12/17/2016

Prediksi Pergerakan Harga GBPUSD 19-23 Desember 2016

Tags
Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk memprediksi pergerakan GBPUSD untuk minggu depan tanggal 19-23 Desember 2016. Setelah kemarin AS memberikan kebijakan untuk menaikan suku bunganya maka dollar menguat dengan berbagai pasangan mata uang termasuk GBP.

Untuk jangka panjang kita akan mencoba melihat pergerakan harga menurut timeframe D1.

Kali ini saya sudah membuka grafik GBPUSD pada timeframe D1. Pada gambar tersebut dapat teman-teman lihat bahwa trend harga sedang turun sejak Juni 2016. Namun pada bulan oktober 2016 terjadi koreksi dan menguji kekuatan resistance di kisaran harga 1,27770 yang akhirnya dicapai pada bulan november 2016.

Hal yang menarik dari pergerakan ini adalah, sejak bulan november 2016 harga tidak berhasil menembus resistance 1,27770 dan cenderung untuk kembali turun dengan tertembusnya support pada kisaran harga 1,25370.

Jika dilihat dari pola pergerakan ini ada kemungkinan harga akan terus turun untuk menguji support dibawahnya yaitu kisarang harga 1,21160. Hal ini juga di dukung dengan pola moving average yang hampir terjadi perpotonga serta bentuk candlestick yang berhasil menembus harga 1,25370.

Indikator seperti MACD juga memperlihatkan terlepasnya batang histogram dengan garis MACD di area positif sebagai indikasi menguatnya untuk terjadinya trend turun pada pergerakan minggu depan.

Bila dilihat dari indikator RSI juga memberikan sinyal yang mendukung untuk terjadinya downtrend dengan posisi RSI yang berada di bawah gari 50. Hal ini sangat mendukung untuk terjadinya melemahnya GBP terhadap USD.

Untuk indikator stochasctik oscillator juga belum menunjukkan posisi over sold sehingga harga juga masih bisa dimungkinkan untuk kembali turun lebih dalam menuju harga kisaran 1,21160. Dengan kenaikan suku bunga pada dollar amerika maka potensi untuk menguatnya USD sangat tinggi.

GBPUSD, timeframe, downtrend
Gambar GBPUSD Timeframe D1

Untuk jangka menengah kita akan mencoba melihat pergerakan harga menurut timeframe H4.

Apabila dilihat dari gambar GBPUSD pada timeframe H4 di bawah ini maka teman-teman bisa melihat bahwa harga juga sedang mengalami trend turun yang bisa dilihat dari beberapa tanda indikator sebagai berikut.

Jika dilihat dari moving average yang ada telah terlihat bahwa posisi moving average menunjukkan posisi downtrend. Namun dalam beberapa saat sebelumnya sedang terjadi posisi koreksi dan menguji resistance di kisaran harga 1,25370.

Dari indikator stochastick oscillator juga jelas terlihat bahwa posisi harga sedang melakukan koreksi dan mendekati posisi over bought. Namun dengan kuatnya trend turun baik H4 maupun D1 maka harga dimungkinkan akan kembali turun untuk menguji support di bawahnya yaitu kisaran harga 1,23300.

Hal lain yang mendukung bahwa trend masih dibawah tekanan downtrend adalah posisi RSI yang masih berada di bawah garis 50 dengan posisi mendekati resistance dan stochastick mendekati area jenuh beli.

Jadi ada kemungkinan dalam jangka menengah atau minggu depan harga kembali turun menuju harga 1,23300. Harga tersebut menjadi support 1 dalam jangka menengah, apabila support itu kembali tertembus maka dimungkinkan harga semakin tajam turun ke bawah menuju support 2 di harga 1,21160.

GBPUSD, downtrend, analisis, teknikal
Gambar GBPUSD Timeframe H4


Langkah trading minggu depan.

Untuk langkah trading minggu depan adalah menunggu sejenak konsolidasi harga hingga posisi stochasctik oscillator terjadi jenuh beli dan terjadi perpotongan sambil melihat apakah harga terus naik diatas 1,25370. Apabila ternyata harga bergerak diatas harga 1,25370 maka sebaiknya tunggu sejenak hingga harga kembali turun di bawah harga support 1,25370.

Apabila formasi indikator sudah mendukung maka bisa dilakukan Sell dengan target profit 1 di harga 1,23300 dan apabila harga berhasil menembus harga support tersebut maka bisa dilakuan sell kembali untuk mencapai support di bawahnya.

Untuk money management sendiri bisa dilakukan dengan memberikan tingkat resiko 2% dari balance dengan mengatur besaran lot yang ada. Dan open posisi bisa dibagi menjadi 3 bagian untuk mengantisipasi terjadinya koreksi kembali sehingga masih ada kesempatan untuk mengambil posisi sell kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Apabila harga berhasil menyentuh 1,23300 maka open posisi bisa ditutup sebagian dan disisakan apabila harga berhasil menembus support tersebut untuk menambah keuntungan dari open posisi yang ada.

Baca juga: “Cara Untuk Mengambil Profit Sebagian ”.



Kolom Komentar >>BukaTutup