudah berfungsi dengan efektif dan tingkat vollatilitas dalam tingkat rendah.

Kondisi ekonomi Australia mengalami peningkatan sebesar 0,8 persen pada kuartal juni ini. Dari data dan hasil terakhir lainnya masih konsisten terhadap ekspektasi Bank Dunia yang menunjukkan pertumbuhan perekonomian Australia akan meningkat secara bertahap beberapa tahun ke depan.

Dari beberapa data menunjukkan bahwa selama beberapa bulan ini, terdapat sinyal yang lebih konsisten bahwa tingkat investasi bisnis non-pertambangan mengalami peningkatan. Kondisi yang membaik ini mengindikasikan tren yang positif dan disambut baik. Dari hasil beberapa survei menunjukkan kondisi bisnis yang semakin membaik dan berada pada tingkat tinggi dan utilisasi kapasitas yang meningkat. Pertumbuhan investasi infrastruktur sangat mendukung potensi tersebut. Dengan kondisi ini, nilai pertumbuhan upah riil yang melambat serta jumlah hutang rumah tangga yang tinggi mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan pengeluaran rumah tangga.

Peluang kerja semakin meningkat beberapa bulan terakhir. Hal ini terjadi di hampir semua negara bagian dan didukung oleh tingkat partisipasi angkatan kerja yang meningkat. Dari beberapa indikator menunjukkan bahwa pertumbuhan tingkat pekerjaan akan mengalami peningkatan selama beberapa tahun ke depan dan tingkat pengangguran diprediksikan akan turun secara bertahap.

Tingkat upah pekerja masih relatif rendah. Hal ini diprediksikan akan tetap berlangsung beberapa waktu ke depan, meskipun tingkat peluang tenaga kerja semakin bertambah diharapkan pertumbuhan upah akan naik secara bertahap. Tingkat inflasi masih relatif rendah, namun diprediksikan akan mengalami peningkatan secara bertahap bersamaan dengan perbaikan kondisi ekonomi.

Dollar Australia dinilai mengalami peningkatan hingga pertengahan tahun seiring dengan penurunan harga Dollar AS. Kenaikan nilai tukar ini sangat diharapkan mampu memberikan konstribusi terhadap tekanan harga yang semakin berlanjut dalam perekonomian. Kondisi ini juga berpengaruh terhadap potensi output dan lowongan kerja. Nilai tukar yang lebih tinggi diprediksikan akan memberikan peningkatan aktivitas ekonomi dan tingkat inflasi yang lebih pelan dari perkiraan saat ini.

Kondisi pertumbuhan hutang perumahan sudah melampaui tingkat pendapatan rumah tangga yang melambat beberapa lama ini. Untuk menanggulangi tingkat risiko jangka menengah terhadap besarnya hutang rumah tangga, APRA sudah menyampaikan beberapa langkah pengawasan. Efek beberapa pembatasan dalam kondisi kredit, tingkat pertumbuhan pinjaman oleh investor agak pelan beberapa saat ini.

Untuk kondisi pasar perumahan, beberapa situasi beragam di beberapa negara bagian. Harga rumah semakin meningkat pesat di beberapa market, sementara di negara bagian lain sedang mengalami penurunan. Di sydney, harga perumahan telah mengalami peningkatan yang sangat signifikan, ada beberapa sinyal bahwa kondisi ekonomi semakin membaik. Sedangkan di Ibu kota timur, Jumlah stok apartemen cuku banyak akan mulai muncul beberapa tahun ke depan. Sewa apartemen tetap rendah di beberapa kota.

Kondisi suku bunga yang relatif rendah semakin mendukung ekonomi Australia. Dengan memperhatikan beberapa data yang ada, Dewan menilai bahwa tetap mempertahankan kebijakan pada tingkat suku bunga yang tidak berubah akan memberikan konsistensi tingkat pertumbuhan ekonomi yang lebih baik ke depan dan mencapai tingkat inflasi yang diharapkan secara bertahap.

Sumber Artikel: www.rba.gov.au



Kolom Komentar >>BukaTutup