8/06/2016

Jurnal Trading EURUSD 5 Agustus 2016

Hari ini tanggal 5 Agustus 2016 saya kembali menyusun jurnal trading dari pasangan mata uang EURUSD. Dari hasil trading ini saya melihat ada beberapa hal yang bisa dijadikan pelajaran untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan trading sebelumnya.

Oke Seperti biasa, sebelum melakukan open posisi maka saya akan melakukan analisis terlebih dahulu pada pergerakan mata uang EURUSD agar bisa mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi.

Dalam kasus kali ini saya hanya melakukan analisis pada timeframe H4 karena saya melihat sebuah sinyal yang lebih valid dan memungkinkan untuk mendatangkan profit. Untuk itu saya sudah persiapkan grafik EURUSD pada timeframe H4 yang bisa Anda lihat pada gambar di bawah bagian timeframe H4.

Dari gambar tersebut dapat dilihat bahwa ada beberapa sinya yang saya perjelas dengan memberikan beberapa keterangan singkat. Keterangan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Muncul pentol biru, sebagai indikasi bahwa RSI dan Stochastick sudah berada pada posisi jenuh beli. Pentol biru atau lingkaran birut sendiri adalah modifikasi dari indikator zigzag. Penteol tersebut memberikan indikasi bahwa harga mulai atau sudah mengalami jenuh beli, hal ini juga ditunjukkan dengan beberapa candlestick setelahnya yang cenderung turun atau bearish.
  • EMA 8 dan 21 sudah terjadi perpotongan. Perpotongan ini memperkuat bahwa harga jenuh beli yang ditandai dengan munculnya pentol biru tadi semakin tampak terlihat. Moving Average sebagai indikator arah trend memang memiliki sinyal yang lebih lambat, namun dengan keterlambatannya itu justru mengurangi noise atau kesalahan baca dalam analisis.
  • RSI di bawah level 50. Kondisi ini menunjukkan bahwa kekuatan market masih dibawah tekanan downtrend. Sehingga kemungkinan harga masih bisa turun untuk menuju support di bawahnya.
  • Stochastick Oscillator pada level 50. Jika dilihat dari history sebelumnya tampak terlihat bahwa harga sudah mengalami penurunan dan indikator sudah mencapai area jenuh jual, namun biasanya hal ini apabila didukung dengan perpotongan EMA tadi maka kemungkinan harga akan terjadi koreksi terlebih dahulu baru melanjutkan pergerakan turunnya kembali.

Dari beberapa keterangan analisis diatas, saya akhirnya memprediksikan bahwa kemungkinan harga akan turun untuk meneruskan arah downtrend, namun sebelum bergerak turun terlebih dahulu harga akan bergerak naik untuk mencapai area resistance terdekat. Untuk itu dalam kesempatan ini saya melakukan sell limit dengan meletakkan posisi harga pada 1,1156 dengan stop loss diatas pentol biru 1,1240 (- 84 pip) dan target profit 1,1074 (+82pip). Trading kali ini saya mengambil resiko dan reward 1:1.


Setelah menunggu sesi eropa pada malam harinya, harga bergerak sesuai rencana. Setelah harga naik mencapa sell limit yang sudah dipasang sebelumnya, harga kembali turun dan menyentuh target profit yang di harapkan, untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah bagian hasil trading.

Dari gambar tersebut terlihat bahwa koreksi sementara terjadi dan harga menyentuh harga pending order sell limit yang sudah saya letakan sebelumnya. Untuk itu dari trading ini saya berhasilmemperoleh profit +82 pip. Hal ini memberikan pelajaran berharga bagaimana saya meletakkan posisi sell limit dengan tingkat resiko dan rewaard yang lebih ideal yaitu 1:1.

Dari trading kali ini ada beberapa hal yang bisa saya tarik sebagai kesimpulan:
  • Munculnya pentol biru disertai perpotongan EMA 8 dan 21 memberikan isyarat kuat bahwa harga akan turun namun melakukan koreksi terlebih dahulu. Koreksi ini lazim terjadi karena muncul moment dimana ada sebagian trader yang sudah melakukan profit taking dan sebagian masih melakukan hold. Pergerakan selanjutnya sangat dipengaruhi oleh kebijakan ekonomi atau data ekonomi yang akan dirilis. Apabila data yang muncul mendukung untuk pergerakan turun maka harga dengan cepat bergerak menuju support dibawahnya karena market sebagian sudah menunggu dan ditambah spekulan baru yang masuk ke market sehingga harga bergerak denga cepat.
  • Meletakkan resiko dan reward 1:1 lebih mudah untuk tercapai target profit. Hal ini hanya dari beberapa pengalaman sebelumnya, jika mengambil resiko dan reward dengan perbandingan 1:1 lebih cepat tercapai dan hanya membutuhkan waktu beberapa hari saja. Namun hal ini tidak berlaku mutlak, hanya sebagai pertimbangan saja dalam trading kedepannya.
  • Dengan memperhatikan posisi harga pada beberapa timeframe lebih memudahkan dalam memprediksi pergerakan dalam jangka pendek dan jangka panjang. Timeframe sebagai kerangka waktu pegerakan candlestick, berfungsi sebagai pengelompok interval waktu agar memudahkan orang untuk melakukan analisis atau melihat pergerakan harga. Apabila kita bisa melihat kemungkinan pergerakan harga berdasarkan beberapa timframe maka hal tersebut menurut saya lebih baik, karena mengingat pergerakan harga yang tidak pasti maka jika terjadi floating yang tidak tentu maka dengan melihat timeframe yang lebih besar maka kita lebih merasa tenang dan masih bisa menjalankan trading sesuai dengan money management yang kita terapkan.
  • Lebaik mengambil open posisi ketika setup atau formasi indikator sudah sesuai dengan rencana. Hal ini saya rasa penting karena sistem trading yang kita ingin ciptakan adalah sebuah kondisi atau setup harga yang paling ideal untuk masuk pasar meskipun tidak menjamin 100% akan selalu profit. Namun dengan setup yang ideal diharapkan memiliki probabilitas keuntungan yang lebih besar.

Itu tadi beberapa kesimpulan trading saya hari ini. Dengan bermodal analisis tenikal dan sistem pending order yang sudah saya jalankan sebelumnya, pada trading kali ini masih bisa memberikan hasil profit sebesar 82 pip. Hasil ini cukup lumayan bagi saya dan memberikan kepercayaan diri bagi saya untuk menyusun rencana trading berikutnya. Tentu saja setiap trading akan mengalami bentuk setup dan kondisi yang berbeda-beda, namun saya yakin dengan kedisiplinan dan ketilitian yang terus kita asah maka sistem trading kita akan semakin baik dan profitable. semoga sistem trading dan money management yang sudah diatur tetap berjalan dengan baik dalam trading-trading setalah ini.




Kolom Komentar >>BukaTutup