6/19/2017

Fokus Pada Satu Pasangan Mata Uang atau Lebih?

Tags
fokus; pasangan mata uang; pair;

Dalam kegiatan trading forex, seorang trader diberi kebebasan untuk melakukan trading dengan pasangan uang apapun asal hal itu tersedia di MT4. Seorang trader bisa saja hanya fokus pada satu pasangan mata uang seperti EURUSD, GBPUSD, USDJPY atau berbagai pasangan mata uang. Hal ini tidak ada larangan dan tidak ada sistem yang mewajibkan orang untuk membatasi dirinya dalam bertrading.

Namun hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan trading terutama jika seorang trader mengambil cara dengan melakukan beberapa aksi jual-beli pada berbagai pasangan mata uang secara bersamaan antara lain:

  • Sistem trading.

    Jika orang melakukan trading pada berbagai pasangan mata uang, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah sistem trading. Dalam hal ini adalah cara melakukan eksekusi serta pengambilan profit yang ditargetkan. Jangan sampai justru dengan banyaknya aksi jual-beli secara bersamaan akan membuat trader tersebut bingung sendiri dalam mengambil keputusan dalam melakukan cut profit atau cut loss.

  • Kekuatan Margin.

  • Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah kekuatan margin. Jangan sampai karena keasyikan dalam melakukan aksi jual-beli justru tidak memperhitungkan margin. Hal ini juga menyangkut kekuatan margin jika harga tidak bergerak sesuai rencana sehingga seorang trader harus melakukan averaging. Jika tindakan averaging ini tidak diantisipasi sebelumnya dengan memperhitungkan besaran margin maka akan berdampak buruk pada sistem trading yang sedang dijalani.

  • Psikologi.

  • Hal lainnya yang tidak kalah penting yaitu psikologi. Ketika orang melakukan banyak open posisi secara bersamaan, maka hal yang mungkin sangat berpengaruh adalah psikologi apalagi jika sebagian open posisi yang sedang terbuka mengalami kondisi mines. Untuk mengatasi hal ini maka perlu pengaturan besaran lot menyesuaikan akun yang dimiliki sehingga tidak membuat perasaan cemas dan berakibat pada tindakan fatal seperti melakukan cut loss hanya atas dasar tekanan psikologi yang kuat melihat balance yang mendekati posisi margin call.


Itu tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan jika seorang trader melakukan trading dengan cara melakukan penyebaran pada berbagai pasangan mata uang dengan harapan membuka peluang lebih besar mendapatkan profit. Namun perlu diperhatikan juga bahwa disamping peluang yang terbuka lebar, disitu juga terdapat resiko yang cukup besar juga hingga berdampak pada habisnya margin yang dimiliki sehingga terjadi margin call.

Sumber Gambar: www.pixabay.com



Kolom Komentar >>BukaTutup