--> Skip to main content

10 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Online

Sejak adanya pandemi Covid 19, terjadi peningkatan adanya bisnis online. Apalagi teknologi sekarang sudah sangat membantu manusia, sehingga memudahkan untuk mengawali bisnis online. Cara untuk memulai bisnis online untuk pemula sebenarnya sangat mudah, apalagi didukung oleh kecepatan tinggi dari internet.

Banyak orang memilih melakukan bisnis online untuk mendapatkan uang. Namun sedikit yang mengetahui cara mengawali bisnis online dari nol.

Tapi tahukah, apa pengertian bisnis online? Kenapa banyak sekali yang melakukan bisnis ini? Dan apa yang pertama harus dilakukan untuk memulainya. Berikut akan dijelaskan secara lengkap agar pembaca memahami sebelum masuk dalam ranah bisnis satu ini. 

Ini Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula

Dari namanya saja, semua pasti tahu yang dimaksud dengan bisnis online yaitu usaha yang dilakukan melalui jaringan internet. Bisa dikatakan bisnis ini sangat mudah, dengan hanya modal internet semuanya akan berjalan.

Meskipun begitu, tidak sedikit yang mengetahui cara memulai bisnis online dari nol. Berikut penjelasannya.

Riset pasar

Yang pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset pasar. Kenapa harus riset pasar dahulu? Alasannya adalah sebagai salah satu untuk menemukan ide bisnis yang akan dilakukan. Dengan riset pasar juga bisa mendapatkan data yang objektif sehingga bisa digunakan untuk memulai bisnis online.

Ada beberapa riset pasar yang bisa dilakukan, salah satunya dengan riset keyword. Riset ini bisa dilakukan di mesin pencari. Dari hasil pencarian akan didapatkan apa yang paling banyak dibutuhkan. Gunakan keywordtool untuk melakukan riset.

Setelah riset keyword, selanjutnya riset tren di media sosial. Dengan melihat media sosial, akan didapatkan beberapa keluh kesah termasuk review produk atau layanan. Setelah riset tren, lakukan bergabung di beberapa forum.

Didalamnya akan didapatkan beberapa informasi produk-produk yang sering digunakan. Yang mungkin bisnis tersebut menjadi bisnis online yang menjanjikan.

Tetapkan produk

Setelah melakukan berbagai macam riset, cara memulai bisnis online dari nol untuk pemula tentu saja menentukan produk yang akan dijual. Ingat produk yang dijual adalah produk yang paling banyak dibutuhkan, bukan produk kesukaan atau yang diinginkan.

Bukan tidak mungkin, persaingan penjualan akan tidak mudah.

Usahakan untuk menjual dua produk. Satu produk yang lagi tren di masyarakat, satu lagi yang bisa digunakan untuk jangka panjang.


Baca Juga: Manfaat Bisnis Online

Tidak berbau, tidak basi, yang pastinya dibutuhkan oleh masyarakat juga. Selama harganya masih bisa bersaing, produk yang dijual pasti akan mendatangkan pembeli.

Sistem penjualan

Dunia digital memang sangat membantu untuk memudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya adalah memulai bisnis online shop.

Selain itu, bisa mendapatkan barang atau produk dengan mudah yang akan dijual kembali. Nah, sebelum memulainya, tentukan sistem penjualan yang akan dilakukan.

Banyak sekali sistem penjualan yang dipakai oleh pelaku bisnis online, salah satunya adalah menjadi dropshiper. Sistem ini membuat pelaku bisnis online tidak harus melakukan stok barang. Dan yang mengirimkan barang adalah suplier atau penjual utama.

Yang dilakukan hanya menyebarkan gambar dari suplier.

Buka jaringan di media sosial

Cara memulai bisnis online dari nol untuk pemula tidak akan berhasil jika tidak bermain di media sosial. Ada berbagai macam promosi yang bisa digunakan di media sosial secara gratis. Jadi,  semuanya bisa dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin.

Buatlah akun ,tapi jangan hanya satu. Buatlah beberapa dan sebarkan melalui beberapa aplikasi media sosial.

Namun, hanya beberapa media sosial yang banyak digunakan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Yaitu facebook, Instagram, Youtube, Twitter, dan lain sebagainya. Selain akun bisnis, buat juga akun pribadi sehingga lebih mudah untuk menyebarkannya.

