--> Skip to main content

Cara Mengecek No BPJS Kesehatan Dengan KTP

cek-nomor-BPJS-dengan-dengan-KTP

Nomor BPJS kesehatan merupakan data penting yang perlu disimpan. Nomor ini biasanya tertera pada kartu BPJS dan akan dipakai jika anggota tersebut sedang sakit dan ingin klaim menggunakan kartu BPJS.

Namun nasib malang jika ternyata nomor pada kartu tersebut sudah tidak terbaca sehingga perlu mencari cara lain untuk mendapatkan nomor tersebut. cara untuk mendapatkan nomor ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan kartu anggota keluarga yang lain atau pakai NIK KTP.

Cara untuk mengecek data No BPJS Kesehatan dengan NIK KTP bisa dikatakan sangat mudah namun butuh beberapa waktu agar bisa mendapatkan keterangan nomor itu kembali.

Bagi kamu yang saat ini sedang kebingungan karena kartu hilang atau nomor BPJS tidak kelihatan dan membutuhkan informasi cepat maka bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Apakah kamu sudah tahu tentang kenaikan iuran BPJS Kesehatan di awal tahun 2020? Jika belum jangan sampai ketinggalan informasi. Bagi kamu yang memiliki BPJS Kesehatan perlu mengetahui bahwa mulai 1 Januari 2020 akan mengalami kenaikan biaya iuran 2 kali lipat dibanding iuran sebelumnya.

Hal ini sudah diumumkan beberapa bulan sebelumnya melalui Peraturan Presiden No 75 Tahun 2019. Kenaikan ini bertujuan untuk mengurangi defisit anggaran bagi peserta BPJS Kesehatan sehingga bisa mengurangi beban pemerintah dalam menanggung kekurangan anggaran selama ini.

Hal ini tentu saja sudah dipelajari secara menyeluruh dari segi aspek sosial maupun ekonomi. Sehingga kenaikan tersebut tidak memberikan beban baru bagi masyarakat dan program jaminan kesehatan bagi masyarakat dapat terus berjalan.

Dengan meningkatnya tingkat pendapatan dan inflasi, beban biaya kesehatan juga semakin meningkat. Oleh sebab itu dengan menaikkan biaya iuran per bulan ini merupakan langkah terbaik yang harus diambil pemerintah.

Manfaat BPJS Kesehatan

Sebelum ditetapkan BPJS Kesehatan menjadi program nasional dan setiap warga negara harus memiliki jaminan kesehatan baik melalui perusahaan, individu, atau negara, banyak sekali keluhan masyarakat tentang mahalnya biaya kesehatan.

Namun saat ini, hal tersebut dapat dikurangi dengan program BPJS Kesehatan yang menaungi seluruh masyarakat di Indonesia melalui beberapa jenis program atau produk BPJS.

Manfaat utama BPJS Kesehatan tentu saja memberi keringanan beban pengobatan bagi masyarakat terutama kelas menengah ke bawah. Dengan BPJS Kesehatan, mereka bisa merasakan pengobatan dan perawatan di rumah sakit tanpa memikirkan biaya pengobatan karena sudah tercover melalui asuransi BPJS Kesehatan.

Tidak seperti asuransi swasta yang terkadang memerlukan medical check up sebelum mendaftar dan menentukan premi per bulan, BPJS akan menerima seluruh masyarakat yang ingin mendaftar. Selain itu biaya premi kesehatan per bulan tergolong sangat murah dan dapat dijangkau oleh masyarakat pada umumnya.

Bagi kamu yang belum mendaftar, diharapkan mulai sekarang untuk mendaftarkan agar tidak menyesal dikemudian hari ketika jatuh sakit dan membutuhkan biaya yang mahal.

Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan

Aplikasi mobile JKN BPJS Kesehatan telah diciptakan pada tahun 2018 dengan tujuan untuk mempermudah akses melalui smartphone.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, setiap anggota BPJS Kesehatan hanya perlu melakukan download di play store kemudian melakukan registrasi dan verifikasi.

Aplikasi ini akan mempermudah bagi anggota untuk memonitor aktifitas kartu BPJS Kesehatan seperti pembayaran dan tagihan. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengecek no BPJS dengan mudah tanpa KTP.

Jika kartu kamu hilang atau nomor tidak bisa terbaca, maka bisa memakai aplikasi ini untuk melakukan klaim BPJS Kesehatan.

Cara Mudah Mengecek No BPJS Kesehatan Dengan KTP

Untuk mengetahui nomor BPJS Kesehatan memang pada umumnya menggunakan kartu BPJS. Namun bagaimana jika kartu itu hilang? Tentu saja kamu bisa mencari menggunakan KTP.

Ada beberapa cara mengecek nomor BPJS kesehatan dengan KTP meskipun harus melalui beberapa tahap. Meskipun demikian ada cara lain yaitu dengan menggunakan nomor anggota keluarga yang lain. Cara ini adalah dengan mengunjungi website BPJS Kesehatan dan cari menu BPJS-Checkin.

Dari situ kamu bisa memasukkan nomor BPJS anggota keluarga dan masukan tanggal lahir. Kemudian isi kode verifikasi dan klik cek. Maka setelah itu akan kelihatan daftar peserta BPJS termasuk nomor kamu.

Adapun cara untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan dengan KTP maka kamu bisa melakukan beberapa cara:

#1. Hubungi Call Center BPJS Kesehatan.

Cara pertama untuk cek nomor BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan menghubungi call center dan menyebutkan NIK KTP, Nama, Tanggal Lahir.

Nomor Call Center BPJS Kesehatan siap menerima laporan selama 24 jam. Jadi untuk kamu yang ingin mengecek no BPJS dengan cepat coba hubungi call center.

#2. Menghubungi Akun Facebook BPJS Kesehatan.

Saat ini, BPJS juga hadir melalui media sosial seperti facebook untuk menerima laporan atau keluhan serta program-program baru dari BPJS.

Untuk bisa cek nomor BPJS Kesehatan dengan KTP, kamu harus berteman atau follow dulu akun BPJS Kesehatan di @BPJSKesehatanRI.

Setelah itu silakan hubungi melalui pesan privat dengan menyertakan data Nama, NIK KTP, Tanggal Lahir dan data yang lainnya untuk mendukung petugas dalam mencari data tersebut.

#3. Menghubungi Akun Twitter BPJS Kesehatan.

Selain melalui media sosial facebook, BPJS Kesehatan juga memberikan layanan informasi melalui twitter.

Untuk kamu yang belum tahu akun BPJS Kesehatan bisa mencari di twitter akun @BPJSKesehatanRI. Melalui akun ini kamu bisa bertanya mengenai data nomor BPJS.

Biasanya informasi yang dibutuhkan yaitu: Nama, Nomor KTP, Tanggal Lahir.

Itu tadi beberapa cara sederhana untuk mengecek no BPJS Kesehatan dengan KTP. Namun jika memungkinkan sebaiknya kamu download aplikasi JKN BPJS Kesehatan agar lebih mudah jika ingin melihat data dan riwayat pemakaian kartu tersebut.

Demikian informasi ini dihimpun oleh JurnalForex, semoga bisa membantu menjawab pertanyaan kamu dan mempermudah dalam mencari nomor anggota BPJS Kesehatan meskipun hanya dengan KTP.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar