1/17/2017

Euro Masih Perkasa Melawan USD di Sesi Eropa

Tags
Euro masih menunjukkan kekuatan yang perkasa melawan USD pada sesi eropa hari ini. Dengan pertumbuhan ekonomi di zona eropa kembali memberikan respon positif para pelaku pasar untuk melakukan beli pada EURUSD.


Secara teknikal pergerakan harga EURUSD masih memungkinkan untuk naik menuju resistance terdekat. Hal ini terlihat dari terjadinya break out pada resistance baik secara garis horisontal maupun garis trendline.

Meskipun ada kemungkinan harga naik lebih tinggi namun perlu berhati-hati karena kalau dilihat dari indikator oscillator tampak bahwa harga sudah mendekati area jenuh beli. Untuk itu bisa dilakukan pengaturan money management untuk mengurangi besaran lot untuk mengambil sebagian profit yang sudah di peroleh.

Kemungkinan harga akan melakukan konsolidasi terlebih dahulu dengan melakukan koreksi di area support terdekat untuk melihat apakah kekuatan market masih bisa membawa harga EURUSD terbang lebih tinggi lagi. Gambar di atas adalah grafik EURUSD pada timeframe H4.


Secara jangka panjang melalui grafik D1 terlihat bahwa moving average baru saja terjadi perpotongan sehingga ada kemungkinan untuk terjadi pembalikan arah dengan proses jenuh jual yang sudah berlalu.

Posisi RSI belum lama menembus level 50 sebagai indikator bahwa harga masih mungkin untuk menuju resistance di atasnya sampai RSI tersebut masuk ke dalam area jenuh beli. Secara MACD juga terlihat bahwa batang histogram telah berada diatas level (+) dan garis MACD masih di bawah level 0 sebagai tanda kekuatan market yang masih kuat untuk melakukan beli pada EURUSD.

Sinyal uptrend ini cukup kuat didukung dengan analisis dari bentuk formasi MACD dan Price Action yang menunjukkan bentuk bullish divergence dan bullish engulfing yang sudah di bahas sebelumnya. Poin ini bisa menjadi pelajaran baru bagaimana proses pergerakan terjadi dengan dibantu sinyal-sinyal formasi dari candlestick dan bentuk divergence pada MACD.

Konfirmasi Break Out.

Konfirmasi break out belum bisa menjadi acuan utama dalam mengukur kekuatan euro terhadap usd pada sore hari ini karena konfirmasi indikator stochastic oscillator belum begitu valid. Posisi indikator SO yang sudah mendekati area jenuh beli bisa dimungkinkan akan terjadi koreksi jangka pendek.

Poin Evaluasi Terhadap Formasi Bullish Engulfing dan Bullish Divergence.

Dari hasil trading ini, bisa terlihat bahwa pola bullish divergence dan bullish engulfing mampu memberikan hasil yang positif ketika didukung oleh area support yang tidak bisa tertembus.


Proses pembalikan arah ini menjadi poin entri untuk melakukan buy ketika konfirmasi perpotongan moving average sudah tampak dengan jelas.



Kolom Komentar >>BukaTutup