10/06/2017

Kondisi Politik Sangat Mempengaruhi Harga Pound Inggris

Kondisi politik di Inggris belum begitu kondusif pasca Brexit. Ketidakpastian ini masih berlangsung  dimana PM Theresa May bisa digulingkan oleh partainya sendiri. Hal ini tentu saja sangat mempengaruhi sentimen pasar terhadap harga Pound Inggris.

Sejak hari Jumat kemarin GBPUSD terus mendapat tekanan melalui sesi Asia dan kepercayaan publik terhadap kenaikan suku bunga AS pada bulan desember tahun ini menjadi pendorong pergerakan turun mengikuti penguatan greenback.

Pasar masih percaya bahwa potensi kenaikan suku bunga masih kuat yaitu berkisar 70% pada akhir tahun 2017. Hal tersebut juga diperkuat dengan data ekonomi AS yang cenderung membaik.

Kepercayaan pasar semakin diperkuat dengan rencana adanya reformasi pajak yang akan dilakukan oleh Presiden Donald Trump. Hal tersebut telah mengangkat harga Indeks Dollar AS naik ke level tertinggi pada 7 minggu terakhir serta membawa pergerakan harga GBPUSD berada di bawah 1,3100 mendekati harga terendah bulan ini.

Hari ini akan dirilis data ekonomi AS yaitu laporan NFP yang menjadi fokus market untuk melihat perkembangan ekonomi AS. Market akan melihat kondisi jangka pendek greenback melalui data tersebut. Sedangkan untuk posisi GBP hari ini juga akan dipengaruhi oleh data pelepasan Halifax House Price (HPI) dan pidato dari Kepala Ekonomi BOE Andy Haldane.

Dari data teknikal hari ini, GBPUSD sudah terkonfirmasi melalui timeframe H4 bahwa harga berhasil menembus garis trendline sebagai support jangka pendek serta support horisontal di harga 1.3150. Dengan kondisi oversold yang masih jauh maka kemungkinan harga pasangan ini akan memperpanjang lintasannya turun ke bawah lebih dalam pada waktu dekat.

Tekanan pada GBPUSD pada sesi asia masih berlangsung pasca brexit
Grafik GBPUSD Timeframe H4

Penurunan dimungkinkan akan berlangsung untuk menuju support terdekatnya yaitu 1.3050 sebelum akhirnya harga akan kembali turun untuk menuju 1.2980.

Namun ada kemungkinan lain yaitu harga kembali naik untuk melakukan koreksi jangkat pendek. Untuk itu rintangan harga pada 1.3150 menjadi penentu apakah harga akan terus berlanjut turun atau justru sebaliknya akan bergerak naik untuk melakukan konsolidasi kembali.

Berita NFP malam ini akan menjadi tolak ukur untuk pergerakan dollar dalam beberapa waktu ke depan. Maka dari itu memantau pergerakan harga serta menunggu data NFP muncul adalah langkah yang lebih baik dalam trading hari ini.

Jangan lupa selalu sertakan money management terukur dalam setiap tindakan trading agar tidak terjadi kerugian yang diluar batas kewajaran.



Kolom Komentar >>BukaTutup