3/10/2017

Tekanan Bearish Pada USDCHF

Tags
Hari ini kembali saya menyuguhkan hasil analisis teknikal pada pasangan USDCHF. Sambil menunggu rilis berita NFP yang berdampak kuat pada USD maka dari analisis kali ini terlihat tekanan bearish pada USDCHF.

Secara singkat saya hanya memperlihatkan berdasarkan grafik USDCHF pada timeframe H1 sebagai dasar open posisi.

Untuk memperjelas maka saya sudah membuat keterangan singkat pada gambar seperti di bawah ini:


Dari gambar tersebut terlihat bahwa dua harga tertinggi sebelumnya terlihat sudah mengalami penurunan seperti yang terlihat pada garis trendline pada dua titik putih paling atas. Hal tersebut mengindikasikan bahwa USDCHF pada tekanan bearish atau penurunan.

Secara indikator sinyal tersebut diperkuat dengan terjadinya perpotongan pada EMA 8, 21 dan 50 sebagai sinyal awal telah terjadi pembalikan arah. Sinyal terlihat lebih kuat karena harga terakhir tidak mampu menembus resistance baik itu EMA 8, 21, dan 50 serta garis horisontal di atasnya.

Secara teknikal sinyal ini memungkinkan harga akan turun untuk menyentuh support di bawahnya, namun karena sebentar lagi keluar berita NFP yang cukup kuat berdampak pada USD maka perlu kehati-hatian dalam melakukan trading yaitu dengan mengatur money management.

Menggunakan lot secara benar serta menghitung tingkat resiko yang siap untuk ditanggung adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga psikologi agar tidak tertekan atau cemas. Segala kemungkinan bisa terjadi baik itu tersentuh stop loss maupun target profit, dengan melakukan money management secara ketat maka akan menghindari kebangkrutan yang tidak perlu.

Hal yang perlu menjadi perhatian pada kasus ini adalah indikator stochastic oscillator yang belum menunjukkan area jenuh. Jadi ada kemungkinan harga akan bergerak naik turun untuk melakukan konsolidasi.

Salah satu konfirmasi agar sinyal lebih valid adalah melakukan analisis pada timeframe yang lebih besar sebagai kondisi makro. Dengan melakukan analisis di timeframe H4 atau D1 maka akan kelihatan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi secara jangka panjang sehingga peletakan stop loss dan besaran lot bisa diperhitungkan sebelumnya.

Itu tadi analisis singkat pergerakan USDCHF menghadapi berita NFP dan kondisi tekanan bearish secara teknikal. Analisis ini bersifat prediksi semata, saya tidak mengajak anda untuk melakukan trading karena sifatnya yang beresiko tinggi. Untuk itu segala resiko kerugian yang diakibatkan oleh aktifitas trading tidak ada sangkut pautnya dengan jurnalforex.com.



Kolom Komentar >>BukaTutup