11/25/2018

Negara Cina Mengalami Kemunduran Pertumbuhan Ekonomi Sebesar 6,3%

pertumbuhan ekonomi cina mengalami kemunduran tahun depan

Negara Cina mengalami kemunduran pertumbuhan ekonomi sebesar 6,3%. Dikutip dari investing.com (25/11/2018), melalui laporan seorang ekonom dari Universitas Renmin Beijing bahwa pertumbuhan ekonomi cina diperkirakan hanya mencapai 6,6 pada tahun ini. Hal ini mengakibatkan laporan tingkat pertumbuhan ekonomi Cina tahun depan turun 6,3% dibanding tahun 2018. Penurunan ini disebabkan oleh reformasi struktural serta perdagangan.

Data ini sejalan dengan laporan jajak pendapat oleh 73 ekonom yang dibuat Rauters bulan lalu. Cina mengalami tekanan yang kuat dari efek perang dangang dengan Amerika Serikat. Namun para ekonom juga mengingatkan bahwa kondisi Cina akan tetap mengalami situasi yang kurang baik meskipun perang dagang dapat terselesaikan. Hal ini dipicu dari kondisi ekonomi global yang kurang bagus serta tingkat ekspor yang menurun serta depresiasi mata uang.

Seperti diketahui bahwa tingkat pertumbuhan PDB Cina mengalami pergerakan paling lambat sejak 2009. Cina memiliki tingkat pertumbuhan pendapatan domestik bruto 6,5% dari tahun ke tahun pada kuartal september. Hal ini mengkibatkan Beijing mendorong bank komersial untuk memberi pinjaman kepada perusaan swasta secara maksimal dan membantu kendala pembiayaan perusahaan.

Para ekonom juga menyampaikan bahwa saat ini  Cina akan kesulitan untuk mengeluarkan kebijakan-kebijakan jangka pendek untuk mengurangi tekanan ekonomi yang sedang dirasakan karena akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang lebih melambat tahun depan. Untuk itu diperlukan reformasi penawaran yang baru.

Mereka memprediksi bahwa pada tahun 2019 adalah kunci untuk melakukan restrukturisasi kebijakan ekonomi dan transisi jangka panjang untuk menunjang pertumbuhan yang lebih lambat dan berkualitas.

Selain itu, Tahun depan Cina juga harus memperhatikan sektor perdagangan luar negeri seperti impor yang saat ini mengalami kenaikan 16,1 persen dibandingkan dengan kenaikan 6,1 persen pada tahun 2018.

Dalam laporan para ekonom tersebut juga dikatakan bahwa tingkat belanja konsumen di Cina akan mengalami kenaikan 9 persen pada tahun depan.

Sumber Gambar: Superduper.top
Jika ada pertanyaan tulis komentar:Klik >> BukaTutup