6/24/2018

Terjebak Pada Posisi Hedging yang Tidak Terencana

hedging yang tidak terencana


Sebagai seorang trader, apakah kamu pernah mengalami salah posisi dan mengambil posisi terbalik dari open sebelumnya untuk mengunci kerugian? Tentu banyak sekali yang mengalami hal tersebut, namun yang menjadi masalah adalah ketika kita terjebak pada posisi hedging yang tidak terencana sebelumnya dan hal ini biasaya berakhir pada kerugian yang lebih besar, Kenapa?

Membuka posisi terbalik tanpa menutup posisi sebelumnya atau istilah umumnya adalah strategi hedging memang merupakan salah satu strategi yang diterapkan oleh seorang trader untuk menghasilkan profit, tetapi kenapa kita masih juga mengalami loss yang cukup besar?? Karena hal itu disebabkan oleh:

Melakukan Hedging yang Tidak Terencana.

Hal yang sering terjadi, kita melakukan hedging karena panik melihat harga kembali berbalik arah bersebrangan dengan posisi kita dan harga tersebut bergerak sangat cepat sehingga dengan kepanikan tersebut kita membuka posisi kembali dengan berlawanan arah dari posisi sebelumnya.

Kepanikan ini biasanya terjadi dan kita tidak memperhitungkan lagi tingkat resiko terhadap margin kita dan kebingungan dalam membuka kunci teresbut karena jumlah lot yang terpasang cukup besar dan memiliki dampak resiko yang lebih besar juga.

Tidak Mau Rugi Dalam Setiap Trading.

Hal kedua yang sering menjadi penyebab mala petaka ini adalah rasa tidak mau rugi dalam setiap trading yang dilakukan. Orang menginginkan selalu untung dan tidak mau balancenya berkurang sedikitpun. Perlu kita ingat bahwa setiap bisnis yang kita jalani pasti ada resiko yang harus siap kita tanggung, maka dari itu jika rasa tidak mau rugi ini diterapkan dalam trading biasanya akan berdampak pada resiko yang lebih besar karena tidak ada money management sehat yang diterapkan.
Tidak Tahu Arah Trend yang Sedang Bergerak Dalam Timeframe yang Lebih Besar.

Arah  trend adalah penting dalam setiap trading karena kita sebagai follower dan modal yang kecil tentu saja tidak mampu melawan arus besar yang sedang berjalan. Ketika kita tidak mengetahui hal tersebut maka posisi hedging bisa menjadi masalah baru karena kesulitan untuk keluar dari masalah tersebut.
Itu tadi beberapa penyebab terjadinya kerugian yang lebih besar karena posisi hedging yang dilakukan tanpa terencana. Oleh sebab itu bagi kalian yang bermain trading ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan hedging.

Melakukan Hedging Sebagai Rencana Trading.

Sebelum melakukan hedging sebaiknya kalian sudah merencanakan dan mengukur tingkat margin sehingga tidak berdampak besar terhadap akun anda. Memperhitungkan posisi buka dan tutup dalam posisi pembalikan yang biasanya terjadi pada support dan resistance perlu diperhitungkan terlebih dahulu sehingga besaran lot yang kita gunakan sudah terencana dan terukur dengan baik.

Gungakan Stop Loss Bagi Kalian yang Belum Mengerti Hedging.

Bagi kalian yang belum mengerti dan berpengalaman dalam strategi hedging lebih baik menggunakan stop loss sebagai batas tingkat kerugian. Kita harus tahu bahwa setiap posisi yang kita lakukan sebetulnya memiliki peluang 50:50 dan hal itu hanya bisa dibendung dengan stop loss jika arah tidak sesuai dengan prediksi. Ketika mengalami kerugian sebaiknya tenangkan dulu pikiran dan lakukan hal lain untuk menghilangkan perhatian kita terhadap loss yang baru saja kita alami dan tunggu atau analisis kembali kapan posisi terbaik untuk melakukan trading kembali.

Pergunakan Money Management Dengan Baik.

Money management adalah hal yang sering dikesampingkan oleh sebagian trader karena dirasa sebagai sumber kerugian, padahal hal tersebut sangat penting dan baru disadari ketika sudah mengalami kerugian yang besar. Oleh sebab itu perhitungkan baik-baik sebelum melakukan open posisi dalam menghitung tingkat kerugian dan bersabarlah untuk menunggu posisi jual atau beli yang tepat sehingga tingkat resiko akan didapat semakin kecil.

Melakukan trading adalah kegiatan yang berulang yang terus dilakukan selama masih menjalankan bisnis ini, sehingga jangan berfikir kalau kita hanya melakukan trading itu hari ini dan hari ini harus menang dan profit kita besar. Hal itu biasanya akan berakhir dengan tragis bahkan terjadi margin call karena keteledoran kita dalam melakukan trading tanpa money management yang baik. Biasakan diri untuk rileks dan lakukan bisnis ini dengan terencana dan tenang.

Itu tadi beberapa hal yang perlu kita ingat selalu dalam bisnis trading ini, jangan terpengaruh oleh hasil trading orang lain yang seolah tidak mempertimbangkan resiko karena kita tidak tahu bagaimana nasib akun mereka di kemudian hari. Bisnis ini milik kita sendiri dan bukan orang lain yang menanggung atas kerugian kita, jadi tetap tenang dan sabar dalam melakukan trading. Lakukan rencana trading atau strategi kalian dengan baik dan benar.

Jika ada pertanyaan tulis komentar:Klik >> BukaTutup