1/29/2017

Menguji Potensial Sinyal Death Cross Pada EURUSD

Tags
Menguji sebuah potensial dari sinyal death cross yang muncul pada pasangan EURUSD. Kali ini kita akan melihat sejauh mana sinyal tersebut mampu memberikan profit dalam trading jangka menengah yaitu di timeframe H4.

sinyal death cross; pola death cross

Catatan kali ini akan menjadi jurnal forex harian saya dalam melihat sinyal death cross di pasangan mata uang EURUSD. Di bawah ini sudah saya siapkan gambar EURUSD dengan beberapa keterangan singkat.

Beberapa waktu lalu telah terjadi posisi death cross dengan munculnya perpotongan antara indikator moving average 8 dan 21. Dari gambar tersebut bisa terlihat posisi support dan resistance dengan munculnya lingkaran merah dan saya hubungkan dengan garis horisontal.

Potensi dari sinyal tersebut adalah suatu gerakan downtrend yang mungkin terjadi beberapa hari kemudian untuk menuju support kuat berikutnya. Sesuai dengan teori death cross yang saya pernah jelaskan:

Posisi saat ini adalah menunggu apakah harga mampu menembus support 1 dengan penutupan harga di bawah support tersebut. Apabila hal itu terjadi maka harga dimungkinkan akan terus turun menuju support  2 atau 3.

Dalam melakukan pantauan harga, kita hanya perlu melihat pergerakan setiap 4 jam sekali pada saat penutupan candlestick h4 terjadi. Hal ini bertujuan untuk membatasi tekanan psikologi kita ketika harga bergerak naik turun tidak seperti yang kita harapkan, selain itu waktu luang yang ada bisa dipakai untuk kegiatan lainnya atau menganalisis pergerakan mata uang lainnya.

Jadi dari penjelasan diatas tadi, hal yang perlu saya lakukan adalah menunggu momen break out pada level support 1. Ketika hal itu terjadi maka saya akan melakukan posisi sell dengan target profit antara support 2 atau support 3.

Untuk membatasi tingkat resiko dalam trading kali ini, saya akan meletakkan posisi stop loss diantara perpotongan moving average tersebut atau bisa juga di atas harga tertinggi yang sebelumnya terjadi. Posisi stop loss tersebut tentu saja saya ambil untuk memberikan ruang gerak pada harga yang sedang ter floating untuk melakukan konsolidasi untuk menuju support 2 atau support 3.


Pembahasan kali ini adalah bersifat prediksi dan belum tentu seratus persen benar, maka dari itu saya tidak mengajak teman semua untuk melakukan trading seperti apa yang akan saya lakukan. Setiap resiko dari kegiatan trading adalah tanggung jawab anda sendiri. Saya hanya mencoba memberikan gambaran bagaimana sinyal death cross tersebut diperlakukan serta pertimbangan apa saja yang harus diperhatikan agar sinyal tersebut betul-betul memberikan hasil yang positif dalam jangka panjang.



Kolom Komentar >>BukaTutup