9/23/2017

USD/JPY Turun 0,41% Akibat Ketegangan AS dan Korea Utara.

USDJPY turun setelah muncul ketegangan AS dan Korea Utara
Dollar Turun Terhadap Yen

Dollar sempat bangkit setelah pertemuan FOMC hari rabu kemarin karena kemungkinan kenaikan suku bunga pada akhir tahun masih memiliki potensi. Selain itu The Fed menyatakan akan melepas neraca $4,5 triliun di bulan Oktober mendatang.

Dilansir dari investing.com bahwa dollar kembali terpuruk terhadap mata uang safe haven USD/JPY setelah muncul pernyataan keras dari pimpinan Korea Utara Jong Un yang menyatakan Pyongyang akan kembali mempertimbangkan "antisipasi tingkat tinggi" sebagai jawaban dari ancaman Presiden AS Donald Trump.

Pernyataan tersebut dilanjutkan oleh Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho bahwa Korea Utara bisa melaksanakan Uji Coba bom hidrogen yang belum pernah dilakukan sebelumnya di Samudera Pasifik.

Hal ini adalah jawaban pimpinan Korea Utara setelah Presiden Donuld Trump mengeluarkan pernyataan dalam pidatonya di depan Majelis Umum PBB pada hari selasa, Presiden AS menyatakan "Jika Amerika dan sekutunya dipaksa untuk bertahan, maka tidak ada pilihan lain kecuali menghancurkan Korea Utara secara total. Amerika Serikat mempunyai kekuatan dan kesabaran yang luar biasa."

Dari hasil ketegangan ini maka para investor mulai mengalihkan dananya ke pasangan safe haven seperti USD/JPY. Hal ini terlihat pada hari jumat kemarin sebelum penutupan pasar Amerika USD/JPY turun hingga 0,41% di harga 112,01. Sedangkan USD/CHF juga mengalami penurunan sebesar 0,21% di harga 0,9687.

Untuk pasangan mata uang lainnya seperti EUR/USD mengalami kenaikan 0,20% di harga 1,1965, untuk pasangan GBP/USD tertekan turun 0,10% ke harga 1,3569.

Kenaikan EUR terhadap USD juga diakibatkan dari data yang dikeluarkan pada hari jumat oleh riset market yang memperlihatkan bahwa sektor manufaktur dan jasa di Area euro memiliki ekspektasi positif di luar prediksi.



Kolom Komentar >>BukaTutup