9/28/2017

3 Peristiwa Penting Hari Ini Terhadap USD, GBP dan JPY

peristiwa penting yang berpengaruh pada USD, GBP dan JPY
3 Peristiwa Penting Hari Ini © forexfactory.com

Hari ini, 28 September 2017 perhatian pasar kembali ditujukan pada 3 peristiwa penting yang mungkin akan berdampak kuat terhadap pergerakan harga beberapa pasangan  mata uang.

3 Peristiwa penting yang patut menjadi perhatian terhadap pergerakan USD, GBP dan JPY yaitu:

Pidato Gubernur BOJ

Rencananya hari ini akan dilangsungkan pidato Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda di Nasional Sekuritas Industri Pukul 13.35 WIB. Dalam beberapa pandangannya melalui pidato atau konferensi pers biasanya akan memberikan isyarat secara halus terhadap kebijakan ekonomi Jepang ke depan. Hal ini tentu saja bisa berdampak kuat terhadap pergerakan harga karena Investor sedikit tahu bagaimana situasi yang akan terjadi ke depan.

Pidato ini dilakukan beberapa hari setelah isu pemilihan satu tahun lebih awal untuk mencari mandat tentang kebijakan moneter baru di tengah tekanan terhadap Korea Utara yang disampaikan oleh Perdana Menteri  Jepang Shinzo Abe.

Secara umum, kondisi Jepang yang lebih kondusif dianggap sebagai mata uang safe haven dibanding mata uang lainnya. Namun baru-baru ini mengalami penurunan terhadap harga dollar ditengah optimisme pasar terhadap kenaikan suku bunga AS pada akhir tahun.

Pidato Gubernur BOE.

Hari ini, Pukul 15.15 WIB rencana akan diselenggarakan konferensi Bank of England merayakan 20 tahun kemerdekaan di London. Dalam acara tersebut, Gubernur BOE Mark Carney dijadwalkan akan memberikan sambutan pembuka.

Sambutan tersebut akan berdampak pada penguatan GBP jika mengisyaratkan situasi yang lebih hawkish. Pidato ini disampaikan di tengah isu kuat bahwa akan terjadi kenaikan suku bunga yang pertama setelah beberapa dekade di bulan november.

Data Ekonomi AS.

Hari ini akan dirilis angka PDB AS kuartal ke dua sebagai tolak ukur pendapatan domestik bruto yang akan berakhir pembacaannya pada hari kamis. Dari data pengamat mengisyaratkan akan terjadi kenaikan PDB sebesar 3% dibanding kuartal sebelumnya.

Selain data PDB, hari ini juga akan dirilis jumlah penduduk AS yang mengajukan klaim asuransi pengangguran selama sepekan terakhir. Para pengamat memperkirakan peningkatan sejumlah 269K dimana sebelumnya berada pada angka 259K. Angka yang lebih kecil dari forecast akan berdampak kuat pada menguatnya harga USD.

Berikut tadi beberapa hal yang perlu menjadi perhatian pada trading hari ini. Mengambil posisi yang tepat dalam rangka memanfaatkan momen berita akan memberikan hasil yang positif. Pergunakan money management yang terukur agar tidak terjadi kerugian yang terlalu besar.

Sumber Referensi: www.investing.com



Kolom Komentar >>BukaTutup