8/17/2017

Dolar Hari ini Kembali Menguat Menjelang data A.S

harga dollar, hari ini, indeks dollar, EURUSD, USDJPY, USDCAD
Harga Dollar Hari Ini

Menurut pantauan jurnalforex.com kali ini, dollar mulai kembali menguat terhadap beberapa mata uang utama lainnya, hal ini mengurangi kerugian yang terjadi akibat keraguan para investor terhadap kenaikan suku bunga tahun ini. Para investor mulai memperhatikan data ekonomi yang akan muncul di kemudian hari.

Dollar Amerika sempat melemah karena hasil rapat kebijakan Federal Reserve bulan juli yang menunjukan keputusan yang terbagi antara menaikan suku bunga tahun ini dengan mempertahankan karena kenaikan inflasi yang masih rendah.

Beberapa waktu setelah data sektor perumahan AS memberikan hasil yang kurang bagus sehingga mengurangi rasa optimisme baru-baru ini terhadap kekuatan ekonomi AS.

Greenback juga lagi mengalami ketegangan politik setelah belum lama ini Presideng As Donald Trump membubarkan dua dewan penasehat bisnis papan utama di Washington. Hal ini tentu saja membuat rasa khawatir para pelaku pasar terhadap kemampuang pemerintah dalam mengendalikan reformasi ekonomi.

Kebijakan tersebut diambil setelah beberapa kepala eksekutif melakukan walk out atas penyampaiannya yang menyalahkan terjadinya kekerasan akhir minggu lalu di Virginia, tidak hanya terhadap nasionalis kulit putih namun juga para aktivis anti rasisme yang juga menentangnya.

EUR/USD jatuh sekitar 0,25% di angkat 1,1735 setelah rilis data Inflazi di Eropa tidak mengalami perubahan di bulan juli.
Para pelaku pasar sedang melihat potensi ke depan terhadap hasil rapat kebijakan yang akan diambil oleh Bank Sentral Eropa untuk adanya program pembelian aset. Untuk kondisi ini pelaku pasar sementara memantau untuk melihat potensi pergerakan EUR selanjutnya.

EUR sedang melemah secara luas menyusul munculnya data laporan pada hari rabu kemarin yang memberitakan bahwa Presiden ECB Mario Draghi tidak ingin memberikan pesan tentang kebijakan moneter yang baru di konferensi Jackson Hole di Amerika Serikat.

Sedangkan Kondisi pounsterling dalam keadaan stabil, Saat ini GBP/USD berada di area 1,2892 naik dari palungan sebelumnya yang berada di angka 1,2843 akibat laporan bahwa Kantor Statistik Nasional Inggris menyampaikan bahwa penjualan ritel mengalami kenaikan lebih baik dari yang diprediksikan pada bulan juli.

Di pasangan mata uang lainnya seperti USD/JPY, Dollar mengalami penurunan sebesar 0,2% di angka 109,97, sedangkan USD/CHF seolah tidak berubah di angka 0,9758.

Sebelum pembukaan pasar Eropa, Biro Statistik Australia merilis data baru yang menyatakan jumlah orang yang diperkerjakan mengalami kenaikan 27.900 di banding bulan lalu. Hal ini mengalahkan ekspektasi yang diprediksikan sebesar 20.000

Jumlah pengangguran mencapai 5,6% pada bulan juli turun sedikit dari bulan juli yang memiliki tingkat pengangguran 5,7%, hal ini tentu saja sesuai dengan prediksi pasar.

Sedangkan untuk pasangan USD/CAD mengalami kenaikan sebesar 0,11% di harga 1,2632 dari level terendahnya yang berlangsung hampir dua minggu yaitu di angka 1,2588 tadi malam.

Sementara itu untuk indeks A.S mengalami kenaikan sebesar 0,15% sebagai tolak ukur kekuatan greenback terhadap beberapa mata uang utama. Kenaikan ini membawa indeks dollar menjadi 93,35 naik dari posisi terendahnya di sesi hari ini yaitu 93,22.



Kolom Komentar >>BukaTutup