Analisis Saingan

Ketika memulai untuk bisnis online, maka harus mengetahui bagaimana cara untuk memulai bisnis online dari nol. Salah satunya adalah menganalisis beberapa saingan atau kompetitor.

Pelajari semua yang dilakukan kompetitor tersebut. Apa kelebihannya? Apa kekurangannya? Dan bagaimana cara mereka untuk mendekati konsumen.


Baca Juga: Membangun Bisnis Forex

Jika dibutuhkan, kunjungi website yang dimiliki kompetitor. Pelajari bagaimana website tersebut bisa menarik begitu banyak pelanggan. Lihat foto yang digunakan, deskripsi produk, sampai dengan metode pengiriman yang dipakai. Kesimpulannya, buatlah website yang lebih menarik dibandingkan kompetitor.

Setelah website kompetitor dipelajari, selanjutnya adalah mempelajari media sosial yang digunakan oleh kompetitor. Media sosial apa saja yang digunakan, seberapa aktif di media sosial, sampai konsep postingan yang dipakai oleh kompetitor.

Buat akun website

Setelah membuka jaringan media sosial dan menyebar luaskan, cara memulainya adalah membuat website khusus penjualan. Cara ini dilakukan jika memiliki sedikit modal sehingga bisa melakukan stok barang sendiri. Selain itu, cara ini bisa menjaga kredibilitas yang dimiliki sebagai penjual di mata konsumen.

Sebarkan di seluruh marketplace

Ada berbagai macam marketplace yang ada di Indonesia, misalnya Lazada, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain. Agar produk yang dijual semakin dikenal, maka lakukan untuk promosi di berbagai marketplace. Keberadaan marketplace membantu untuk menemukan lebih banyak pembeli.

Meskipun website yang sudah dibuat belum begitu terkenal, marketplace bisa dijadikan sebagai alat untuk mendongkrak produk yang akan dijual. Selain itu, bisa dijadikan sarana untuk mengenalkan toko online kepada khalayak masyarakat. Marketplace juga bisa digunakan sebagai cara bisnis onlineshop tanpa modal.

Komitmen Dalam Melakukan Bisnis Online Dari Nol

Salah satu keuntungan melakukan bisnis online adalah bisa dikerjakan di rumah. Sebelum memutuskan terjun bisnis online dibutuhkan komitmen. Jika memiliki pekerjaan utama yang mungkin menghabiskan waktu sekitar 8-9 jam sehari. Maka luangkan di luar jam tersebut untuk menjalankan bisnis online.

Melakukan bisnis online dibutuhkan untuk konsisten. Karena bisnis online terus berputar selama 24 jam, 7 hari seminggu, bahkan akhir pekan bisa digunakan untuk bisnis online. Memang fleksibel dan cocok sekali digunakan sebagai cara memulai bisnis secara online dari nol untuk pemula.

Tentukan target pasar

Cara selanjutnya adalah menentukan target pasar. Merupakan sekelompok orang yang nantinya dibidik sebagai konsumen produk yang akan dijual. Perlu diketahui, bahwa setiap produk memiliki pasarnya masing-masing.


Baca Juga: Peluang Bisnis Olymptrade

Misalnya, meskipun sama-sama sebuah tas, Hermes dan Eiger memiliki pasarnya sendiri-sendiri. Tas Hermes diperuntukkan untuj kalangan highclass sedangkan Eiger untuk kalangan biasa. Dengan target yang lebih rinci, maka bisa mengembangkan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Pertahankan pelanggan yang setia

Selain mencari pelanggan baru, jangan melupakan dengan pelanggan yang lama. Karena sama pentingnya. Dengan menjaga hubungan baik dengan pelanggan lama, memungkinkan mereka akan selalu setia membeli produk yang dijual. Keuntungan lainnya, pelanggan lama bisa dijadikan sebagai jalan promosi yang lain.

Untuk merawat pelanggan yang setia, bisa memberikan beberapa diskon, atau berikan hadiah. Siapa sih yang tidak suka diberikan diskon khusus atau hadiah. Meskipun sepele, mereka akan setia untuk menjadi konsumen. 

Memulai untuk melakukan bisnis online memang membutuhkan kerja cerdas dan kerja keras. Cara memulai bisnis online dari nol untuk pemula di atas bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki keinginan kuat. Ingat untuk selalu rajin posting atau promosi produk yang akan dijual. Bagilah waktu kerja utama dengan sampingan dengan cerdas agar keduanya bisa dijalankan. Selamat mencoba.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar